Jangan Direbus! 7 Makanan ini Lebih Sehat Kalau Dimakan Mentah

30 November 2018, pada 02:08
2
0
Jangan Direbus! 7 Makanan ini Lebih Sehat Kalau Dimakan Mentah

Kalau kamu adalah salah satu orang yang suka merebus bahan masakan, mulai sekarang cobalah untuk mengetahui bahan masakan mana saja yang aman dan sehat saat direbus.

Pasalnya, tujuh bahan masakan ini justru akan lebih sehat dan memberikan banyak nutrisi untuk tubuh walau tidak dimasak.

Mau tahu, bahan masakan apa saja? Yuk, simak. 

1. Kacang-Kacangan

kacang kacangan
foodfashionparty.com

Salah satu kacang-kacangan yang nggak perlu direbus atau dimasak adalah kacang almond atau mente. Karena kacang dengan nama ilmiah Anacardium Occidentale, memiliki nutrisi vitamin B1, B2, B3, dan Vitamin C. Justru akan lebih baik dikonsumsi secara mentah. Agar seluruh vitamin bisa masuk dalam tubuh.

2. Tauge

tauge
acouplecooks.com

Bahan masakan yang lebih baik disantap secara mentah selanjutnya adalah, Tauge. Mengandung hampir 23 kal Energi, 2,9 g Protein, 15 mg Vitamin C. Selain itu masih ada kandungan magnesium, zat besi, dan asam amino yang baik untuk tubuh. Jadi gimana masih berniat untuk memakannya setelah dimasak? Lebih baik jangan deh.

3. Paprika

paprika
bijzonderspaans.nl

Menurut National Institute of Health di Amerika Serikat, memasak paprika dengan suhu di atas 375 derajat justru akan menghilangkan seluruh kandungan Vitamin C yang ada di dalamnya. Nah, akan sayang bukan kalau harus kehilangan kandungan baik dalam paprika. Apalagi vitamin C sangat baik untuk kekebalan tubuh.

4. Buah Apel

buah apel
pinterest.com/arayakittikul

Apel adalah buah favoritnya semua orang. Apalagi kulit buah merah ini bisa membuat lembut dan mulus kulit wajah. Wanita mana yang nggak menginginkan wajah mulus, pasti semuanya menginginkannya ya. Maka dari itu, cobalah mulai dari sekarang tidak mengonsumsi apel dalam olahan kue atau roti. Tentu kandungan vitamin di dalamnya akan berkurang.

Baca juga : Ada 4 Cara Menghindari Keracunan Makanan Saat Mencicipi Masakan

5. Brokoli

brokoli
thegardengrazer.com

Sayuran ini punya aneka kandungan vitamin C dan kalsium yang tinggi. Kandungan sulforaphane yang punya khasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi juga cukup banyak terdapat di sayuran hijau yang satu ini. Mengolahnya dengan cara merebus, tentu akan menghilangkan 70% sulforaphane. Kalau sudah tahu begini, masih yakin ingin merebusnya?

6. Jambu Biji

jambu biji
pinterest.com/emelinedm

Pasti sudah banyak yang tahu kalau jambu biji punya kandungan antioksidan yang tinggi. Serta kandungan vitamin C nya sangat baik untuk kulit. Bisa mengenyalkan dan mengencangkan. Dengan mengonsumsinya dalam keadaan sudah dimasak akan membuat buah berwarna hijau ini kehilangan kandungan pentingnya untuk tubuh.

7. Kelapa

kelapa
pinterest.com/sterretje70

Minum air kelapa muda di siang hari tentu akan membuat segar tenggorokan. Nggak heran deh, kalau lagi ke pantai paling enak minum es degan dan makan daging kelapa muda. Duh nikmatnya tiada tara. Karena kenikmatan yang akan didapatkan tersebut, sangat disayangkan bila harus dimasak. Jadi nggak bikin dehidrasi hilang deh.

Itulah ketujuh makanan yang bisa kamu konsumsi tanpa harus dimasak, biar kandungan di dalamnya bisa masuk dalam tubuh secara lengkap. Apalagi kandungan dalam bahan masakan tersebut bisa bikin tubuh menjadi sehat dan bugar setiap saat.

0 Komentar