Jangan Diremehkan! Sering Berkeringat Dingin Merupakan Ciri-ciri Darah Rendah dan 4 Penyakit Ini

02 November 2019, at 10:00
0
0
Jangan Diremehkan! Sering Berkeringat Dingin Merupakan Ciri-ciri Darah Rendah dan 4 Penyakit Ini

Beberapa orang mungkin lebih sering berkeringat dingin dibandingkan yang lainnya. Dalam keadaan tertentu, seperti sedang gugup dan lain sebagainya, kondisi tersebut memang wajar terjadi.

Akan tetapi, apabila terjadi terus-menerus keringat dingin biasanya menjadi tanda adanya penyakit di dalam tubuhmu lho.

Berikut ini beberapa penyakit yang ditandai dengan munculnya keringat dingin, apa saja ya?

1. Tekanan Darah Rendah

ciri tekanan darah
medium.com

Ada beberapa hal yang bisa menjadi ciri-ciri tekanan darah rendah, salah satunya adalah sering berkeringat dingin. Sebaiknya kamu memeriksakan diri ke dokter karena idealnya orang dewasa memiliki tekanan darah 120/80 mmHg.

Selain berkeringan dingin, tekanan darah rendah juga akan ditandai dengan kelalahan, pusing, mudah mengantuk, dan denyut nadi yang melemah.

2. Stres dan Gangguan Kecemasan

stres
pinterest.com

Nggak hanya menjadi ciri-ciri darah rendah, sering berkeringat dingin juga dapat terjadi pada kamu yang sedang stres atau mengalami gangguan kecemasan.

Kondisi tersebut terjadi karena stres menyebabkan timbulnya respon fight or flight yang membuat tubuh mengeluarkan keringat dingin, sakit kepala, kehilangan nafsu makan, bahkan nyeri otot.

3. Hipoksia

ciri tekanan darah rendah
123rf.com

Berkeringat dingin juga bisa menjadi gejala kekurangan oksigen atau dalam istilah medis disebut sebagai hipoksia. Kondisi ini bisa terjadi akibat adanya sumbatan, cedera, atau paparan racun.

Kekurangan oksigen dapat bekembang ke beberapa organ tubuh lainnya dan dapat berbahaya sehingga harus mendapatkan penanganan medis segera.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

4. Vertigo

vertigo
physiologicnyc.com

Vertigo juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang dapat ditandai dengan munculnya keringat dingin dari tubuh. Kondisi ini terkait dengan masalah pada kanal telinga bagian dalam yang ditandai dengan sensasi berputar secara tiba-tiba.

Gejala vertigo lainnya yang bisa kamu rasakan adalah penglihatan ganda, kesulitan bicara, dan telinga yang berdengung.

5. Serangan Jantung

serangan jantung
hellosehat.com

Salah satu penyebab keringat dingin yang paling mengkhawatirkan adalah serangan jantung. Pasalanya, masalah kesehatan ini dapat berakibat fatal apabila nggak ditangani dengan cepat.

Selain berkeringat dingin, kamu juga akan merasakan lemas, mual, muntah, disertai dengan nyeri dada yang menjalar ke bahu, lengan kiri, dan menembus punggung hingga leher.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang dapat ditandai dengan munculnya keringat dingin. Meskipun terkesan sepele, jangan diremehkan ya!

0 Comment