Jangan Disamakan, Ini Perbedaan Whiteheads dan Blackheads Berikut Cara Menghilangkannya

20 September 2019, at 13:00
0
0
Jangan Disamakan, Ini Perbedaan Whiteheads dan Blackheads Berikut Cara Menghilangkannya

Nggak kalah menyebalkan dari jerawat, ada permasalahan di wajah yang dikenal dengan nama komedo. Eits, tapi kondisi ini ternyata bisa dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu whiteheads dan blackheads.

Meski familiar dengan istilah tersebut, tapi banyak juga yang belum bisa membedakannya. Akibatnya, whiteheads atau blackheads jadi nggak bisa diatasi dengan maksimal.

Nah, supaya tahu kamu sedang menghadapi whiteheads atau blackheads, pahami dulu yuk perbedaannya berikut ini!

1. Whiteheads

whiteheads
medicalnewstoday.com

Komedo pada dasarnya termasuk salah satu bentuk jerawat dan sama-sama bermula dari penyumbatan pori-pori. Tapi, jerawat umumnya membengkak dan meradang karena adanya infeksi bakteri.

Sedangkan komedo, timbul karena pori-pori yang tersumbat tanpa kehadiran bakteri. Untuk komedo putih atau whiteheads, terbentuk akibat sel-sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih yang tersumbat di dalam pori berukuran kecil.

whiteheads
stylecraze.com

Karena ukuran pori-pori yang tersumbat cukup kecil, maka nggak akan terpapar udara. Sehingga tampilannya mirip seperti mata berwarna putih dengan ukuran kecil-kecil.

Biasanya whiteheads muncul di sekitar area T-zone atau bagian wajah yang memproduksi minyak berlebih.

Baca juga: 8 Cara Paling Ampuh Menghilangkan Komedo, Mana yang Cocok Untukmu?

2. Blackheads

blackheads
flo.health

Proses pembentukan komedo hitam atau blackheads sebenarnya sama dengan whiteheads. Hanya saja, masalah ini terjadi pada pori-pori yang terbuka dengan ukuran yang lebih besar.

Akibatnya, lubang pori-pori yang menganga ini mengakibatkan udara masuk dan terjadilah proses oksidasi. Itulah yang membuat warnanya jadi hitam.

komedo blackheads
stylecraze.com

Meski blackheads umumnya nggak menonjol keluar seperti whiteheads, tapi tampilannya yang berupa titik-titik hitam bisa sangat mengganggu penampilan dan membuat tekstur di beberapa area wajah jadi kurang mulus.

Salah satu tempat favorit munculnya blackheads adalah di area hidung. Tapi nggak menutup kemungkinan juga, komedo hitam akan timbul di leher, dada, bahkan punggung.

3. Cara menghilangkan whiteheads dan blackheads

water based cleanser
instagram.com/3ce_official

Penanganan kedua jenis komedo ini sebenarnya hampir sama. Kamu bisa menggunakan water-based cleanser yang mampu mengangkat kelebihan minyak dengan maksimal.

Seperti contohnya pilih produk pembersih wajah yang mengandung salicylic acid atau glycolic acid. Kedua bahan aktif ini dikenal ampuh menuntaskan minyak hingga ke dalam pori.

exfoliating toner
instagram.com/somebymi

Kamu juga bisa menghilangkan komedo dengan rajin melakukan eksfoliasi wajah untuk mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk. Baiknya gunakan produk peeling atau exfoliating toner yang mengandung BHA.

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan untuk mengusir blackheads ataupun whiteheads adalah dengan memilih water-based skincare, menghindari oil-based skincare, dan memakai makeup berlabel non-comedogenic.

Nah, itulah serba-serbi mengenai beda blackheads dan whiteheads berikut cara menghilangkannya. Gimana, sekarang nggak bingung lagi kan?

0 Comment