Jangan Disepelekan, 8 Gejala Sederhana Ini Bisa Jadi Tanda Ginjal Bermasalah

28 March 2019, at 00:00
0
0
Jangan Disepelekan, 8 Gejala Sederhana Ini Bisa Jadi Tanda Ginjal Bermasalah

Ginjal adalah organ kecil dalam tubuh yang memiliki peran besar. Organ ini harus menyaring kurang lebih 20-150 liter darah untuk menghasilkan sekitar 1-2 liter urine yang terdiri dari zar-zat tidak berguna, racun, atau cairan yang berlebih.

Terdapat dua ginjal pada tubuh manusia, masing-masingnya memiliki sejuta penyaring kecil yang disebut dengan nefron.

Memiliki peran yang sangat besar bagi tubuh, tidak banyak orang yang memperhatikan kesehatan ginjal. Menurut Center of Desease Control and Prevention, 1 dari 10 orang dewasa mengalami masalah ginjal.

Baca Juga: Anak Muda Juga Berisisko Terkena Batu Ginjal, Hindari Penyebabnya

Sebelum terlambat, perhatikan hal-hal sederhana ini karena bisa menjadi tanda ginjal bermasalah.

1. Perubahan Buang Air Kecil

perubahan buang air kecil
doktersehat.com

Perubahan kencing merupakan tanda utama dari ginjal yang bermasalah. Apabila kamu mengalami beberapa hal berikut, ada baiknya jika memeriksakan diri ke dokter untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Keinginan untuk ke toilet atau buang air kecil yang meningkat, bahkan ketika sedang tidur
  • Adanya perubahan tekanan aliran kencing saat buang air kecil
  • Urine menjadi berbusa
  • Warna urine berubah menjadi lebih gelap dan yang dikeluarkan hanya sedikit
  • Urine bercampur dengan darah

2. Pembengkakan Pada Tubuh

pembengkakan pada tubuh
hellosehat.com

Hal sederhana yang menjadi tanda bahwa ginjal tidak dalam keadaan baik adalah adanya pembengkakan pada tubuh. Hal ini dipengaruhi oleh cairan yang tidak tersaring dengan baik.

Apabila protein lolos dari penyaringan ginjal dan terbuang melalui urin, maka cairan dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan pembengkakan, terutama pada tangan dan kaki.

3. Kulit Kering dan Gatal

kulit kering dan gatal
health.uzone.id

Kulit kering dan gatal juga bisa menjadi salah satu tanda ginjal bermasalah. Apabila organ penting tersebut tidak bekerja dengan baik, maka racun-racun tidak akan tersaring dan terperangkap di dalam tubuh.

Tubuh secara tidak langsung akan melakukan proses pengeluaran racun dengan cara yang lain, salah satunya melalui pori-pori kulit. Hal tersebut menyebabkan rasa kering, gatal, dan kemerahan.

4. Kelelahan dan Lemas

kelelahan dan lemas
riauone.com

Ginjal yang berfungsi dengan normal akan memproduksi erythropoietin (EPO) yang dapat meningkatkan sel darah merah. Hal tersebut akan memperlancar distribusi oksigen dalam tubuh.

Jika ginjal bermasalah, maka produksi EPO akan berkurang dan hal tersebut berpengaruh pada kadar menipisnya kadar oksigen yang dapat membuat seseorang menjadi kelelahan dan lemas.

Baca Juga: Benarkah Mengonsumsi Minuman Kemasan Memicu Gagal Ginjal pada Anak Kecil? 

5. Sesak Napas

sesak napas
iyakan.net

Ginjal yang bermasalah akan bekerja lebih keras dan membuat cairan menumpuk di dalamnya dan organ penting lain seperti paru-paru.

Penumpukan cairan di paru-paru tersebut akan menyebabkan seseorang menjadi sesak napas. Selain itu, kekurangan oksigen karena ginjal bermasalah juga bisa menjadi penyebab hal ini.

6. Rasa Besi Pada Mulut

rasa besi pada mulut
1health.id

Siapa sangka, rasa tidak enak pada lidah atau mulut juga bisa menjadi tanda ginjal bermasalah. Hal tersebut dipengaruhi oleh tubuh yang dipenuhi oleh banyak racun.

Ginjal yang tidak bekerja dengan baik akan membuat seseorang merasakan rasa besi pada mulutnya. Kondisi tersebut juga membuat napas menjadi bau dan menurunkan nafsu makan.

7. Nyeri pada Punggung atau Pinggang

nyeri pada punggung atau pinggang
gettyimages.com

Tanda ginjal bermasalah lainnya adalah rasa nyeri pada punggung belakang atau pinggang. Hal ini dapat terjadi jika organ tersebut atau sekitarnya mengalami infeksi.

Batu ginjal atau infeksi saluran kencing merupakan dua hal yang memungkinkan terjadinya kondisi tersebut.

8. Mual dan Muntah

mual dan muntah
hellosehat.com

Mual dan muntah ternyata juga bisa menjadi tanda ginjal bermasalah. Zat sisa beracun yang berkumpul di darah dapat mengganggu pusat rasa muntah di tubuh sehingga menyebabkan hal tersebut.

Itu dia 8 tanda yang akan kamu rasakan apabila ginjal sedang bermasalah. Jika mengalami beberapa diantaranya, segera periksakan diri ke dokter agar bisa penyakit dapat diidentifikasikan dengan tepat.

Lakukan beberapa hal seperti menerapkan pola hidup sehat dan minum air putih dengan cukup untuk menjaga kesehatan ginjal.

0 Comment