Jangan Disepelekan, Bahan Alami Ini Ampuh untuk Penyembuhan Demam Berdarah

01 February 2019, pada 00:00
1
0
Jangan Disepelekan, Bahan Alami Ini Ampuh untuk Penyembuhan Demam Berdarah

Demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus melalui nyamuk Aedes Aegypti. Kondisi ini membuat sel darah putih dalam tubuh menurun secara drastis.

Oleh sebab itu, terjadi pendarahan internal yang bisa membuat keruskan organ atau sel jaringan. Penyakit ini merupakan masalah kesehatan musiman yang dialami oleh masyarakat Indonesia.

Sayangnya, belum ada obat pasti masalah kesehatan ini. Tetapi siapa sangka, bahan-bahan ini bisa menjadi obat alami DBD yang bisa mempercepat proses penyembuhan.

1. Jambu Biji

obat demam berdarah jambu biji
hellosehat.com

Kalau yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kamu. Jambi biji memang terkenal sebagai obat alami dbd yang sangat ampuh. Biasanya, penderita mengonsumsi jus jambu biji untuk meningkatkan kembali trombosit dalam tubuh.

Kandungan trombinol pada jambu biji mampu merangsang pembentukan keping darah baru. Selain itu, air dari jus jambu biji juga dapat mencegah dehidrasi.

Penggunaan jus jambu sangat efektif karena obat demam berdarah alami ini kaya akan quercetin yang dapat menekan pertumbuhan virus dengue dalam tubuh penderita DBD.

2. Air Kelapa Muda

obat dbd air kelapa muda
hellosehat.com

Air kelapa muda terkenal dengan khasiatnya sebagai penetral racun dalam tubuh. Di dalamnya terkandung mineral kalium, sodium, klorida, dan megnesium.

Beberapa zat ini merupakan elektrolit yang dibutuhkan oleh tubuh ketika dalam keadaan kekurangan cairan.

Selain itu, air kelapa muda juga memiliki gula, vitamin B dan C, serta protein yang dianggap dapat menggantikan cairan tubuh. Karena itulah, air kepala dianggap ampuh sebagai obat DBD tradisional.

Baca Juga: Jarang Dirasakan, Begini Gejala Demam Berdarah Dengue

3. Angkak

pengobatan dbd angkak
topsimages.com

Angkak merupakan salah satu jenis beras merah asal Tiongkok. Banyak penelitian yang sudah membuktikan bagaimana bahan alami ini bisa menjadi obat demam berdarah yang efektif.

Hal ini disebabkan oleh kandungan angkak yang dapat meningkatkan trombosit pada pasien DBD.

Pada tahun 2012, IPB melakukan penelitian pada seekor tikus putih yang mengalami kadar trombosit rendah (trimbositopenia). Dengan memberikan kapsul angkak, terjadi peningkatan trombosit yang sihnifikan pada hewan tersebut.

4. Daun Pepaya

obat alami demam berdarah daun pepaya
bebeja.com

Daun pepaya bisa menjadi obat alami DBD karena dapat meningkatkan angka trombosit dalam darah orang yang menderita penyakit tersebut.

Hal ini diduga karena ekstrak bahan tersebut berkhasiat menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

Kamu bisa mencuci bersih daun pepaya kemudian menumbuknya hingga halus. Ambil ekstraknya dan tambahkan air. Konsumsi sebanyak 3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

5. Echinacea

cara mengobati demam berdarah echinacea
foodrevolution.org

Tanaman herbal yang satu ini mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Echinacea banyak ditemukan di Amerika dan sering dijadikan sebagai obat demam atau flu.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa echinacea dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga dapat memaksimalkan kemampuan sel darah putih dalam menangani virus termasuk sebagai obat herbal DBD.

6. Alang-Alang

obat demam berdarah alami
pixabay.com

Alang-alang atau ilalang merupakan rumput berdaun tajam yang sering kali ditemui pada lahan pertanian. Biasanya, tanaman ini akan dibasmi karena dianggap sebagai gulma.

Namun, siapa sangka jika ternyata alang-alang bisa membantu pengobatan DBD. Tanaman tersebut dapat dikonsumsi untuk meningkatkan trombosit dan daya tahan tubuh.

Di dalamnya terkandung manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, arundoin, cylindrin, fernenol, dan masih banyak lagi yang bisa menjadi obat untuk berbagai penyakit.

Cara mengobati demam berdarah dengan alang-alang sangat mudah, yaitu dengan mengonsumsi rebusan airnya.

Baca Juga: Ini Lho Bedanya Gejala Demam Berdarah dan Tifus

7. Daun Dewa

obat herbal demam berdarah daun dewa
shutterstock.com

Daun dewa mengandung saponin, minyak asiri, tanin, dan flavonoid. Itulah mengapa tanaman ini dinilai mampu menjadi obat demam berdarah alami.

Kandungannya membuat daun dewa bisa dimanfaatkan sebagai obat panas, pendarahan, membersihkan racun, bahkan mencairkan kebekuan darah. Kamu bisa menemukannya di toko obat herbal Cina.

8. Buah dan Sayuran dengan Vitamin C

obat db buah dan sayuran dengan vitamin c
drweil.com

Vitamin C dapat membantu perbaikan, pertumbuhan, dan perkembangan jaringan sel pada tubuh. Selain itu, zat ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan produksi sel darah putih.

Maka dari itu, mengonsumsi buah dan sayur yang memiliki kandungan vitamin c melimpah dapat mempercepat pengobatan DBD.

Jadi, jangan pernah sepelekan bahan-bahan alami yang ada disekitarmu, ya! Bisa jadi bahan alami tersebut memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan atau pengobatan.

Selain mengonsumsi 8 obat alami DBD di atas, kamu juga sebaiknya beristirat yang banyak agar proses penyembuhan bisa maksimal.

Ingin mendapatkan info kesehatan lebih banyak setiap hari? Unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store sekarang juga!

0 Komentar