Jangan Ditahan, Begini Manfaat Bersin Bagi Kesehatan

11 February 2019, pada 05:00
0
0
Jangan Ditahan, Begini Manfaat Bersin Bagi Kesehatan

Bersin merupakan reaksi tubuh atas adanya alergi atau partikel asing yang mengganggu pada rongga hidung seseorang. Udara akan keluar dengan sangat keras mencapai kecepatan 250 km/jam melalui indra pernapasan dan mulut.

Setiap orang pasti pernah mengalami atau merasakan sensasinya. Namun, tidak banyak orang yang tahu manfaat bersin bagi kesehatan. Oleh sebab itu, masih banyak yang memilih untuk menahan bersin saat berada di tempat umum.

Kondisi tersebut dikarenakan bersin di tempat umum terkadang memalukan dan dapat mengganggu orang lain. Padahal ini lho manfaat bersin bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui.

1. Mengeluarkan Virus

manfaat bersin bagi kesehatan mengeluarkan virus dan bakteri

Tanpa kamu sadari, bersin dapat membantu mengeluarkan virus yang terdapat dalam tubuhmu. Kamu pasti bertanya-tanya mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Meskipun tidak terasa dan terlihat, namun virus dan bakteri yang bersarang dalam tubuh juga ikut keluar saat kamu bersin.

Penyebab penyakit tersebut dilepaskan oleh tubuh bersamaan dengan cairan dan udara yang keluar melalui mulut dan hidung.

manfaat bersin bagi kesehatan menyingkirkan virus
thoughtco.com

Itulah sebabnya kamu akan mudah terserang flu ketika berada di sekitar orang yang sedang menderita penyakit tersebut. Virus influenza dapat dengan mudah menyebar dengan sekali bersin.

Dorongan yang kuat dan cepat membuat orang-orang disekelilingnya tidak sadar jika udara yang terhirup telah terkontaminasi.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu menutupi mulut menggunakan tisu atau sapu tangan saat sedang sakit agar virus dan bakteri tidak menyerang orang lain.

2. Membersihkan Rongga Hidung

manfaat bersin bagi kesehatan membersihkan rongga hidung
ormc.org

Selain mengeluarkan virus, manfaat bersin lainnya yaitu dapat membersihkan rongga hidung dari kotoran, virus, bakteri, dan lain sebagainya yang menempel.

Kamu pasti sudah bisa menebak mengapa demikian, kan? Kekuatan dan kecepatan yang tinggi ketika bersin otomatis akan mendorong benda-benda asing yang menempel dan mengganggu pada dinding rongga hidung.

manfaat bersin bersin melegakan napas
shutterstock.com

Itulah mengapa bersin disebut dapat membersihkan rongga hidung. Hal ini juga merupakan salah satu faktor yang membuatmu merasa lega setelah mengalami bersin.

Dengan hidung yang bersih, kamu akan merasa lebih nyaman dan mudah ketika bernapas.

Baca Juga: Jangan Ditahan! Begini Manfaat Kentut Bagi Kesehatan

3. Merefresh Otot-Otot Wajah

manfaat bersin bagi kesehatan merefresh otot otot wajah
theglobeandmail.com

Manfaat bersin bagi kesehatan yang selanjutnya adalah dapat merefresh otot-otot wajah. Kondisi ini terjadi karena otot-otot wajah terlibat dalam proses bersin.

Kamu pasti pernah merasakannya, kan? Otot-otot wajah akan terasa tertarik dan berkontraksi ketika akan atau ketika bersin. Kondisi ini ternyata membuat area sekitar muka menjadi rileks dan tidak kaku lagi.

manfaat bersih melemaskan otot wajah
pexels.com/@olly

Itulah mengapa kamu akan merasa lebih nyaman, lepas, dan rileks setelah bersin. Kondisi ini disebabkan oleh otot wajah yang tidak lagi tegang dan kaku.

Jadi, selain untuk membuatmu melepaskan virus dan bakteri bersin bisa juga merupakan terapi wajah yang sayang apabila tidak dilakukan.

4. Bahaya Menahan Bersin

bahaya menahan bersin
medcom.id

Ada banyak bahaya menahan bersin yang bisa kamu alami. Dorongan kuat yang ditahan dapat membuat pembuluh darah di bagian putih mata bisa pecah dan menyebabkan memar di sekiar iris.

Selain itu, juga akan mengalami gangguan pendengaran atau vertigo apabila tekanan udara yang masuk ketelinga bisa memecahkan gendang telinga.

bahaya menahan bersin-bersin
beucare.com

Kamu juga bisa mengalami cedera pada diafragma apabila menahan bersin. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi apabila kamu sering melakukannya.

Maka organ dalammu akan banyak yang mengalami cidera dan menyebabkan penyakit yang parah hanya karena malu untuk bersin di depan banyak orang.

Setelah mengetahui manfaat dan bahaya menahan bersin, kamu masih mau tidak mengeluarkannya karena malu? Ada banyak manfaat bersin bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan.

Menahannya bisa membuatnya organmu terluka karena dorongan kuat yang seharusnya dilepaskan keluar tubuh harus masuk kembali. Jadi jangan ditahan lagi ya!

0 Komentar