Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuat Gigimu Kuning

04 November 2019, at 11:00
0
0
Jangan Diteruskan, 5 Kebiasaan Sepele Ini Bisa Membuat Gigimu Kuning

Memiliki gigi yang putih bersih merupakan idaman setiap orang. Nggak heran, sebagian orang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan dan lain sebagainya untuk membuat gigi tanpak putih dan cantik.

Padahal, hal tersebut juga bisa didapatakan dengan menghindari beberapa kebiasaan penyebab gigi kuning berikut ini lho!

1. Menggigit Kuku

gigit kuku
flair.be

Dilansir dari Woman and Home, Deepak Aulak seorang praktisi kesehatan gigi di London mengatakan bahwa kebiasaan menggigit kuku dapat menyebabkan gigi saling bergesek dan mengikis permukaan enamel.

Sedangkan enamel sendiri merupakan lapisan pelindung gigi yang mencegah adanya kerusakan serta pengubahan warna. Nggak hanya menggigit kuku, tanpa sadar menggretakkan gigi saat tidur juga dapat menjadi penyebab rusaknya enamel gigi.

2. Menyikat Gigi Terlalu Keras

menyikat gigi
123rf.com

Tahukah kamu, menyikat gigi terlalu kerasa ternyata juga dapat membuat gigi menjadi kuning lho! Sebagian orang mungkin melakukan hal tersebut karena merasa gigi akan menjadi lebih bersih.

Padahal sama dengan menggigit kuku, menyikat gigi terlalu keras juga berpotensi merusak lapisan enamel sehingga memunculkan lapisan dentin yang berwarna kuning.

3. Terlalu Sering Menggunakan Obat Kumur

kesehatan gigi
gettyimages.com

Siapa sih yang nggak mau punya gigi bersih dan muluh yang segar? Keinginan tersebut terkadang membuat beberapa orang menggunakan obat kumur secara berlebihan.

Meskipun efektif untuk membersihkan dan menyegarkan napas, namun obat kumur pada umumnya memiliki kadar asam yang tinggi sehingga dapat merusak enamel gigi.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rasa Sakit Akibat Gigi Berlubang

4. Mengonsumsi Kopi, Soda, dan Teh

gigi kuning
bwcdentalclinic.com

Sering mengonsumsi kopi dan teh yang mengandung kafein atau soda yang merupakan minuman berkarbonasi juga memiliki efek yang sama yaitu mengikis lapisan enamel.

Minuman-minuman tersebut juga mengandung banyak gula yang dapat menarik perhatian bakteri sehingga produksi asam meningkat. Hasilnya, gigi akan berubah menjadi kuning dan mudah berlubang atau rusak.

5. Merokok

merokok
pbs.org

Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang nggak hanya berdampak pada peru-paru saja, namun juga mengakibatkan gigi kuning.

Kandungan nikotin dan tar pada tembakau yang menempel pada enamel gigi dapat mengendap dan menyebabkan kerusakan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat menyebabkan gigi kuning dan rusak. Wah, sayang sekali kan?

0 Comment