Jangan Diulangi Lagi, Ini Lho 5 Bahaya Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

03 December 2019, at 13:00
0
0
Jangan Diulangi Lagi, Ini Lho 5 Bahaya Cuci Muka Pakai Sabun Mandi

Beberapa orang mungkin pernah memakai sabun mandi untuk mencuci muka. Apakah kamu juga? Kalau pernah, sebaiknya jangan diulangi lagi.

Meski efektif untuk membersihkan kotoran dan minyak yang menempel di kulit, tapi sabun mandi tetap nggak boleh dipakai untuk cuci muka. Sebab, bahan-bahannya tergolong 'keras' bagi wajah.

Nah, berikut ini Qupas akan mengulas 5 bahaya cuci muka dengan sabun mandi yang perlu kamu waspadai. Simak langsung yuk!

1. Membuat Wajah Jadi Kering

wajah kering
lipaniskincare.com

Beberapa bahan dalam facial wash saja terkadang bisa membuat wajah jadi kering. Begitu pula dengan sabun mandi.

Salah satu bahan yang biasanya ditemukan dalam sabun mandi adalah asam kaustik. Itulah yang bisa menghilangkan minyak alami kulit dan membuat wajah semakin kering.

Bila dibiarkan, kondisi kulit kering tersebut juga bisa membuat wajah mengelupas bahkan cepat keriput.

2. Keseimbangan pH Kulit Terganggu

wajah rentan berjerawat
thelist.com

Menjaga pH kulit wajah agar selalu dalam keadaan ideal itu penting. Karena kondisi yang sedikit asam ini jadi lingkungan yang tepat bagi enzim, bakteri, dan jamur baik yang bertugas menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan melakukan eksfoliasi secara alami.

Nah, salah satu efek samping apabila kamu cuci muka memakai sabun mandi adalah, bisa menyebabkan keseimbangan pH kulit terganggu. Akibatnya, wajah bakalan terasa kering dan gampang berjerawat.

3. Wajah Jadi Rentan Iritasi

wajah iritasi
standard.co.uk

Di wajah, ada bakteri baik yang berperan dalam melawan berbagai infeksi kulit. Ketika mencuci muka pakai sabun mandi, bakteri baik ini bisa berkurang jumlahnya.

Kondisi tersebut tentu saja bisa mendatangkan masalah. Wajahmu bakal lebih rentan muncul kemerahan, iritasi, terkena infeksi, dan jadi lebih sensitif.

Baca juga: Jangan Asal Coba, Ini Bahaya Tester Makeup yang Bisa Mengancam Wajah Cantikmu

4. Menghilangkan Vitamin D

cara memperoleh vitamin D
instagram.com/innisfreeofficial

Banyak didapatkan dari sinar matahari, vitamin D mampu membantu memperbaiki sel-sel yang rusak dan meremajakan kulit. Sehingga wajahmu bisa terlihat lebih cantik dan sehat.

Kabar buruknya, vitamin D ini bisa rusak karena sentuhan bahan kimia dalam sabun mandi. Nah, nggak mau kan wajahmu jadi kusam dan terlihat kurang berenergi?

5. Menyumbat Pori-pori

pori-pori wajah tersumbat
instagram.com/lorealskin

Sebagian besar sabun mandi mengandung asam lemak. Bahan tersebut ternyata bisa menyumbat pori-pori wajah lho.

Kalau nggak mau muncul jerawat kemudian whiteheads dan blackheads, jangan pernah deh cuci muka pakai sabun mandi lagi.

Nah, itulah 5 efek samping yang bakal muncul ketika kamu sering mencuci muka dengan sabun mandi. Hmm, mengerikan nggak sih?

0 Comment