Qupas Family

Jangan Emosi, Begini Cara Mendampingi Anak Hiperaktif Agar Lebih Tenang dan Fokus

01 January 2020, at 13:00
Jangan Emosi, Begini Cara Mendampingi Anak Hiperaktif Agar Lebih Tenang dan Fokus

Membesarkan anak memang nggak selalu mudah, apalagi kalau si kecil hiperaktif. Kondisi tersebut biasanya dikaitkan dengan “anak yang nggak bisa diam” atau “buah hati yang nggak punya lelah” sehingga seringkali membuat orang tua kewalahan.

Hiperaktif sendiri merupakan salah satu perlaku yang mungkin dimiliki oleh anak dengan gangguan Attention Deficit and Hiperactivity Disorder (ADHD) alias perkembangan peningkatan aktivitas motorik anak yang menyebabkan si kecil menjadi lebih agresif.

Pada umumnya, anak hiperaktif cenderung nggak bisa mengontrol perilakunya, beraktivitas secara berlebihan, bereaksi cepat tanpa pikir panjang, dan kesulitan untuk fokus. Untuk mengatasinya, Qupas punya cara mengatasi anak hiperaktif sehingga menjadi lebih tenang dan fokus berikut ini.

1. Sabar

anak anak
healthmadeeasy.co.in

Hal pertama yang perlu dimiliki oleh orang tua saat mendampingi anak hiperaktif adalah kesabaran. Pasalnya, si kecil bisa menunjukkan perasaan dengan sangat jelas, seperti tiba-tiba bahagia dan mendadak marah tanpa alasan yang cukup jelas.

Meskipun demikian, orang tua nggak sebaiknya membentak atau memberikan hukuman fisik ya. Kedua hal tersebut bukanlah cara yang tepat untuk membuat si kecil tenang.

Daripada marah-marah, lebih baik mengajarkan buah untuk mengambil napas dalam-dalam lalu menghembuskannya secara perlahan selama beberapa kali saat kemarahannya sedang meledak.

2. Membuat Pola Hidup yang Terstruktur

mendampingi anak hiperaktif
plusstid.no

Selain sabar, orang tua bisa sebaiknya membuat pola hidup yang terstruktur sebagai salah satu usaha untuk membuat buah hati lebih tenang, fokus, dan terkendali. Hal ini karena anak hiperaktif cenderung mudah cemas saat nggak tahu apa yang harus dilakukan.

Buatlah rutinitas yang sederhana dan terjadwal di lingkungan rumah dengan menentukan kapan waktu tidur, makan, belajar, bermain, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak akan lebih tenang dan fokus dalam melakukannya.

3. Buat Aturan yang Jelas dan Konsisten

anak hiperaktif
rankersta.com

Cara mendampingi anak hiperaktif supaya lebih tenang dan fokus selanjutnya adalah dengan membuat aturan yang jelas dan konsisten. Bukan berarti bersikap posesif, namun anak hiperaktif memang butuh hal yang jelas agar bisa lebih disiplin.

Oleh sebab itu, meskipun peraturannya jelas dan konsisten, orang tua sebaiknya membuat hal tersebut menjadi lebih menyenangkan seperti memberlakukan sistem hukuman dan hadiah misalnya.

Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Anak Susah Makan, Yuk Terapkan!

4. Jauhkan dari Gangguan

mengatasi anak hiperaktif
shutterstock.com

Mungkin nggak disadari, namun ada banyak hal-hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian dan mengganggu konsentrasi anak hiperaktif. Maka dari itu, sangat penting untuk menjauhkannya dari gangguan, terutama saat harus belajar atau mengerjakan PR.

Nggak perlu memaksanya untuk duduk tenang karena hal tersebut justru akan memperburuk keadaan, Cukup jauhkan si kecil dari sumber gangguan seperti jendela, pintu, dan lain sebagainya.

5. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

cara mengatasi anak hiperaktif
estiloysalud.com

Asupan nutrisi anak merupakan salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Sayangnya, komponen ini seringkali luput dari perhatian.

Penuhi asupan nutrisi pada anak hiperaktif dan perkenalkan dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Hindari memberikan makanan cepat saji ya!

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 cara mendampingi anak hiperaktif supaya menjadi lebih tenang dan fokus.