Jangan Keburu Diolah, Yuk Pelajari 6 Cara Memasak Daging Sapi dan Kambing Biar Nggak Alot

11 August 2019, at 09:00
0
0
Jangan Keburu Diolah, Yuk Pelajari 6 Cara Memasak Daging Sapi dan Kambing Biar Nggak Alot

Menyambut Hari Raya Idul Adha, pasti sebagian ibu-ibu sudah menyiapkan resep masakan apa yang akan dimasak. Bapak-bapak juga sibuk menyiapkan pisau daging yang tajam untuk memotong daging kurban yang nantinya didapatkan.

Khusus untuk ibu-ibu yang sudah sibuk menyiapkan ini itu, termasuk bahan-bahan yang  akan digunakan sebagai bumbu masakan. Ada baiknya untuk mempelajari beberapa cara tepat dan ampuh memasak daging sapi dan kambing biar nggak alot.

1. Pukul-pukul dengan Palu Bergerigi

pukul daging dengan palu bergerigi
dapurnesia.com

Selain memungkus daging dengan daun pepaya, sobat Qupas juga bisa memukul-mukulkan daging sapi dengan palu bergerigi. Hal ini sangat efektif dilakukan karena palu dapat memecahkan serat otot yang keras.

Makanya, daging yang sudah dipukul-pukulkan pasti akan lebih cepat empuk saat dimasak dengan bumbu tambahan.

2. Menggunakan Teknik Marinasi

teknik marinasi daging
therecipecritic.com

Dalam bidang memasak, dikenal sebuah tentik merendam yang disebut dengan marinasi atau marinate. Dengan Teknik ini mungkin kamu akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pasalnya Teknik ini merendam daging sapi dengan minyak, bubuk bawang putih, atau merica bubuk selama 3 jam atau 5 jam lamanya. Teknik marinasi biasanya digunakan untuk mengolah daging sapi menjadi steak.

3. Memanfaatkan Buah-buah Tropis

buah buah tropis
dinneratthezoo.com

Setelah penggunaan alat dan beberapa teknik memasak untuk mendapatkan hasil daging yang empuk, kamu juga bisa memanfaatkan aneka buah-buahan tropis.

Bisa dengan menggunakan buah nanas yang memiliki kandungan enzim papain yang bisa membuat serat daging lebih empuk. Bisa juga dengan memanfaatkan kulit pisang yang bisa mengurangi protein di dalam daging dan bisa membuat daging sapi yang sudah diolah nggak bakal cepat kering.

Baca juga: 3 Resep Empal Daging Empuk dan Sederhana, Cocok untuk Bekal ke Kantor

4. Jangan Mencuci Daging Kambing yang Masih Mentah

mencuci daging kambing
chow.com

Mungkin sebagian dari kamu masih banyak yang mencuci daging kambing mentah sebelum merebusnya. Hal itu bisa saja membersihkan daging dari kotoran, tapi juga bisa membuat daging menjadi alot.

Cukup rebus daging kambing yang sudah disembelih selama 10 menit saja. Cara ini juga bisa membuang bakteri yang menempel dan juga busa yang disebabkan oleh lemak daging.

5. Iris Lemak Daging Kambing yang Menempel

mengiris lemak daging kambing
seriouseats.com

Lemak yang masih menempel pada daging kambing bisa membuat bau prengus. Makanya, iris lemak daging kambing sebelum merebus dan mengolahnya.

Lemak daging ini lah yang juga membuat daging kambing menjadi alot. Jadi sebaiknya potong dadu kecil-kecil, agar lebih mudah menghilangkan lemaknya.

6. Taburkan Garam Laut pada Permukaan Daging Kambing

daging kambing digaramin
ottogrills.com

Mungkin sebagian dari para ibu-ibu masih kurang mengetahui tentang penggunaan garam untuk taburan di daging kambing. Garam yang digunakan bukanlah gram dapur, melainkan garam laut.

Diamkan selama 1 jam saja pada permukaan daging kambing, setelah itu olah. Garam laut bisa menghancurkan ikatan protein yang ada di dalam daging, jadi daging kambing bisa lebih empuk.

Itulah enam cara untuk mengolah daging sapi dan daging kambing agar empuk dan bikin nafsu makan jadi bertambah! Kamu biasa menggunakan cara yang mana nih?

0 Comment