Qupas Family

Jangan Langsung Emosi, Begini Cara Mengatasi Anak yang Suka Ngomong Kasar

27 September 2019, at 10:00
Jangan Langsung Emosi, Begini Cara Mengatasi Anak yang Suka Ngomong Kasar

Pada dasarnya, anak usia prasekolah merupakan peniru ulung. Apapun yang dilihat dan didengar dari orang terdekat atau lingkungan sekitarnya akan menjadi contoh dan pedoman baginya.

Begitu pula saat si kecil mulai berkata kasar, kotor, atau yang nggak pantas untuk diucapkan. Biasanya anak belum benar-benar mengetahui maksud dari perkataan tersebut dan sekadar menirukan apa yang didengarnya dari orang lain.

Melihat hal tersebut, orang tua sebaiknya nggak berdiam diri. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak yang suka ngomong kasar.

1. Jangan Langsung Marah

memarahi anak
shutterstock.com

Saat si kecil berkata kasar, jangan langsung marah. Berusahalah untuk bersikap wajar dan nggak mendramatisir keadaan karena kemarahan justru akan membuat anak kebingungan.

Selain itu, dalam beberapa kasus, kemarahan justru membuat anak-anak yang kurang kasih sayang mengulangi perkataan kasar dan jorok tersebut demi mendapatkan perhatian orang tua.

2. Jelaskan Arti Katanya

ibu dan anak
thinkstockphotos.com

Ketika anak mengucapkan kata-kata yang kasar, jorok, dan nggak pantas, sebaiknya orang tua bertanya apa maksud dari perkataan tersebut. Kemungkinan besar, si kecil akan bingung dan nggak bisa menjelaskan.

Apabila begitu, menjadi tugas orang tua untuk memberikan pemahaman atau menjelaskan arti kata yang buah hati ucapkan.

3. Bimbing dan Arahkan

berbicara pada anak
huffpost.com

Selain menjelaskan arti kata tersebut, orang tua juga perlu memberikan pemahaman kepada anak mengapa kata-kata tersebut nggak baik dicapkan.

Jangan mudah menyerah dalam membimbing dan mengarahkan si kecil ya! Hal tersebut harus dilakukan terus-menerus sehingga anak terbiasa dan nggak mengulanginya.

Baca Juga: 7 Tata Krama yang Harus Diajarkan Kepada Anak Sejak Usia Dini

4. Buat Kesepakatan

anak berkata kasar
liveabout.com

Apabila buah hati sudah diberikan pemahaman serta bimbingan namun tetap terus menerus mengulangi perbuatan nggak terpujinya, buatlah kesepakatan.

Orang tua dan anak perlu menyepakati sebuah hukuman yang akan diberikan kepada buah hati apabila ia kembali mengucapkan kata-kata kotor dan kasar tersebut. Ingat, jangan berikan hukuman fisik ya!

5. Cari Penyebabnya

mengatasi anak berkata kasar
educenter.id

Nggak hanya memberikan pemahaman dan membimbing anak, orang tua juga perlu mencari penyebab mengapa si kecil senang menggunakan kata-kata yang kasar dan nggak pantas.

Apakah hal tersebut dimulai dari rumah atau anggota keluarga? Atau, anak mendengarnya dari lingkungan sekitar? Hal tersebutlah dicari tahu oleh orang tua sehingga bisa diatasi dengan lebih tepat.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa Sobat Qupas lakukan untuk mengatasi anak usia prasekolah yang suka bicara kasar atau kotor. Bisa diarahkan menjadi lebih baik kok!