Qupas Healthy

Jangan Malas! Mencuci Piring Ternyata Bisa Jadi Terapi yang Bikin Kamu Lebih Bahagia

20 January 2020, at 08:00
Jangan Malas! Mencuci Piring Ternyata Bisa Jadi Terapi yang Bikin Kamu Lebih Bahagia

Beberapa waktu yang lalu, pendiri Microsoft Bill Gates dan pendiri Amazon Jeff Bezos, menyatakan bahwa mereka selalu mencuci piring sendiri setelah makan di rumah.

Menjadi orang terkaya di dunia seharusnya membuat keduanya mampu mempekerjakan orang lain untuk melakukan hal tersebut. Akan tetapi, Bill Gates dan Jeff Bezos mengaku menyukai kegiatan mencuci piring sehingga bersikukuh untuk melakukannya sendiri.

bill gates
instagram.com/thisisbillgates

Berbicara tentang mencuci piring, kegiatan yang terkesan sepele tersebut ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan mental lho! Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Florida State Universiy dan University of Utah.

Melibatkan 51 mahasiswa sebagai partisipan, ditemukan bahwa mencuci piring setelah makan dapat mengurangi tingkat stres.

Baca juga: 5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Cegah Depresi dan Bikin Bahagia

Mencuci alat makan, merasakan aliran air, menghirup aroma sabun, serta merasakan permukaan alat yang dicuci ternyata dapat menurunkan rasa gugup sebantak 27 persen sekaligus meningkatkan kreativitas sebanyak 25 persen. Cukup mengejutkan, kan?

mencuci piring untuk kesehatan mental
istockphoto.com

Selain itu, University of Osnabruck juga menerbitkan jurnal yang menunjukkan dampak positif mencuci piring terhadap kesehatan mental seseorang.

Menurut studi tersebut, mencuci piring dapat menjadi terapi yang dapat mengurangi stres, kecemasan, dan membuatmu menjadi lebih bahagia serta percaya diri.

Walau begitu, melansir dari Psychology Today, manfaat tersebut hanya dapat diperoleh apabila mencuci piring dilakukan secara sadar dan sukarela atau tanpa paksaan.

manfaat mencuci piring
123rf.com

Meskipun terapi cuci piring bukan satu-satunya cara untuk bahagia, tapi nggak ada salahnya mencoba menjaga kesehatan mental dengan melakukannya. Lagi pula, kegiatan ini merupakan aktivitas sehari-hari yang positif dan gratis.

Nah, mulai sekarang jangan malas untuk cuci piring sendiri ya Sobat Qupas! Selain nggak merepotkan orang lain, kegiatan tersebut juga bisa bikin kamu bahagia lho!