Jangan Malu, Ini Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

29 January 2019, at 07:00
0
0
Jangan Malu, Ini Manfaat Menangis Bagi Kesehatan

Menangis merupakan kegiatan yang memalukan bagi sebagian orang. Tidak banyak juga orang yang memberikan cap “pengecut” ketika melihat seseorang melakukannya.

Namun, hal tersebut sebenarnya merupakan respon yang wajar oleh tubuh. Sebaliknya, ada banyak penyakit yang bisa menyerang saat kamu menahan tekanan dan kesedihan tersebut dalam tubuh.

Agar tidak lagi malu, kamu perlu tahu manfaat menangis pada kesehatan berikut ini.

1. Mengurangi Stres

manfaat menangis mengurangis stres
netdoctor.co.uk

Ketika merasa tertekan, tubuh akan menghasilkan hormon-hormon stres. Salah satu manfaat menangis adalah untuk mengeluarkan zat-zat tersebut. Itulah mengapa ketika selesai menangis kamu akan merasa sangat lega.

Air mata yang dikeluarkan akibat stres memiliki kandungan adrenocorticotrophic dan kortisol. Hormon stres tersebut memang sebaiknya tidak disimpan dalam tubuh karena dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

2. Menyeimbangkan Pikiran

manfaat menangis menyeimbangkan pikiran
pexels.com/@stywo

Selain untuk mengurangi stres, menangis sedih juga bisa menyeimbangkan pikiran. Hal ini karena tubuh memproduksi endorfin atau hormon kebahagiaan saat seseorang mengeluarkan air mata.

Kondisi inilah yang dapat membuat kondisi pikiran dan emosi menjadi lebih stabil. Secara psikologis, menangis juga akan membuat jiwamu lebih tegar dalam menghadapi situasi yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Jadilah Lebih Tegar! Marah-Marah Bisa Bikin Cepat Tua dan Terkena Penyakit Berbahaya

3. Menyehatkan Mata

manfaat menangis bagi kesehatan menyehatkan mata
pexels.com/@dhyamis

Menangis merupakan kegiatan emosional yang ditandai dengan keluarnya cairan dari mata. Kondisi ini selain bisa membuat hati lega ternyata juga bisa menyehatkan mata.

Hal ini karena air mata memiliki kandungan yang dapat melembabkan dan mencegah dehidrasi pada selaput mata.

Manfaat air mata lainnya yaitu untuk mengeluarkan kotoran dan debu yang bersarang. Sehingga, penglihatanmu bisa menjadi lebih tajam.

4. Membunuh Bakteri

manfaat menangis bagi kesehatan membunuh racun
pexels.com/@mihaistefann

Bakteri bisa bersarang dimana saja dalam tubuh, termasuk mata. Air mata yang keluar saat menangis bisa membantu membunuh mereka.

Hal ini karena didalamnya terkadung zat lisozim fluida yang dapat membunuh 95% bakteri dalam beberapa menit saja.

5. Membuang Racun

manfaat menangis pada kesehatan membuang racun
gettyimages.com

Bukan hanya membunuh bakteri, membuang racun juga merupakan manfaat dari menangis. Dalam tubuh, terdapat banyak zat tidak berguna yang harus dikeluarkan.

Jika tidak, keberadaannya justru akan menghasilkan penyakit. Menangis dapat membantu proses detox pada tubuh, sama seperti mengeluarkan keringat atau kencing.

6. Mencegah Depresi

manfaat menangis bagi kesehatan tubuh mencegah depresi
pexels.com/@sherlocked124578

Menahan kesedihan bukanlah pilihan yang tepat. Hormon-hormon stres akan terperangkap dalam tubuh dan bisa menyebabkan penyakit serius. Selain itu, tertekan secara terus menerus juga dapat membuatmu menjadi depresi.

Jangan malu dan menangislah jika ada sesuatu yang mengganjal dan membuatmu sedih. Hal ini lebih baik daripada memendamnya dan membuatmu semakin stres.

Baca Juga: Kamu Depresi Jika Memiliki Tanda-Tanda Ini

7. Menyeimbangkan Tekanan Darah

efek menangis pada kesehatan menyeimbangkan tekanan darah
hellosehat.com

Ternyata menangis bermanfaat sebagai penyeimbang tekanan darah. Hal ini karena seseorang yang stres atau tertekan cenderung mengalami peningkatan pada tekanan darahnya.

Kondisi tersebut dapat membaik ketika hormon stres dapat dikeluarkan melalui tangisan.

8. Memperbaiki Mood

efek menangis pada kesehatan tubuh memperbaiki mood
pexels.com/@i-love-simple-beyond-388899

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of South Florida menyatakan bahwa menangis dapat menenangkan dan meningkatkan mood.

Hal ini selaras dengan yang telah diungkapkan di atas bahwa kondisi tersebut disebabkan oleh produksi zat endorfin.

Manfaat menangis dalam memperbaiki mood dinilai sangat efektif. Bahkan, hasilnya lebih baik daripada efek antidepresan.

Setelah mengetahui manfaat menangis bagi kesehatan, kamu masih mau menahannya? Dengan melepaskan kesedihan, kamu bisa merasa lebih bahagia dan kebal dari berbagai penyakit.

Untuk mendapatkan lebih banyak informasi kesehatan, kamu bisa unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store, ya!

0 Comment