Jangan Minder, 5 Kelebihan Anak Kidal Ini Patut Dibanggakan

01 September 2019, at 10:00
0
0
Jangan Minder, 5 Kelebihan Anak Kidal Ini Patut Dibanggakan

Berapa orang mungkin menganggap bahwa kidal merupakan sesuatu yang aneh dan nggak umum. Pasalnya, kebanyakan masyarakat Indonesia sejak kecil diajarkan tentang “tangan baik” yaitu tangan kanan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti makan maupun menulis.

Lalu bagaimana si kecil ternyata kidal atau cenderung menggunakan tangan kiri untuk melakukan berbagai aktivitas?

Nggak perlu minder dan bingung, orang tua dan buah hati harusnya bangga karena anak kidal memiliki 5 kelebihan di bawah ini.

1. Cepat dalam Berpikir

lebih cepat berpikir
newsbeezer.com

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2006 menyebutkan bahwa anak yang kidal bisa berpikir lebih cepat daripada orang yang nggak kidal.

Peserta yang ikut terlibat dalam penelitian diberikan tugas yang membutuhkan hubungan antara kedua sisi otak. Hasilnya, orang kidal terbukti dapat memproses informasi dari sisi otak satu ke yang lain dengan lebih cepat.

2. Lebih Kreatif

kreatif
bebesymas.com

Selain dapat berpikir lebih cepat, orang-orang kidal ternyata juga cenderung lebih kreatif apabila dibandingkan dengan pengguna tangan kanan.

Penelitian menemukan bahwa anak kidal lebih bisa memikirkan banyak solusi atas suatu masalah. Wah, luar biasa ya?

3. Memori yang Lebih Baik

memori
shutterstock.com

Tahukah kamu, ternyata anak yang kidal memiliki memori yang lebih baik lho. Pasalnya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa seseorang dengan keunikan tersebut memiliki corpus calloum yang lebih besar dibandinkan dengan yang lainnya.

Bagian otak tengah yang memiliki fungsi sebagai penghubung otak kiri dan kanan tersebut dapat mengontrol fungsi kognitif dan motorik yang berkaitan dengan memori. Itulah mengapa anak kidal lebih pintar mengingat.

Baca Juga: Menghadapi Kecemburuan Anak Pertama pada Adik Barunya, Ini yang Harus Dilakukan Orang Tua

4. Cerdas

cerdas
apdnews.com

Para peneliti juga percaya, selain memiliki ingatan yang lebih baik kondisi otak anak kidal yang sedekian rupa juga membuanya menjadi lebih cerdas terutama dalam bidang matematika.

Memiliki memori yang lebih luas memungkinkan si kecil untuk lebih menguasai rumus-rumus serta keterampilan visual-spasial lainnya.

5. Ahli Olahraga

ahli olahraga
oukas.info

Anak atau orang kidal juga memiliki reaksi yang lebih cepat, sehingga dapat dikatakan unggul dalam bidang olahraga. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 lho.

Florian Loffing, seorang ilmuwan olahraga menganalisa berbagai jenis olahraga seperti tenis, baseball, dan lain sebagainya dan menemukan bahwa orang kidal 2,6 kali lebih baik daripada yang lainnya.

Nah, jadi nggak perlu minder dan berkecil hati dengan kondisi tangan kidal. Orang tua justru seharusnya bangga kepada si kecil yang memiliki banyak kelebihan.

0 Comment