Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan Saat Ada Kerusuhan di Tempatmu Berlibur

25 May 2019, at 04:00
0
0
Jangan Panik! Ini yang Harus Dilakukan Saat Ada Kerusuhan di Tempatmu Berlibur

Kerusuhan yang terjadi di Jakarta sejak Selasa, 21 Mei malam lalu membuat sebagian orang merasa cemas. Beberapa wilayah sepert Slipi, Tanah Abang, Petamburan, Kebon Sirih, sampai Bundaran HI bisa dibilang kurang aman.

Hal ini juga yang membaut banyak traveler yang liburan ke Jakarta harus terjebak dalam kondisi yang mencekam. Apalagi kalau mereka ada di kawasan dekat area konflik.

traveling
pexels.com/@freestockpro

Meski begitu, nggak perlu panik saat mengalaminya. Mau di Jakarta atau misalnya di wilayah lain yang mendadak terjadi kerusuhan, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan supaya liburan nggak jadi suram-suram amat. Seperti beberapa hal berikut ini.

Baca juga: Serunya Urban Traveling Bakal Membuat Kamu Ketagihan

1. Jauhi titik konflik

kerusuhan jakarta 22 mei
antarafoto.com

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang dan jauhi titik lokasi terjadinya konflik. Cari juga informasi tentang area mana saja yang rawan kerusuhan dan jauhi kawasan tersebut.

Kalau kamu menginap di hotel dan sulit mendapatkan taksi, mintalah pihak hotel untuk mengawal ke tempat lebih aman.

2. Beri kabar orang terdekat

tips liburan aman
pond5.com

Kalau tips liburan ini jangan sampai dilupakan, khususnya saat kamu sudah ada di wilayah yang jauh lebih aman. Apalagi biasanya keluarga, sahabat, atau orang-orang terdekatmu akan merasa cemas begitu mendengar kabar buruk.

Begitu sampai di tempat aman, nggak ada salahnya untuk minta bantuan mereka untuk cari tahu tempat aman dan bisa dijadikan tujuan selanjutnya. Kamu juga bisa minta bantuan untuk pesan tiket pulang biar nggak semakin terpuruk dan terlantar di area konflik.

3. Hubungi pihak keamanan setempat

pasca kerusuhan 22 mei
antarafoto.com

Tips liburan selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah menghubungi pihak keamanan setempat. Hal ini penting dilakuka supaya mereka melakukan pendataan dan membantu untuk proses evakuasi.

Kalau kebetulan kamu sedang liburan ke luar negeri dan nggak sengaja terjadi kerusuhan di sana, tips ini sangat dianjurkan untuk kamu lakukan. Soalnya nanti pihak keamanan bisa jadi penghubung untuk berkomunikasi dengan Perwakilan RI di negara terkait.

Baca juga: Barang-barang Ini Nggak Perlu Kamu Bawa Saat Traveling!

4. Filter kabar yang beredar

cek handphone
time.com

Nggak sengaja berada di tengah wilayah konflik memang bikin cemas. Di situasi genting ini, nggak jarang juga tersebar kabar yang justru kian membuat runyam.

Kalau sudah begini, mending cari tahu kebenaran berita. Caranya filter kabar dari situs terpercaya dan punya reputasi baik.

5. Kenali wilayah konflik

cari informasi tempat liburan
pexels.com/@divinetechygirl

Nah, kalau tips traveling satu ini perlu kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan kemanapun. Tujuannya untuk mengantisipasi kalau nanti ada kemungkinan terburuk terjadi.

Dalam hal ini, kamu perlu mengenali kondisi wilayah yang bakal dikunjungi. Infonya bisa didapat dari buku, sumber terbuka, aplikasi Safe Travel, dan lain sebagainya.

6. Cari agen travel yang kredibel

datangi agen travel terpercaya
calstate.aaa.com

Tips ini juga bisa kamu gunakan sebelum pergi berlibur. Carilah agen perjalanan dan pemandu wisata yang memang terbukti punya kredibilitas.

Lebih baik lagi kalau kamu juga ikut membaca review dari pengguna lain untuk memperoleh pandangan dan rekomendasi. Misalnya nanti ada keadaan genting atau masalah, agen perjalanan tersebut bisa dihubungi dan diajak kerja sama.

Itulah sederet tips liburan aman buat kamu yang nggak sengaja ada di wilayah konflik. Tetap tenang, hati-hati, dan filter semua berita yang beredar ya, Sobat Qupas!

0 Comment