Qupas Family

Jangan Panik, Lakukan Ini untuk Mengatasi Mimpi Buruk pada Anak!

18 December 2019, at 12:00
Jangan Panik, Lakukan Ini untuk Mengatasi Mimpi Buruk pada Anak!

Semua orang pasti pernah mengalami mimpi buruk. Akan tetapi, dilansir dari lama medicaldaily.com, hal tersebut ternyata lebih sering terjadi pada anak-anak lho.

Menurut American Academy of Sleep Medicine, 10 sampai 50 persen anak dengan rantang usia 5 sampai 12 tahun lebih sering mengalami mimpi buruk yang cukup parah. Hal tersebut tentu saja membuat orang tua khawatir.

anak mimpi buruk
shutterstock.com

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab anak mimpi buruk, seperti berikut.

  • Mendengarkan atau menonton cerita seram terkait hantu, monster, binatang buas, atau hal lainnya
  • Kelelahan yang disebabkan oleh banyanya aktivitas atau kurang tidur
  • Makan terlalu banyak sebelum tidur

Lantas, apa yang bisa orang tua lakukan untuk mengatasi masalah mimpi buruk pada anak? Jangan panik, Qupas punya tipsnya buat kamu!

1. Temani Anak

anak mengalami mimpi buruk
discoverbrillia.com

Berapapun usia buah hati, hal pertama yang perlu orang tua lakukan saat ia mengalami mimpi buruk adalah menemaninya. Pastikan bahwa si kecil mengerti kalau apa yang terjadi dalam mimpinya bukanlah sesuatu yang nyata.

Apabila orang tua dan anak sudah tidur di kamar yang terpisah, temani si kecil sampai ia tertidur di kamarnya sendiri. Sebaiknya nggak membiarkan buah hati tidur di kamarmu karena hal tersebut akan menjadi kebiasaan.

2. Minta Anak untuk Menceritakan Mimpi Buruknya

menenangkan anak
crosswalk.com

Cara mengatasi mimpi buruk pada anak yang selanjutnya adalah meminta buah hati untuk menceritakannya. Nggak perlu detail, cukup garis besarnya saja.

Hal tersebut secara nggak langsung akan membuat si kecil merasa lebih baik kok. Dengarkan dengan tulus dan pahami apa yang buah hati ceritakan.

Baca Juga: Cara Mudah Melatih Anak Tidur Sendiri Tanpa Bikin Frustasi

3. Maklumi Ketakutannya

mimpi buruk anak
youaremom.com

Selain menemani dan mendengarkan cerita anak, orang tua juga perlu memaklumi ketakutannya. Jangan pernah meremehkan hal yang dirasakan buah hati dan tunjukkan bahwa kamu memahaminya.

Orang tua bisa mengucapkan kata-kata yang menunjukkan bahwa perasaan si kecil dipahami, sekaligus meyakinkannya bahwa hal buruk tersebut nggak akan terjadi.

Misalnya si kecil bermimpi ditinggalkan sendiri di hutan, orang tua bisa mengatakan: “Wah, seram sekali mimpimu, kamu pasti sangat takut. Tapi sayang, kamu tahu kan kalau kenyataannya Ayah dan Ibu nggak akan membiarkan hal itu terjadi?”.

4. Ciptakan Rasa Nyaman

cara mengatasi mimpi buruk pada anak
kiddycharts.com

Anak mungkin akan sulit untuk tidur lagi setelah mengalami mimpi buruk. Maka dari itu, orang tua sebaiknya menciptakan rasa nyaman dan aman untuknya.

Kamu bisa memeluk atau mengelus-elus kepala si kecil sampai ia cukup tenang. Nyalakan lampu apabila buah hati menginginkannya.

5. Ajarkan Cara untuk Menangkal Mimpi Buruk

mimpi buruk pada anak
verywellhealth.com

Orang tua bisa mengajarkan anak untuk menangkal mimpi buruk dengan cara yang asyik, seperti menciptakan mantra penangkan mimpi buruk misalnya.

Kamu bisa memanfaatkan bantal, boneka, atau barang-barang yang ada di sekitar buah hati untuk membuat mantra atau trik tersebut terkesan meyakinkan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mimpi buruk pada anak-anak. Coba yuk!