Jangan Pernah Bercanda Menarik Kursi Temanmu, Akibatnya Fatal Bisa Lumpuh Seumur Hidup

22 February 2019, at 07:00
0
0
Jangan Pernah Bercanda Menarik Kursi Temanmu, Akibatnya Fatal Bisa Lumpuh Seumur Hidup

Kamu pasti pernah menyaksikan atau menarik bangku temanmu ketika ia hendak duduk, kan? Hal ini sudah tidak asing dan dianggap sebagai cara bercanda mengasyikkan bagi beberapa anak sekolah.

Namun, bercanda menarik kursi teman ini ternyata bisa menjadi petaka bagi orang yang mengalaminya. Hal tersebut diungkapkan oleh salah satu pengguna Facebook bernama Ibnu Yahya baru-baru ini.

Ia membagikan cerita tentang anaknya yang menjadi korban candaan tersebut. Meskipun ia tahu bahwa tidak ada niat menyakiti di baliknya, akan tetapi hal tersebut sangat berbahaya bahkan bisa merenggut nyawa.

Baca Juga: Merenggut Nyawa, Laki-Laki Ini Harus Tewas Karena Makan Durian dan Kopi

Ibnu menceritakan tentang kejadian yang menimpa anaknya secara kronologis. Ketika sedang berdiri untuk membereskan buku pelajaran dan hendak duduk kembali, kursinya ditarik secara tiba-tiba.

Hal ini membuat anak gadisnya yang masih SMA tersebut terjatuh dan membentur lantai dalam keadaan duduk.

facebook.com/ibg.black

Keadaan tersebut mungkin menyebabkan tulang ekor atau tulang pinggang yang rawan terbentur dengan keras dan mengalami keretakan, patah, atau penggeseran.

Inilah yang bisa menyebabkan cedera parah bahkan kelumpuhan karena berhubungan dengan saraf.

Unggahan Ibnu kemudian medapatkan banyak tanggapan dari warganet. Sampai saat ini, postingan tersebut telah dibagikan sebanyak 47 ribu kali, mendapatkan 51 ribu suka dan 24 ribu komentar.

Semuanya turut mendoakan dan berharap apa yang terjadi kepada anak Ibnu tidak terulang kepada anak-anak yang lain.

Baca Juga: Nyeri Sendi dan Pegel Linu Beda, Lho! Jangan Salah Pemahaman

Melihat hal tersebut, Dr. dr. Wawan Mulyana, SpBS, SpKP, dari Lamina Pain and Spine Center RS Meilia Cibubur menyatakan bagaimana bahaya ketika terjatuh dalam posisi demikian.

Korban yang terjatuh bisa jadi mengalami nyeri dari yang akut hingga kronit. Pada umumnya, jatuh dari kursi yang ditarik tidak menyebabkan kelumpuhan.

Akan tetapi berbeda cerita apabila tulangnya retak dan merobek saraf. Tidak hanya itu, beberapa orang juga mengkhawatirkan kemungkinan kebutaan yang bisa terjadi.

facebook.com/ibg.black

Namun, benturan pada tulang belakang biasanya tidak lantas berisiko kebutaan secara langsung. Kondisi tersebut bisa terjadi apabila terdapat benturan di kepala yang cukup hebat.

Pada kasus yang lebih parah, benturan tulang ekor dapat menyebabkan gangguan buang air besar, gangguan kencing, atau bahkan masalah pada organ seksual seseorang.

Ada banyak risiko masalah kesehatan yang bisa menimpa seseorang dengan jatuh dari kursi. Namun, ia mengatakan bahwa jatuh dari kursi yang biasa saja hanya akan menyebabkan sakit pinggang.

facebook.com/ibg.black

Meskipun demikian, ada baiknya jika tidak melakukan candaan yang akan menyakiti fisik seseorang. Menarik kursi ketika teman akan duduk adalah salah satu contohnya.

Memang tidak semua berisiko kelumpuhan, akan tetapi tidak menutup kemungkinan tersebut bisa terjadi.

Baca Juga: Pijat Beberapa Bagian Tubuh Ini untuk Mengurangi Rasa Sakit Tertentu

Oleh sebab itu, ingatkan anak-anak untuk tidak melakukan candaan menarik kursi temannya karena ada bahaya yang mengancam dibalik hal tersebut.

Meskipun tidak ada niat menyakiti, namun sebaiknya menghindari setiap kemungkinan buruk yang bisa terjadi.

0 Comment