Jangan Pernah Curang Saat Diet, Akibatnya Fatal!

31 August 2018, at 14:27
0
0
Jangan Pernah Curang Saat Diet, Akibatnya Fatal!

Setiap wanita pasti sangat mendambakan punya berat badan serta bentuk tubuh yang ideal. Sebab, hal itu dianggap bisa mendongkrak penampilan menjadi lebih menarik sehingga rasa percaya diri bisa meningkat pula.

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang didambakan tersebut, ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari menjaga pola makan sampai olahraga ketat. Namun, yang paling sering dilakukan oleh kebanyakan wanita saat ini adalah menjaga pola makan, alias diet.

sibuk kerja
pexels.com

Hal itu dikarenakan banyak wanita zaman now yang memiliki rutinitias sangat padat. Sehingga tidak ada waktu lebih untuk berolahraga, apalagi pergi ke pusat kebugaran. Maka dari itu, tidak heran kalau diet adalah solusi yang paling digemari.

Namun kendati demikian, melakukan diet saja sudah terbilang usaha yang baik dan terbukti bisa menurunkan berat badan secara efekti, tapi bila jika dilakukan dengan benar. Sebab, masih banyak yang merasakan kegagalan diet yang akhirnya membuat kekecewaan.

badan sehat
pexels.com

Tentu saja kegagalan tersebut ada penyebabnya, bisa jadi mereka melakukan kecurangan saat diet sehingga hasilnya tidak maksimal. Kecurangan itu bisa diartikan dengan mencuri ngemil makanan tak sehat, atau bahkan makan pada jadwal yang tidak seharusnya.

Penting untuk diketahui, kecurangan dalam diet memang sebuah tindakan yang justru akan merugikan diri sendiri. Selain kegagalan, masih ada masalah lain yang akan ditimbulkan karenanya. Apa saja masalah tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga : 4 Diet Paling Menakutkan yang Sebaiknya Nggak Kamu Coba!

1. Gangguan pada Lidah

lidah
bramardianto.com

Maksud dari gangguan pada lidah adalah lidahmu berubah warna dan menurun kepekaannya terhadap rasa. Sebab, selama diet, lidahmu terbiasa dengan makanan sehat. Sehingga ketika kamu mencuri-curi kesempatan untuk mengonsumsi makanan tak sehat, lidah akan beradaptasi kembali yang tentunya akan menimbulkan gangguan sementara.

2. Mendadak Mulas

sakit perut
prelo.co.id

Kerugian lain saat kamu melakukan kecurangan dalam diet adalah masalah pada perut, yaitu mendadak mulas. Rasa mulas ini bisa muncul mendadak dan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal tersebut dikarenakan usus dan lambungmu yang telah terbiasa dengan makanan sehat, kemasukan materi baru yang dianggap membahayakan sehingga dipaksa keluar dan terjadilah kontraksi atau mulas.

3. Sering Lelah dan Sakit

lelah
pexels.com

Selanjutnya, dampak dari curang ketika diet adalah tubuhmu akan menjadi mudah lelah dan rentan sakit. Sebab, ketika melakukan diet, tubuhmu akan bersih dan terhindar dari berbagai macam makanan yang sifatnya buruk, seperti lemak atau kalori. Kemudian, saat kamu melakukan kecurangan dan mengonsumsi makanan tidak sehat, tentu saja membuat organ di dalam tubuh sedikit kacau dan membuat proses metabolisme terganggu.

4. Mudah Lapar

mudah lapar
caroladuarte.com

Diet bisa dikatakan sebagai usaha menahan lapar. Jadi, sebisa mungkin kamu harus menahan lapar agar berat badan tidak bertambah akibat banyak makan. Tapi, saat kamu melakukan kecurangan, misalnya mengonsumsi makanan yang aroma dan rasanya nikmat, semua itu akan sia-sia. Sebab, lidahmu akan merasa ketagihan sehingga otak mengirimkan sinyal lapar terus pada tubuh.

5. Kecemasan

cemas
vebma.com

Kamu harus tahu kalau curang saat sedang melakukan diet juga bisa berdampak pada mental, yakni kecemasan. Setelah kamu mencurangi diri sendiri, maka rasa cemas akan muncul. Cemas itu sendiri berupa takut kalau diet akan gagal, takut kalau usaha selama ini akan sia-sia, serta takut kesehatan terganggu akibat tidak bisa melawan godaan makan tak sehat.

6. Gangguan Pencernaan

gangguan pencernaan
countyfood

Risiko selanjutnya dari kecurangan saat diet adalah terjadi gangguan pencernaan. Ada dua kemungkinan yang bisa kamu dapatkan, yaitu sulit buang air besar, bahkan menjadi diare. Sebab, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa usus dan organ cerna dalam tubuhmu akan kaget karena ada material baru yang masuk sehingga organ membacanya sebagai ancaman.

7. Hilangnya Motivasi

hilang motivasi
rin32.info

Penting untuk diketahui, dalam diet diperlukan motivasi dan semangat yang harus selalu terjaga. Dengan mencoba curang, sama saja kamu sudah membuat diri menjadi tidak bermotivasi lagi. Kamu akan menganggap bahwa tidak apa-apa curang hanya sesekali. Padahal, dari kecurangan itulah awal mula kecurangan-kecurangan berikutnya.

8. Semua Akan Sia-Sia

gagal diet
pexels.com

Saat kamu sudah melakukan berbagai usaha dan upaya untuk menurunkan berat badan, hal itu seketika akan hilang hanya karena melakukan kecurangan. Tentu saja kamu tidak menginginkan hal tersebut, bukan? Oleh karenanya jangan pernah mencurangi diri sendiri dalam hal apapun, termasuk diet.

Itulah beberapa dampak negatif yang akan kamu dapatkan jika melakukan kecurangan saat sedang diet. Masih berani curang?

0 Comment