Jangan Salah, 8 Produk Kecantikan Ini Ternyata Justru Berbahaya Bila Dipakai Terlalu Sering

09 January 2019, pada 02:00
0
0
Jangan Salah, 8 Produk Kecantikan Ini Ternyata Justru Berbahaya Bila Dipakai Terlalu Sering

Demi tampil menawan, para wanita rela memborong berbagai produk kecantikan dan melakukan ritual perawatan wajah. Bila barang sudah di tangan, terkadang bahaya yang mengintai bisa terabaikan.

Tak melulu tentang kandungan bahan kimia di dalamnya, produk dengan bahan alami pun terkadang tak baik bila dipakai dalam dosis yang berlebihan.

Nah, supaya tak salah lagi, Qupas telah merangkum 8 produk kecantikan yang tak boleh dipakai terlalu sering. Yuk simak langsung!

1. Lipstik Matte

menggunakan lipstik matte
celebritycontent.com

Karena faktor ketahanan dan warnanya yang lebih intens dibanding pewarna bibir jenis lain, lipstik matte jadi primadona dalam beberapa tahun terakhir. Tapi di balik kelebihannya, produk ini juga memiliki kekurangan yang seringkali diabaikan.

Formula lipstik matte lebih mudah membuat bibir jadi kering dan terkadang sulit untuk dibersihkan. Bila digunakan terlalu sering, bibir akan semakin kehilangan kelembabannya dan menjadi pecah-pecah.

Selain itu, sisa lipstik matte yang tak dibersihkan secara sempurna bisa membuat warna alami bibir semakin menghitam.

2. Primer

primer wajah
blogspot.com

Akhir-akhir ini, brand kecantikan sedang gencar mengeluarkan produk face primer. Base makeup ini difungsikan untuk menyembunyikan pori dan membuat makeup tahan lama.

Dengan mengaplikasikan face primer, hasil riasan memang benar-benar halus dan anti luntur. Sayangnya, silikon yang digunakan sebagai bahan utamanya bisa menutup rapat permukaan kulit.

Bila digunakan sehari-hari, tentu hal ini akan membuat pori-pori semakin tersumbat dan memicu timbulnya jerawat serta komedo. Untuk itu, gunakan primer hanya dalam beberapa kesempatan saja ya.

3. Foundation

foundation
kohlsandblushesmakeup.com

Selain face primer, base makeup yang satu ini juga tak baik bila digunakan setiap hari. Alasannya pun sama, karena ada kandungan silikon di dalam foundation yang berpotensi membuat pori-pori semakin tersumbat.

Sebagai alternatifnya, kamu bisa gunakan BB Cream atau CC Cream untuk makeup sehari-hari yang formulanya lebih ringan.

4. Petroleum Jelly

petroleum jelly
hellosehat.com

Petroleum Jelly biasanya ditemukan pada produk pelembab, baik untuk wajah ataupun bibir. Tapi tahukah kamu, senyawa ini berasal dari penyulingan minyak bumi lho. Sama seperti bahan bakar kendaraan bermesin.

Lebih dari itu, petroleum jelly ternyata juga tak bisa benar-benar meresap ke dalam kulit. Bila terlalu sering menggunakannya, kelembaban dari luar justru tak bisa masuk dan membuat bibir atau wajah jadi lebih kering setelahnya. Gimana, masih ingin terus menggunakannya?

Baca juga: Jangan Asal Coba, Ini Bahaya Tester Makeup yang Bisa Mengancam Wajah Cantikmu

5. Facial Scrub

face scrub
pinimg.com

Eksfoliasi wajah dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan bantuan produk peeling atau scrub. Sayangnya, banyak wanita yang terlalu bernafsu dan melakukan ritual ini secara berlebihan, misalnya saja setiap hari.

Bila petunjuk penggunaan produk scrub atau peeling dicermati kembali, eksfoliasi wajah sebenarnya cukup 2-3 kali dalam satu minggu. Sebab, terlalu sering melakukannya hanya akan membuat kulit menipis, muncul bruntusan, bahkan rentan terhadap jerawat.

6. Dry Shampoo

menggunakan dry shampo
squarespace.com

Dry Shampoo diciptakan sebagai solusi rambut mengembang indah tanpa keramas. Formulanya bisa mengurangi minyak berlebih pada kulit kepala sehingga rambut akan terasa lebih segar dan wangi seperti sehabis keramas.

Namun produk ini juga memiliki efek samping bila terlalu sering digunakan. Folikel di kulit kepala bisa rusak dan membuat rambut jadi susah tumbuh. Tak hanya itu, rambut akan semakin kering dan rapuh.

7. Cleansing Brush

menggunakan cleansing brush
alicdn.com

Inovasi di dunia kecantikan berhasil melahirkan cleansing brush yang memudahkan wanita dalam membersihkan wajah. Alat ini diklaim bisa mengangkat kotoran secara menyeluruh hingga ke bagian dalam pori.

Tapi, sama halnya dengan ritual eksfoliasi menggunakan tangan, terlalu sering membersihkan wajah dengan cleansing brush bisa membuat kulit semakin tipis dan sensitif.

Selain itu, cleansing brush dirasa terlalu kasar sehingga sering menggosok wajah dengan alat ini dikhawatirkan akan menimbulkan pembengkakan dan kulit bisa mengalami penuaan lebih cepat.

8. Bulu Mata Palsu

memasang bulu mata palsu
fabulousafter40.com

Bulu mata palsu atau false lashes memang bisa jadi alternatif mudah untuk merias mata supaya tampak lebih memukau. Tapi, masalah yang cukup fatal bisa muncul akibat perekatnya.

Lem yang digunakan untuk merekatkan false lashes bisa menimbulkan reaksi alergi pada mata dan kesehatan bulu mata perlahan akan terganggu bila kamu sering menggunakannya.

Nah, itulah beberapa produk kecantikan yang ternyata tak baik bila dipakai terlalu sering. Untuk itu, lakukan perawatan secara rutin dalam dosis yang cukup, serta sebisa mungkin hindari memoleskan makeup setiap hari ya!

0 Komentar