Jangan Salah, Nyeri Sendi dan Pegal Linu itu Beda Loh!

15 October 2018, pada 02:20
0
0
Jangan Salah, Nyeri Sendi dan Pegal Linu itu Beda Loh!

Sampai saat ini masih banyak orang yang salah dalam mengartikan rasa nyeri yang dialami oleh tubuhnya. Terkadang mereka menyebut rasa nyeri itu sebagai nyeri sendi. Kadang pula mereka menyebutnya sebagai linu sehingga istilah ini sering tertukar.

Tidak sedikit pula yang mengatakan kalau hal ini tidaklah terlalu penting hanya karena sebuah penamaan belaka. Apakah benar demikian?

Jangan Salah, Nyeri Sendi dan Pegal Linu itu Beda Loh!
medium.com

Perlu diketahui sebelumnya, memang benar hal ini terkesan tidak penting karena hanya berurusan dengan nama. Tapi apakah kamu sadar dampaknya akan cukup mengkhawatirkan?

Misalnya saja ketika kamu datang ke apotik untuk membeli obat. Ternyata kamu salah menyebutkan keluhan yang kamu alami. Secara otomatis, obat yang akan diberikan pun memiliki fungsi berbeda, bukan?

Nah, untuk menghindari dampak negatifnya, alangkah baiknya kamu mengetahui perbedaan nyeri dan pegal linu secara benar.

Dihimpun dari berbagai sumber, nyeri sendi dan pegal linu memang memiliki kemiripan. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah dari gejala serta penyebab terjadinya keluhan itu.

Kalau urusan rasa, keduanya memang sama-sama memberi rasa nyeri dan bahkan disertai sensasi panas sehingga membuat tubuh sangat tak nyaman.

Baca juga : Takut Terkena Varises? Inilah 6 Cara Jitu untuk Mencegahnya

Jangan Salah, Nyeri Sendi dan Pegal Linu itu Beda Loh!
orami.co.id

Menurut pakar medis, dijelaskan bahwa pegal linu merupakan kondisi nyeri atau kaku yang dialami pada persendian. Ada banyak alasan serta penyebab dari munculnya nyeri ini, misalnya aktivitas fisik atau gerakan otot yang berlebihan sehingga jaringan otot menjadi tegang atau mengalami diskolasi

Sedangkan nyeri sendi adalah sebuah peradangan yang terjadi pada persendian sehingga membuat gerakmu terbatas akibat rasa nyeri yang dimunculkan. Biasanya ketika nyeri sendi, persendian akan berubah bentuk misalnya memerah atau bengkak. Nyeri sendi ini bisa disebabkan oleh cedera sendi ataupun gangguan autoimun.

Jangan Salah, Nyeri Sendi dan Pegal Linu itu Beda Loh!
portraitnusantara.com

Jadi, mengutip dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa pegal linu merupakan rasa sakit yang diakibatkan oleh aktivitas berat. Sedangkan nyeri sendi adalah rasa sakit yang disebabkan cedera pada sendi sehingga menyebabkan memar dan bengkak.

Terakhir, para pakar kesehatan juga sepakat untuk mengimbau kepada setiap orang agar tidak menyepelekan nyeri sendi ataupun pegal linu. Sebab saat kedua keluhan ini terjadi dengan terus-menerus tanpa sebab yang pasti, dikatakan sebagai indikasi gangguan hormon yang menyebabkan masalah penyakit sistemik.

0 Komentar