Jangan Salah Pilih, Ini 8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Kamu Pahami Fungsinya

12 January 2019, at 02:00
0
0
Jangan Salah Pilih, Ini 8 Jenis Masker Wajah yang Wajib Kamu Pahami Fungsinya

Sedikit berbeda dengan produk skincare lainnya, masker wajah umumnya tak digunakan setiap hari. Meski begitu, manfaat yang ditawarkan luar biasa besar.

Seiring dengan berkembang pesatnya inovasi di dunia kecantikan, sekarang ini masker wajah hadir dalam beragam jenis yang masing-masing memiliki kegunaan dan kelebihan.

Dengan jenis yang sangat beragam, kamu tentunya harus paham perbedaannya dulu sebelum memutuskan untuk memakainya. Nah, biar nggak salah pilih, yuk simak 8 jenis masker wajah beserta fungsinya berikut ini.

1. Cream Mask

memakai masker wajah
switch2health.net

Seperti namanya, cream mask adalah masker yang hadir dalam tekstur krim. Skincare ini cocok digunakan oleh pemilik kulit normal dan kering.

Sedangkan kegunaannya, cream mask sangat efektif untuk membuat tekstur wajah yang terasa kasar jadi lebih lembut. Dalam beberapa produk, bahkan ada yang dilengkapi dengan fungsi pelembab untuk menutrisi wajah.

2. Gel Mask

memakai masker gel
blogspot.com

Masker yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk kulit yang berminyak. Sebab bahan aktif berupa gel biasanya punya campuran alkohol yang sifatnya bisa menarik minyak berlebih pada wajah.

Fungsi lain yang dimilikinya adalah untuk melembabkan dan menyegarkan kulit. Bila ingin mendapatkan sensasi dingin, kamu bisa menyimpan gel mask di kulkas sebelum menggunakannya.

3. Peel Off Mask

memakai peel off mask
bustle.com

Masker peel off umumnya berbentuk gel atau krim yang akan mengering setelah diaplikasikan dan bisa diangkat dari wajah dengan cara dikelupas.

Peel off mask sangat efektif untuk mengangkat berbagai kotoran hingga komedo yang membandel. Sehingga wajah akan terasa lebih halus setelah memakainya.

4. Clay Mask

memakai clay mask
woven-sacks.com

Masker yang sedang hits ini juga paling cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak. Bahkan kemampuannya dinilai luar biasa, karena bisa menyerap sebum dan menarik kotoran dari dalam pori-pori.

Sekedar tips saat memakai clay mask, jangan mendiamkannya terlalu lama atau hingga kering. Sebab, hal ini justru bisa membuat kulit dehidrasi dan iritasi.

Baca juga: 5 Clay Mask Terbaik untuk Kulit Berjerawat dan Berpori Lebar

5. Sheet Mask

memakai sheet mask
sk-ii.com

Sheet mask juga sedang digandrungi para beauty enthusiast karena sangat praktis. Tinggal ditempelkan ke wajah dan tak perlu dibilas setelahnya.

Masker ini terbuat dari lembaran khusus yang dilengkapi dengan essence dalam konsentrasi tinggi. Varian dan kandungannya juga tersedia dalam puluhan macam sehingga bisa digunakan oleh semua jenis kulit.

Setelah menggunakan sheet mask, wajah akan terasa lebih lembab, halus, dan cerah seketika.

6. Sleeping Mask

memakain sleeping mask
theriseandshine.com

Sleeping Mask diciptakan untuk merawat kulit secara ekstra di malam hari ketika kita sedang tidur. Nutrisi di dalamnya biasanya lebih lengkap dibandingkan dengan krim malam.

Masker wajah ini juga dilengkapi dengan antiksidan dan kandungan berkualitas lainnya yang mampu menghidrasi dan memperbaiki sel-sel kulit setelah seharian beraktivitas.

7. Exfoliating Mask

exfoliating mask
stylecaster.com

Exfoliating Mask punya dua fungsi sekaligus. Yakni menutrisi kulit dan mengangkat sel kulit mati yang membuat wajah terlihat kusam.

Tekstur exfoliating mask umumnya sedikit kasar dari masker jenis lain karena adanya butiran scrub yang akan mengikis sel kulit mati secara maksimal.

Saat membeli exfoliating mask, usahakan untuk memilih dengan butiran scrub yang halus. Sebab, butiran yang terasa sangat kasar malah cenderung melukai wajah.

8. Natural Mask

masker mentimun
freepik.com

Yang terakhir ada natural mask atau masker tradisional yang biasanya dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Misalnya saja madu, lidah buaya, mentimun, putih telur, alpukat, dan sebagainya.

Kegunaannya pun bermacam-macam, tergantung dari bahan alami yang digunakan.

Nah, itulah delapan jenis masker wajah beserta fungsinya masing-masing. Sudah tahu kan sekarang perbedaannya?

0 Comment