Jangan Sampai Salah, Ini Kiat Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Kering

04 February 2019, at 02:00
0
0
Jangan Sampai Salah, Ini Kiat Merawat Wajah yang Tepat untuk Kulit Kering

Seperti masalah pada wajah lainnya, kulit kering juga memerlukan perhatian ekstra. Sebab, bila hal ini dibiarkan, kondisinya bisa semakin parah dan tentu saja akan mengganggu penampilan.

Kulit kering bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti lingkungan, pemilihan produk perawatan yang salah, dehidrasi, dan masih banyak lagi. Cara mengatasinya pun tak melulu dengan skincare saja. Kira-kira bagaimana ya?

Nah, kali ini Qupas akan bagikan cara mengatasi kulit wajah kering yang tepat agar kondisinya tak semakin memburuk dan terlihat bersisik. Yuk simak langsung!

1. Mencuci muka dua kali sehari

mencuci muka
shopify.com

Apapun jenis kulitmu, ritual mencuci muka untuk membersihkan wajah dari segala kotoran hukumnya wajib. Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Yang pertama, pastikan untuk memilih produk facial wash khusus yang lembut dan sesuai dengan kondisi wajah. Bagi kulit kering, sebaiknya hindari sabun cuci muka yang mengandung sodium lauryl sulfate karena bisa menguras kelembaban.

Baca juga: Pilihan Face Wash yang Ampuh untuk Mengatasi Kulit Kering

Meski mencuci muka itu penting, tapi jangan dilakukan terlalu sering. Cukup dua kali sehari agar minyak alami wajah tetap terjaga dan kulitmu tak semakin kering.

2. Gunakan tabir surya

produk sunscreen
labmuffin.com

Kulit wajah yang kering sangat mungkin terjadi akibat kondisi lingkungan. Salah satunya karena paparan sinar matahari.

Nah untuk menanggulangi hal ini, kamu tak boleh melewatkan penggunaan suncreen atau tabir surya sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Pilihlah produk yang mengandung setidaknya SPF 30 agar kulit mendapatkan perlindungan yang lama.

3. Gunakan pelembab wajah

menggunakan pelembab wajah
heandshefitness.com

Untuk mengembalikan kelembaban kulit yang kering tentunya akan membutuhkan kerja yang lebih berat. Maka dari itu, kamu perlu mengoleskan produk pelembab wajah yang memiliki high moisturizing formula.

Sebagai contoh, pilihlah pelembab yang mengandung shea butter, ceramides, gliserin, atau asam laktat. Bahan-bahan tersebut sangat efektif untuk mengikis lapisan teratas wajah yang kering dan terasa bersisik sekaligus bisa menembus hingga ke dalam kulit untuk memberi kelembaban ekstra.

4. Batasi frekuensi eksfoliasi wajah

ritual eksfoliasi wajah
stylecraze.com

Ritual eksfoliasi memang perlu dilakukan secara rutin untuk menanggalkan sel kulit mati dan membuat wajah tampak glowing. Tapi, pemilik kulit kering sebaiknya tak perlu terlalu sering.

Cukup lakukan eksfoliasi wajah sekitar 1-2 kali dalam seminggu. Selain itu, pilihlah scrub dengan bahan yang halus agar tak menimbulkan iritasi dan merusak kulit.

Baca juga: Perhatikan! Ini Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat Supaya Tak Merusak Kulit

5. Masker wajah dengan bahan alami

masker wajah alami lidah buaya
stylecraze.com

Agar perawatan yang kamu lakukan berjalan lebih cepat dan hasilnya maksimal, baiknya dilengkapi dengan penggunaan masker untuk kulit kering dari bahan alami.

Kamu bisa memanfaatkan lidah buaya, madu, dan beragam minyak esensial. Bahan-bahan ini dikenal efektif dalam memberikan efek menenangkan dan bisa menutrisi kulit agar senantiasa lembab dalam waktu yang lama.

6. Hindari hobi begadang

begadang
akamaized.net

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh salah satu brand kosmetik, tidur selama 5 jam atau kurang dalam 3 hari berturut-turut bisa menyebabkan hilangnya air 13 kali lebih banyak. Akibatnya kulit menjadi kering, kusam, bahkan kasar saat disentuh.

Istirahat yang tidak cukup juga bisa menurunkan pH dalam kulit yang akan menimbulkan berbagai masalah pada wajah lainnya, termasuk jerawat dan munculnya mata panda.

Nah, supaya kondisi kulit keringmu tak semakin parah, baiknya hindari hobi begadang dari sekarang.

7. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan dan omega 3

konsumsi makanan kaya antioksidan untuk kulit kering
foodrevolution.org

Selain perawatan dari luar dan menghindari beberapa kebiasaan yang kurang baik, kamu bisa memperbaiki kulit kering dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan omega 3.

Blueberry, tomat, wortel, dan kacang-kacangan adalah makanan yang kaya akan antioksidan dan mampu meninimalisir kerusakan sel sekaligus membuat sel baru agar kulit terlihat lebih sehat dan segar.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung asam lemak omega 3 bisa kamu dapatkan dari ikan tuna, salmon, telur ayam, daging sapi, serta beberapa sayuran hijau seperti bayam dan kangkung.

8. Perbanyak minum air putih

perbanyak konsumsi air putih untuk mengatasi kulit kering
natural-health-journals.com

Dehidrasi termasuk faktor yang membuat kulit wajah jadi kering. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan dan kehilangan elastisitasnya.

Untuk itu, cara mengatasi kulit kering akibat dehidrasi tentu saja dengan banyak minum air putih. Bila kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, wajahmu dijamin akan terlihat lebih segar dan cantik.

Nah, itulah kiat yang bisa kamu lakukan sebagai cara mengatasi kulit wajah yang kering bahkan terlihat bersisik. Gimana, siap mencobanya sendiri mulai sekarang?

Jangan lupa juga untuk selalu update beragam informasi dari Qupas. Caranya dengan download aplikasinya Google Play Store atau Apple App Store, sekarang juga!

0 Comment