Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Merawat Wajah Setelah Lepas dari Krim Dokter

05 April 2019, at 11:00
0
0
Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Merawat Wajah Setelah Lepas dari Krim Dokter

Setiap orang pasti memiliki masalah kulit wajah yang berbeda, begitu pula dengan cara merawatnya. Ada yang memilih untuk membeli skincare yang dijual di pasaran, ada yang memakai krim dokter.

Sayangnya, krim dokter terkadang juga membawa efek yang kurang menyenangkan. Seperti contohnya bikin ketergantungan ataupun membuat kulit kebal dari kandungannya.

Bahkan ketika sudah berhenti sekalipun, masalah baru seperti breakout juga bisa muncul. Nah, kamu pastinya nggak mau kan mengalami hal ini?

Untuk itu, Qupas akan bagikan tips tentang cara merawat kulit setelah lepas dari krim dokter. Yuk simak langsung!

1. Kurangi pemakaian krim dokter

cara merawat kulit setelah lepas krim dokter
instagram.com/dhcskincare

Meskipun kamu berniat untuk lepas dari krim dokter, tapi baiknya jangan langsung dihentikan pemakaiannya. Tujuannya biar kulitmu nggak 'kaget' dan untuk menghindari munculnya masalah baru seperti jerawat atau kulit kusam.

Kamu bisa mengurangi dosis pemakaiannya secara perlahan. Misalnya, mulai dengan mengoleskan produk pelembabnya jadi dua hari sekali kemudian tiga hari sekali, dan seterusnya.

2. Beri jeda agar wajah kembali netral

cara menetralkan wajah dari krim dokter
instagram.com/innisfreeofficial

Sebelum ganti ke skincare yang baru, baiknya istirahatkan wajahmu untuk sejenak. Beri jeda waktu supaya kulitmu bisa bernapas dan kembali netral setidaknya selama satu minggu.

Cara menetralkan wajah dari krim dokter juga bisa kamu lakukan dengan memperbanyak minum air putih. Selain menghidrasi kulit, langkah ini mampu memperlancar peredaran darah dan menetralisir racun di tubuh dari sisa produk yang kamu pakai sebelumnya.

3. Pakai masker alami

cara menetralkan wajah dengan masker alami
huffingtonpost.com

Cara menetralkan wajah dari cream dokter juga bisa kamu lakukan dengan memakai masker alami. Contohnya yang paling gampang dibuat adalah lidah buaya, lemon, dan jeruk nipis.

Bahan-bahan ini bisa kamu oleskan langsung tanpa harus ribet membuat 'pasta' lebih dulu. Dengan begitu, wajah bakalan lebih segar dan sehat.

Baca juga: Sebelum Ganti Skincare, Perlu Nggak Sih Kasih Jeda Waktu Buat Menetralkan Wajah?

4. Rajin membersihkan wajah

cara merawat kulit setelah lepas dari cream dokter
instagram.com/kiehls

Cara merawat kulit setelah lepas krim dokter yang paling sederhana bisa kamu mulai dengan rajin membersihkan wajah.

Karena bagimanapun juga, ini adalah saat dimana kulimu sedang beradaptasi. Supaya wajahmu terhindar dari breakout karena debu dan kotoran yang menempel, pastikan untuk mencuci muka dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulit setidaknya dua kali sehari.

5. Jangan lupa pakai sunscreen

memakai sunscreen yang sesuai jenis kulit
instagram.com/innisfreeofficial

Banyak yang mengeluh kalau breakout sering muncul setelah lepas dari krim dokter. Hal ini memang lumrah karena kulit biasanya cenderung lebih sensitif.

Nah, untuk mengakalinya, jangan pernah lupa untuk pakai sunscreen terbaik yang sesuai dengan kulitmu. Karena ini bisa melindungi wajah dari paparan sinar UV yang berisiko membuat kulit semakin sensitif.

6. Pakai skincare yang ringan

skincare terbaik setelah lepas cream dokter
instagram.com/dhcskincare

Kalau sudah benar-benar lepas dari krim dokter, jangan buru-buru juga untuk memborong skincare yang kamu mau. Tapi cobalah untuk bijak dan pilih produk dengan kandungan yang ringan.

Penting juga untuk diingat, selalu lakukan patch test atau tes skincare di area belakang telinga sebelum mengaplikasikan produk baru ke seluruh wajah.

Baca juga: Cara Mudah Tes Skincare dan Makeup untuk Mengetahui Aman atau Tidak bagi Kulit

Karena skincare yang kualitasnya bagus dan banyak mendapat review positif juga belum tentu cocok untuk kulitmu.

Nah, itulah cara merawat kulit setelah lepas dari krim dokter yang bisa kamu coba. Selamat mencoba!

0 Comment