Jangan Sepelekan Hidung Sering Mimisan, Bisa Jadi Pertanda Kamu Kena Penyakit Berbahaya

18 January 2019, pada 00:00
0
0
Jangan Sepelekan Hidung Sering Mimisan, Bisa Jadi Pertanda Kamu Kena Penyakit Berbahaya

Mimisan merupakan keadaan keluarnya darah dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah. Penyebab dari masalah tersebut bisa bermacam-macam, mulai dari yang ringan hingga yang parah.

Seringkali, orang menganggap bahwa gangguan kesehatan tersebut merupakan hal yang sepele. Akan tetapi jika hal tersebut terjadi secara terus-menerus atau sering, kamu harus waspada.

Bisa jadi mimisanmu merupakan tanda sebuah penyakit yang serius di bawah ini.

1. Leukimia

leukimia
orami.co.id

Mimisan secara terus-menerus bisa menjadi gejala leukimia. Pengidap gangguan kesehatan tersebut sering mengalami memar dan mudah berdarah. Hal ini karena sel darah putih tidak dapat melawan infeksi pada tubuh.

Itu lah mengapa pengidap leukimia mengalami pendarahan yang lebih parah daripada orang normal. Bahkan pada luka kecil pun darah yang dikeluarkan bisa sangat banyak.

mimisan pertanda leukimia
hellosehat.com

Sehingga seseorang yang mengalami penyakit ini menjadi lebih rentan terhadap mimisan. Jika kamu sering mimisan, mudah berdarah, demam, nyeri tulang dan lain sebagainya, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Tidak semua orang yang mengalami hal tersebut positif leukimia. Tetapi lebih baik jika memastikannya pada orang yang lebih ahli.

2. Tumor Hidung

tumor hidung
hellosehat.com

Jika kamu sering mimisan, coba perhatikan apakah ketika kamu mengalaminya terdapat lendir yang keluar juga. Jika iya, kemungkinan kamu sedang mengalami tumor hidung.

Terdapat dua tumor hidung, yang bersifat non kanker atau jinak dan yang bersifat kanker.

mimisan pertanda tumor hidung
thanksdokter.com

Tumor hidung jinak pada umumnya tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Sedangkan kanker hidung bisa menyebar dan mengancam nyawa.

Keduanya memiliki ciri-ciri yang hampir mirip. Selain mimisan disertai lendir, seseorang yang mengalami masalah kesehatan ini akan merasakan gangguan penglihatan, nyeri di sekitar wajah, mati rasa, dan lain sebagainya.

3. Sinusitis Akut

sinusitis akut
hellosehat.com

Sinusitis merupakan infeksi pada sinus akibat penyumbatan di dalamnya. Gejalanya dapat terjadi secara tiba-tiba dan dalam waktu yang singkat.

Namun ada juga yang mengalami peradangan sinus dalam waktu lama sampai 3 bulan. Ini lah yang disebut sebagai sinusitis kronis atau akut.

mimisan pertanda sinusitis
hellosehat.com

Sinusitis akut dapat menyebabkan kamu mengalami mimisan terus-menerus. Hal ini disebabkan oleh rongga di sekitar hidung membengkak dan meradang. Selain itu, penderita juga akan mengalami kesusahan bernapas.

Baca Juga: Tanpa Obat, Inilah Cara Menghentikan Mimisan Secara Alami

4. Hemofilia

mimisan pertanda hemofilia
verywellhealth.com

Hemofilia merupakan penyakit kelanian pembekuan darah. Maka dari itu, luka orang yang mengalami penyakit tersebut akan sulit disembuhkan.

Terlebih lagi, pendarahan umumnya terjadi pada jaringan lunak dan persendian. Dalam hal ini, hidung termasuk salah satu bagian yang sering terluka.

hemofilia
eluniversal.com

Apabila kamu sering mengalami mimisan, mungkin kamu mengidap penyakit tersebut.

Kamu bisa menanyakan pada orang tuamu apakah mereka memiliki bakat masalah kesehatan tersebut. Hal ini karena hemofilia merupakan penyakit yang diwariskan dari ibu ke anak laki-lakinya.

5. Polip

mimisan pertanda polip
shutterstock.com

Gangguan kesehatan yang satu ini mungkin masih asing di telinga. Polip merupakan kondisi dimana terdapat daging tumbuh di rongga hidung. Hal ini disebabkan karena adanya peradangan dari asma atau sebagai reaksi alergi obat.

polip
kondisiumum.com

Polip bersifat non kanker dan tidak memiliki rasa sakit. Meskipun demikian, kamu tetap harus memeriksakan diri ke dokter apabila memang terdapat penyakit etrsebut pada dirimu.

Meskipun terkesan sepele, jangan pernah mengabaikan segala bentuk gangguan kesehatan yang terjadi pada tubuhmu. Mimisan yang terjadi secara terus-menerus bisa jadi pertanda penyakit lain yang lebih serius.

Jadi, lebih baik memeriksakannya sejak dini daripada membiarkannya. Untuk mengakses tips dan artikel kesehatan lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Qupas.id di Google Play Store dan Apple App Store.

Dengan demikian, kamu akan mendapatkan panduan kesehatan dalam genggaman!

0 Komentar