Jangan Takut, Ini yang Harus Kamu Lakukan Ketika Pacar Bersikap Kasar

16 January 2019, at 10:00
1
0
Jangan Takut, Ini yang Harus Kamu Lakukan Ketika Pacar Bersikap Kasar

Kekerasan dalam rumah tangga merupakan hal yang sudah sering terjadi di Indonesia. Namun, bagaimana jika kasus tersebut terjadi pada sepasang kekasih?

Mungkin hal ini jarang disuarakan atau diketahui. Tetapi pada kenyatannya, ada banyak orang yang mendapatkan perlakuan kasar dari pacarnya.

Hal ini mendapatkan kecaman dari banyak pihak. Bersikap kasar kepada pasangan dinilai tidak dapat menyelesaikan masalah. Justru hal tersebut akan menimbulkan masalah baru, yaitu trauma yang bisa saja dialami oleh korban.

Adanya kekerasan dalam pacaran merupakan hal yang tidak wajar. Jika kamu terjebak dalam hubungan tidak sehat tersebut, jangan ragu untuk melakukan hal-hal ini.

1. Tolak dengan Tegas

tolak dengan tegas
elwekalanews.com

Meskipun kamu orang yang lemah lembut dan penuh dengan kasih sayang, kali ini kamu harus bertindak. Keluarkan sisi tegasmu untuk menolak segala kekerasan yang mungkin dilakukan oleh pasangan.

Dalam sebuah jalinan asmara, kenyamanan dua belah pihak merupakan hal yang paling penting. Apabila kamu sudah merasa tidak nyaman dan hubunganmu tidak bahagia, saatnya untuk berkata “tidak” dan menolak segala kekasarannya.

2. Bicara Baik-Baik

bicara baik-baik
pexels.com/@zun1412

Terkadang, cinta yang begitu besar mampu mengalahkan rasa sakit yang didapat dari pasangan. Jika kamu masih ingin mempertahankan kisah asmara tersebut, sebaiknya ajaklah pacar untuk berbicara secara baik-baik.

Pilih waktu yang tepat untuk membicarakan masalah ini. Tanyakan padanya apa yang memnbuatnya berubah menjadi begitu emosional.

3. Tawarkan Bantuan

tawarkan bantuan
pexels.com/@dtanpt

Kekasihmu mungkin merupakan orang yang perhatian dan romantis pada awalnya. Namun setelah beberapa lama, hubungan kalian menjadi tidak sehat dan tidak menyenangkan. Hal tersebut karena sikap pasangan yang berubah menjadi kasar.

Jika kamu mengalami hal yang sama, tawarkan lah bantuan padanya. Apa yang bisa membuatnya lebih tenang. Berikan pelukan, dengarkan ceritanya, minta maaflah bahkan jika kamu merasa tidak bersalah.

4. Buat Kesepakatan

buat kesepakatan
pexels.com/@tirachard-kumtanom-112571

Buatlah kesepatakan dengan pasangan terkait sikap kasarnya. Ini harus dilakukan agar ia tidak terus-menerus menyakitimu. Biasanya secara tidak sadar, ia akan masih terus melakukan hal yang sama jika kamu tidak tegas.

Katakan padanya jika ia masih mengulangi hal yang sama, maka kamu akan meninggalkannya. Dengan begitu, kamu juga bisa melihat sebesar kamu keseriusannya padamu.

Baca Juga: Jangan Dipaksa, Ini Tanda Jika Hubunganmu Sudah Tak Bisa Dilanjutkan

5. Berani Melawan

berani melawan
i.huffpost.com

Semua cara sudah dilakukan, tetapi dia tetap melakukan hal-hal kasar dan menyakitkan. Situasi seperti ini menandakan bahwa sudah waktunya kamu melawan. Jika pasangan membentak, atau melakukan kekerasan verbal, balaslah dengan melakukan hal yang sama.

Memang tidak baik melakukan hal tersebut. Selain itu, akan muncul risiko bahwa pasangan akan lebih marah lagi. Namun hal ini bisa dilakukan untuk menunjukkan padanya agar ia tak semena-mena lagi padamu.

6. Sayangi Dirimu

sayangi dirimu
pexels.com/@enginakyurt

Jangan siksa dirimu sendiri dengan mempertahankan hubungan kalian yang sudah tidak wajar dan harus ditinggalkan.

Memang benar, ada banyak yang mengatakan bahwa setiap hubungan harus ada yang dikorbankan. Atau, setiap orang harus bisa menerima kekurangan pasangannya.

Tapi jika kekurangan tersebut adalah menyakitimu secara fisik dan mental, tentu kamu tidak harus menerima itu. Pikirkan dirimu, sayangi dirimu, kamu berhak mendapatkan yang lebih baik.

7. Carilah Bantuan

cari bantuan
dying.lovetoknow.com

Kekerasan secara fisik merupakan hal yang sudah tidak bisa ditolelir lagi dalam sebuah hubungan. Kamu bisa bercerita kepada orang terdekat untuk mendapatkan masukan. Tidak perlu merasa takut dan ragu.

Selain masukan, kamu juga akan mendapatkan rasa aman. Sahabat atau keluarga bisa menjadi tempat ternyaman bagimu untuk mendapatkan perlindungan.

8. Tinggalkan

tinggalkan
pexels.com/@vera-arsic-304265

Jangan menunggu terlalu lama. Jika memang sudah mengusahakan segala hal dan tetap gagal, maka hubungan tersebut sebaiknya memang ditinggalkan.

Mungkin kamu merasa masih baik-baik saja dan hanya terluka secara fisik. Tetapi tanpa sadar, kamu bisa saja sudah mengalami gangguan mental dan trauma akibat perilaku kasar tersebut.

Bersyukur lah jika kamu mengetahui sikap kasar kekasihmu saat ini. Tuhan masih menyayangimu dan menunjukkan bahwa ia tidak pantas untukmu. Jangan takut untuk meninggalkannya, kamu berhak mendapatkan yang lebih baik.

Mungkin pada awalnya akan sulit karena kamu mencintainya. Namun, setiap badai pasti berlalu. Kamu akan mendapatkan banyak pelajaran dari peristiwa tersebut dan membuat hubunganmu dengan orang baru lebih baik.

0 Comment