Jangan Takut, Rutin Donor Darah Bisa Berikan 7 Manfaat ini!

04 October 2018, at 11:52
0
0
Jangan Takut, Rutin Donor Darah Bisa Berikan 7 Manfaat ini!

Bicara tentang donor darah, sampai saat ini tidak sedikit orang yang enggan melakukannya. Hal tersebut dikarenakan mereka masih merasa takut saat hendak mendonorkan darahnya.

Rasa takut itu bervarian, ada yang takut akan jarum suntik dan ada yang takut jika darahnya terkuras habis. Padahal, donor darah tidaklah memberikan efek buruk. Justru, dengan rutin mendonorkan darah akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.

donor darah
hellosehat.com

Melihat dari sisi kemanusiaan, donor darah adalah sebuah aktivitas yang sangat mulia. Sebab, di luar sana begitu banyak orang yang membutuhkan darahmu untuk dapat bertahan hidup.

Jadi, kalau kamu memang mengaku sebagai seseorang yang peduli sosial, yuk donor darah! Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat dari kegiatan mulia ini. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut diantaranya:

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

manfaat donor darah
ceritamedan.com

Manfaat pertama dari donor darah akan membuat sirkulasi darah di tubuhmu menjadi lancar. Sebab, donor darah bisa mencegah dan mengatasi penyumbatan darah pada pembuluh arteri.

Banyak ahli medis yang mengatakan bahwa rutin donor darah bisa memperbaiki semua fungsi organ di dalam tubuh karena sirkulasi darah yang lancar.

2. Meningkatkan Produksi Sel Darah Merah

manfaat donor darah
utdpmibuleleng.or.id

Jangan takut darah akan habis ketika kamu melakukan donor. Pasalnya, donor darah ternyata bisa menstabilkan jumlah sel darah merah. Sesaat setelah donor, kamu akan merasa lemas. Tapi tenang saja karena itu hanya sementara.

Setelah itu, tubuh akan memproduksi sel darah merah baru yang tentunya lebih segar dan baik dalam mengisi serta mensuplai seluruh organ di dalam tubuh.

3. Menyehatkan Jantung

manfaat donor darah
twimg.com

Tahukah kamu kalau donor darah bisa menyehatkan jantung? Hal tersebut dikarenakan donor darah bisa mengurangi kelebihan zat besi yang menimbun di dalam darah.

Seperti diketahui, zat besi yang berlebihan itu bisa meningkatkan terjadinya risiko penyakit kardiovaskular dan membuat oksidasi kolesterol. Jika terus dibiarkan tanpa penanganan, produksi oksidasi ini akan meningkatkan potensi serangan jantung, bahkan stroke!

Baca juga : Terungkap, Kenapa Golongan Darah O Rawan Kena Demam Berdarah yang Mematikan

4. Menyehatkan Organ Hati

manfaat donor darah
behdasht.news

Dengan rutin donor darah, organ hati juga akan menjadi lebih sehat. Hal itu terjadi akibat pembersihan organ hati dari penumpukan zat besi.

Sebab, ketika zat besi itu terlalu menumpuk maka bisa menyebabkan berbagai masalah pada organ hati. Salah satu masalah tersebut adalah hepatitis c.

5. Mengurangi Risiko Kanker

manfaat donor darah
pitapink-ykpi.or.id

Rutin donor darah juga bisa mengurangi risiko kanker. Hal ini berkaitan dengan menumpuknya zat besi pada pembuluh darah. Adapun beberapa jenis kanker yang bisa dihindari mulai dari kanker hati, kanker usus, kanker paru, dan kanker perut.

Sel kanker tidak akan bisa berkembang ketika kamu rutin donor darah karena tubuh akan meningkatkan kapasitas antioksidan.

6. Menyehatkan Ginjal

manfaat donor darah
hellosehat.com

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting. Fungsi ginjal adalah membantu tubuh dalam menyaring material asing melalui urin. Namun, fungsi utamanya tetaplah mengurangi kelebihan air di dalam tubuh.

Ketika kamu rutin mendonorkan darah, maka ginjal pun akan menjadi sehat. Selain itu, kinerjanya semakin baik sehingga tubuhmu akan bersih dari material asing yang membahayakan.

7. Deteksi Penyakit

Bagi yang belum pernah donor, kamu harus tahu kalau sebelum mendonorkan darah, kamu akan diperiksa terlebih dahulu. Sebab, ada beberapa kriteria yang boleh donor darah dan tidak boleh.

Biasanya, orang yang tidak boleh donor memiliki penyakit yang cukup mengkhawatirkan. Jadi, saat kamu diizinkan donor, maka kamu harus berbahagia karena itu artinya kamu dalam keadaan sehat daan baik-baik saja.

0 Comment