Jangan Terburu Panik, Benjolan di Payudara Belum Tentu Indikasi Kanker

26 November 2018, pada 09:00
1
0
Jangan Terburu Panik, Benjolan di Payudara Belum Tentu Indikasi Kanker

Kanker payudara termasuk momok menyeramkan yang paling ditakuti para wanita. Penyakit ini umumnya disebabkan oleh sel dalam payudara yang tumbuh secara tidak normal.

Salah satu tanda yang biasanya muncul adalah adanya benjolan atau daging tumbuh. Eits, tapi jangan panik dulu!

Ternyata banyak penyebab benjolan pada payudara yang bukan kanker.

Menurut spesialis bedah onkologi, Dr. Sonar Sonny Panigoro, SpB.Onk, bahkan 80 persen benjolan pada payudara bukanlah kanker.

ilustrasi perempuan memeriksa benjolan payudara
keckmedicine.org

Pada banyak kasus, benjolan pada payudara disebabkan oleh kelainan hormonal, infeksi pada ibu yang menyusui, trauma, kista, atau tumor jinak yang umumnya tidak berbahaya.

Meski tak semua benjolan menandakan kanker, penting untuk selalu waspada dan mengetahui perbedaan benjolan yang memerlukan penanganan dan tidak.

Baca juga: Pria Juga Bisa Kena Kanker Payudara Loh, Berikut 5 Gejalanya!

Sebab, penyebab pasti kanker payudara belum diketahui dan masih sulit untuk dicegah. Hanya saja, risiko tinggi terkena penyakit ini biasanya menghampiri orang yang memiliki garis keturunan pernah terkena kanker sebelumnya.

breast cancer awareness
rockymountainwomenshealthcenter.com

Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat, penggunaan pil kontrasepsi dalam waktu yang lama, dan kurang olahraga juga menambah risiko terkena kanker payudara.

Nah, benjolan yang bersifat kanker umumnya akan menimbulkan gejala sebagai berikut:

  • Payudara mengalami perubahan ukuran, bentuk, dan terdapat area yang mengalami penebalan kulit
  • Puting susu tertarik ke bagian dalam, mengeluarkan cairan, atau terasa nyeri
  • Muncul bintik-bintik merah di sekitar puting seperti eksim
  • Muncul benjolan di daerah ketiak

ilustrasi perempuan memeriksakan payudara ke dokter
malaymail.com

Apabila kamu menemukan benjolan yang disertai dengan gejala tersebut, sebaiknya segeralah pergi ke dokter untuk diperiksa secara lebih lanjut.

Agar terdeteksi sejak awal, mulailah untuk melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) secara rutin. Sehingga ketika muncul benjolan atau perubahan pada payudara, kamu akan segera mengetahuinya.

Selain itu, sebagai langkah pencegahan, jangan pernah bosan untuk menjalankan pola hidup sehat. Cara mudahnya adalah dengan menjaga nutrisi yang dimakan, rajin berolahraga, serta menghindari kebiasaan sepele penyebab kanker payudara seperti begadang, merokok ,dan minuman alkohol.

0 Komentar