Jangan Tertipu Keindahannya, 5 Tanaman Hias Ini Ternyata Bisa Mengancam Nyawa!

01 October 2019, at 10:00
0
0
Jangan Tertipu Keindahannya, 5 Tanaman Hias Ini Ternyata Bisa Mengancam Nyawa!

Memiliki rumah yang asri dengan berbagai tanaman hias di dalamnya tentu saja menyenangkan. Selain membuat hunian lebih berwarna, bunga atau tanaman hias memang membuat udara lebih bersih dan menyehatkan.

Akan tetapi, pemilihan tanaman hias yang cantik belum tentu menjamin keamanan. Beberapa diantaranya bahkan memiliki racun yang apabila nggak sengaja dikonsumsi oleh anak atau hewan peliharaan bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut ini beberapa tanaman hias yang sebaiknya kamu hindari karena mengandung racun di dalamnya.

1. Kuping Gajah

kuping gajah
instagram.com/craigmilran

Kuping gajah merupakan salah satu tanaman hias yang ternyata mengandung racun di dalamya. Meskipun warna dan bentuknya memang cantik dan bisa menjadi andalan dekorasi rumah, namun sebaiknya dijauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan ya!

Pasalnya, kuping gajah dapat menyebabkan pembengkakan dinding saluran pernapasan, lidah, dan mulut apabila tertelan. Selain itu, menggosokkannya pada kulit dapat membuatmu gatal-gatal.

2. Peace Lili

lili
instagram.com/luxus.mekare

Selain kuping gajah, kamu juga sebaiknya menghindari bunga peace lili atau lili perdamaian sebagai tanaman hias di rumah. Warnanya yang putih memberikan nuansa elegan sehingga disukai oleh banyak orang.

Akan tetapi, tanaman hias cantik tersebut ternyata berbahaya bagi hewan peliharaan lho. Menurut penelitian yang dilakukan oleh US Food and Drug Administration, bunga peace lili bisa membuat kucing atau anjingmu mengalami sakit perut, gagal ginjal, hingga kematian apabila menjilatnya.

3. Sirih Gading

sirih gading
instagram.com/idrinkandigrowthings

Siapa sih yang nggak tahu tanaman hias satu ini? Manfaatnya untuk membuat udara menjadi lebih bersih dan bentuknya yang indah memang membuat banyak orang tertarik memeliharanya.

Namun kamu harus berhati-hati, pasalnya sirih gading bisa menyebabkan muntah-muntah, bengkak, dan alergi apabila tertelan oleh anak atau hewan peliharaan.

Baca Juga: Berkebun, Hobi Sederhana yang Bisa Buat Siapapun Panjang Umur

4. Sri Rejeki

sri rejeki
instagram.com/rizkasari

Tanaman hias yang satu memang sering ditemukan pada daerah-daerah tropis. Cantik, memiliki banyak warna yang menarik, dan mudah ditanam merupakan beberapa hal yang membuat orang memeliharanya.

Namun sayangnya, getah sri rejeki mengandung kristal kalsium oksalat berbentuk jarum yang disebut raphides. Apabila tertelan, hal tersebut dapat menyebabkan iritasi mulut, pembengkakan lokal, dan mati rasa.

5. Foxglove

foxglove
instagram.com/littlefarmhouseflowers

Foxglove merupakan salah satu jenis tanaman hias yang cantik dan unik. Bentuknya yang seperti lonceng dan warnanya yang cerah seringkali menarik perhatian anak-anak, lho.

Padahal, tanaman hias ini mengandung glikosida yang menyebabkan keracunan seperti muntah, mual, diare, sakit perut, sakit kepala, bahkan halusinasi apabila tertelan. Menakutkan ya?

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tanaman hias yang sebaiknya kamu hindari. Kalau memang tetap ingin menyimpannya, jauhkan dari anak-anak dan hewan peliharaan ya!

0 Comment