Jarak Usia Anak Pertama dan Kedua Cukup Jauh? Ini Keuntungan Nggak Terduga yang Bisa Didapat

22 August 2019, at 10:00
0
0
Jarak Usia Anak Pertama dan Kedua Cukup Jauh? Ini Keuntungan Nggak Terduga yang Bisa Didapat

Dalam setiap pernikahan, kehadiran buah hati merupakan anugerah dan pelengkap kebahagiaan. Akan tetapi jarak usia anak yang terlelu berdekatan biasanya akan menimbulkan banyak kesulitan bagi orang tua.

Oleh sebab itu, perencanaan kehamilan dan penggunaan alat kontrasepsi merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mengatur jarak usia pada anak.

Selain memudahkan orang tua dalam hal pengasuhan, berikut ini keuntungan nggak terduga yang akan didapatkan apabila anak memiliki jarak usia yang cukup jauh.

1. Orang Tua Lebih Fokus

ayah dan anak
goodhousekeeping.com

Salah satu keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebagai orang tua saat jarak usia antar buah hati cukup jauh adalah bisa lebih fokus pada perkembangan masing-masing.

Orang tua bisa membagi waktu dengan lebih pas dan seimbang untuk si kakak atau adik. Begitu pun perlakuan dan perhatian yang diberikan, meskipun berbeda-beda namun lebih bisa adil dan sesuai dengan kebutuhan buah hati.

2. Kakak Belajar Menjadi Teladan

saudara
rd.com

Selain itu, usia yang terpaut cukup jauh antara anak pertama dan adiknya akan membuat si kakak belajar lebih mandiri dan menjadi teladan.

Meskipun si kakak sering mengeluh tentang tugasnya yang harus menjaga adik, akan tetapi hal tersebut merupakan proses yang pada akhirnya membuat buah hati banyak belajar.

Secara nggak langsung, hal tersebut juga akan menumbuhkan sikap pemberani dan naluri untuk melindungi dalam diri si sulung lho.

3. Adik Memiliki Figur yang Diandalkan

kakak dan adik
safesitter.org

Selain orang tua dan kakak, adik juga bisa mendapatkan keuntungan dari jarak usianya yang terpaut cukup jauh dengan sang kakak.

Kondisi tersebut membuat adik memiliki figur yang bisa menjadi acuan dan dapat diandalkan. Bagi si kecil, kakak adalah sosok yang memberinya banyak pengetahuan, menasehatinya saat salah, melindunginya, serta berperan sebagai orang tua kedua.

Baca Juga: Orangtua Muda Wajib Tahu, 5 Nilai Ini Harus Mulai Diajarkan pada Anak Sejak Usia 5 Tahun

4. Keduanya Bisa Menjadi Sahabat

kakak adik bersahabat
stock.adobe.com

Pada umumnya, adik dan kakak akan sering bertengkar tentang banyak hal termasuk saat berebut mainan atau perhatian orang tua.

Akan tetapi, jarak usia yang jauh membuat mereka lebih mudah untuk belajar memahami, saling memaafkan, dan menjadi sahabat baik.

Meskipun nggak ditunjukkan, kakak dan adik sebenarnya saling menyayangi satu sama lain dan memiliki ikatan yang kuat lho!

5. Pengaturan Keuangan Lebih Baik

pengaturan keuangan
pexels.com/@rawpixel

Nggak hanya tentang perkembangan buah hati, jarak usia yang cukup jauh antar anak juga membuat orang tua bisa melakukan pengaturan keuangan dengan lebih baik.

Bagaimana pun, memiliki buah hati harus disertai dengan perencanaan keuangan yang matang. Saat sudah terbiasa mengurus keperluan anak pertama, orang tua nggak akan kesulitan saat menyiapkan dana untuk anak kedua.

Wah, ternyata cukup banyak sisi positifnya ya Sobat Qupas. Oleh sebab itu, merencanakan jarak usia anak dengan matang merupakan hal yang penting.

0 Comment