Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Memiliki Hobi Sejak Dini untuk Buah Hati

27 November 2019, at 20:00
0
0
Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Memiliki Hobi Sejak Dini untuk Buah Hati

Beberapa orang tua mungkin menganggap bahwa hobi si buah hati merupakan sesuatu yang nggak seberapa penting. Mereka takut kalau memiliki hobi sejak dini akan menghambat potensi akademik si kecil, padahal nggak demikian lho.

Memiliki hobi sejak dini merupakan hal yang baik untuk anak-anak. Bahkan, berbagai riset telah membuktikan bahwa hal tersebut dapat membantu perkembangan buah hati.

Lantas, apa saja sih manfaat memiliki hobi sejak dini untuk anak-anak? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

hobi anak
fthinking.org

Manfaat memiliki hobi untuk anak-anak yang pertama adalah membantu meningkatkan rasa percaya diri. Hal tersebut telah diungkapkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Canadian Institute of Advance Research.

Proses mendalami dan mempelajari hobi ternyata bisa mengeluarkan rasa percaya diri yang terpendam dalam diri si kecil.

2. Mengatasi Stres Pada Buah Hati

manfaat hobi untuk anak
editorialdismes.com

Tahu nggak sih, melakukan hobi nggak hanya menyenangkan bagi orang dewasa namun juga anak-anak. Sehingga, kegiatan tersebut pun memiliki dampak yang sama yaitu mampu mengatasi stres.

Penelitian yang dilakukan oleh American Psychological Association menemukan bahwa hobi mampu mengurangi dan mengatasi stres. Meskipun anak-anak atau balita mungkin belum paham tentang hal ini, namun kegiatan menyenangkan tersebut bisa membantu menyehatkan mentalnya.

3. Anak Jadi Lebih Mudah Bersosialisasi

anak melakukan hobi
123rf.com

Sebuah penelitian juga dilakukan oleh Nasional Center for Biotechnology Information yang menyatakan bahwa hobi bisa membuat anak lebih mudah bersosialisasi.

Oleh sebab itu, orang tua sebaiknya mendukung hobi buah hati dengan memasukkannya ke grup atau komunitas anak yang sesuai.

Baca Juga: Sederhana Tapi Dampaknya Luar Biasa, Ini Manfaat Bermain Bola untuk Anak Usia Dini

4. Meningkatkan Fokus dan Atensi

anak memiliki hobi
farbundform.ch

Selain itu, anak yang memiliki hobi ternyata juga lebih mudah meningkatkan fokus serta atensi lho. Hal tersebut tertera pada Journal of Occupational and Organizational Psychology.

Nggak hanya itu, anak-anak atau balita yang menekuni hobi juga biasanya lebih kreatif dan mampu menyelesaikan masalah dengan baik.

5. Menciptakan Growth Mindset

hobi anak anak
kids.lovetoknow.com

Growth mindset merupakan sebuah pola pikir yang diciptakan oleh Profesor Carol Dweck. Pola pikir ini melihat proses pembelajaran sebagai sesuatu yang menyenangkan dan membuat otak selalu ingin belajar tentang hal baru.

Menekuni hobi ternyata bisa membuat buah hati memiliki pola pikir yang dapat mendukung kesuksesan mereka di masa depan.

Wah, ternyata hobi nggak akan merusak masa depan anak kok Sobat Qupas. Apabila diarahkan dan didukung dengan baik, kegiatan tersebut justru bisa membuat si kecil mendapatkan banyak manfaat di atas.

0 Comment