Jarang Diketahui, Ini Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Termasuk Mengatasi Depresi

18 September 2019, at 10:00
0
0
Jarang Diketahui, Ini Manfaat Jagung Bagi Kesehatan Termasuk Mengatasi Depresi

Dikenal sebagai sumber karbohidrat pengganti nasi, jagung memang kaya akan nutrisi. Selain itu, rasanya yang enak dan mudah diolah menjadi berbagai masakan membuat makanan yang satu ini banyak digemari.

Meskipun demikian, ternyata manfaat jagung bagi kesehatan masih jarang diketahui. Kandungan karbohidrat, protein, serat, mineral, antioksidan, dan sejumlah vitamin di dalamnya sangat baik bagi tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat jagung bagi kesehatan yang perlu kamu ketahui, termasuk melawan kanker dan depresi lho!

1. Baik untuk Pencernaan

manfaat jagung baik untuk pencernaan
videoblocks.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, jagung memiliki kandungan serat larut dan nggak larut yang cukup tinggi. Kondisi itu membuat makanan tersebut dapat membantu memperlancar buang air besar dan mencegah sembelit.

Nggak hanya itu, kandungan serta di dalamnya ternyata juga bisa membantu membloklir penyerapan kolesterol jahat lho.

2. Mengatasi Anemia

manfaat jagung mengatasi anemia
baomoi.com

Mengonsumsi jagung secara rutin juga diklaim dapat menjadi alternatif untuk mengatasi anemia. Pasalnya, makanan tersebut mengandung vitamin B12 dan asam folat yang dapat mencegah penurunan sel darah merah.

Jagung juga merupakan sumber zat besi yang baik sehingga dapat membantu pembentukan sel darah merah baru.

3. Melawan Kanker

manfaat jagung
istockphoto.com/

Manfaat jagung selanjutnya adalah melawan kanker. Hal tersebut diungkapkan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Kandungan antioksidan dalamnya mampu melawan radikal bebas penyebab kanker. Nggak hanya itu, asam ferulat pada jagung juga terbukti ampuh dalam melawan tumor yang menyebabkan kanker payudara dan hati.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Bawang Putih, dari Mengobati Sakit Gigi Hingga Mencegah Kanker

4. Aman bagi Penderita Diabetes

manfaat jagung bagi penderita diabetes
shutterstock.com

Meskipun kandungan gula dalam jagung termasuk tinggi, akan tetapi ternyata buah ini aman bagi penderita diabetes. Indeks glikemik yang rendah membuat makanan ini dapat mengontrol kadar gula darah.

Oleh sebab itu, jagung menjadi sumber karbohidrat yang tepat bagi penderita penyakit gula ini.

5. Mengatasi Depresi

manfaat jagung mengatasi depresi
mystylenews.com

Dilansir dari alodokter.com, mengonsumsi jagung secara rutin diklaim dapat mengatasi depresi lho. Meskipun belum ada penelitian spesifik tentang hal ini, akan tetapi sebuah studi menunjukkan bahwa nutrisi yang baik berkaitan dengan kesehatan mental seseorang.

Jagung merupakan salah satu makanan yang memiliki fungsi tersebut. Termasuk kelompok padi-padian utuh, jagung mengandung karbohidrat kompleks, asam lemak omega 3, dan vitamin B yang dibutuhkan otak.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

manfaat jagung bagi jantung
medicalnewstoday.com

Manfaat jagung lainnya yang perlu kamu ketahui adalah membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai kandungan nutrisi di dalamnya.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menerapkan pola makan yang tinggi serat, protein, dan menghindati lemak jahat merupakan salah satu cara untuk terhindar dari penyakit jantung.

Baca Juga: Jangan Asal Tepuk! Begini Pertolongan Pertama pada Penderita Serangan Jantung yang Benar

7. Baik untuk Tulang

tulang sehat
hellosehat.com

Kandungan mineral seperti zat besi, fosfor, dan magnesium yang kaya dalam jagung sangat dibutuhkan dan baik bagi kesehatan tulang.

Terpenuhinya kebutuhan zat-zat tersebut dalam tubuh dapat mencegah berbagai masalah kesehatan pada tulang.

8. Baik untuk Mata

baik untuk mata
klikdokter.com

Selaing mengonsumsi wortel, kamu juga bisa memanfaatkan jagung untuk menjaga kesehatan mata lho. Hal tersebut karena jagung mengandung antioksidan berupa karetenid seperti zeaxanthin dan lutein.

Keduanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mata karena berperan sebagai penangkal efek kerusakan sel mata sehingga diklaim bisa mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Wah, ternyata jagung punya banyak manfaat yang nggak terduga bagi kesehatan ya Sobat Qupas. Siapa nih yang suka sama makanan ini?

0 Comment