Qupas Healthy

Jarang Diketahui, Memasak Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Mental

15 January 2020, at 08:00
Jarang Diketahui, Memasak Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Mental

Memasak mungkin menjadi hobi atau kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Akan tetapi, nggak sedikit juga lho yang malas melakukan hal tersebut.

Padahal, memasak ternyata punya banyak manfaat yang jarang diketahui lho. Bahkan, beberapa klinik kesehatan mental di Amerika sudah menjadikannya sebagai terapi yang sering disebuut sebagai therapeutic cooking.

Penasaran, kan? Yuk simak ulasan Qupas tentang manfaat memasak untuk kesehatan mental berikut ini!

1. Menghilangkan Stres

manfaat memasak
mydomaine.com

Membayangkan persiapan memasak yang melibatkan banyak hal, termasuk bumbu dapur dan alat-alatnya, sering kali membuat seseorang malas. Padahal, aktivitas positif ini bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal memusingkan dan menghilangkan stres lho.

Menurut psikolog dari Northwestern University Feinberg School of Medicine, memasak dapat membuat seseorang mendapatkan hasil nyata dari usahanya. Aroma dan hasil masakan yang enak bisa menjadi reward dan memberikan perasaan bahagia.

2. Mengatasi Gangguan ADHD dan Kecemasan

mengatasi gangguan kecemasan
thescienceofpsychotherapy.com

Sebuah penelitian dari University of Otago di New Zealand mengungkapkan bahwa memasak dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh. Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Positive Psychology ini mengulas catatan harian 658 mahasiswa serta keadaan emosionalnya.

Hasilnya, mahasiswa yang sering memasak memiliki antusiasme dan pertumbuhan pribadi yang lebih baik. Selain itu, penelitian lain juga membuktikan bahwa kegiatan tersebut bisa mengatasi gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan kecemasan.

3. Meningkatkan Kreativitas

memasak
hiplatina.com

Secara nggak langsung, aktivitas memasak ternyata dapat membuat seseorang menjadi lebih kreatif. Hal tersebut diungkapkan oleh Debbie Mandel dalam bukunya yang berjudul Addicted to Stress.

Memasak bisa mengaktifkan kembali panca indra yang mati akibat stres. Aroma, rasa, suara, sentuhan, dan lain sebagainya yang terjadi saat melakukan aktivitas positif tersebut dapat merangsang seluruh indra tubuh.

Mengolah bahan-bahan dan membuat resep baru merupakan hal yang menantang dan menyenangkan serta meningkatkan kreatifitas seseorang.

Baca juga: Tanda-Tanda Mentalmu Tidak Sehat, Segera ke Psikolog Sebelum Terlambat!

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

memasak untuk kesehatan mental
istockphoto.com

Memasak juga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2018 pada pasien therapeutic cooking menunjukkan bahwa hal tersebut dapat mengembangkan kemampuan sosial dan rasa percaya diri.

Memasak untuk orang lain dan makan bersamanya akan memberikan efek positif bagi kesehatan mental.

5. Menjaga Kesehatan Otak

manfaat memasak untuk kesehatan
brainmd.com

Menjaga kesehatan otak juga merupakan salah satu manfaat memasak bagi kesehatan. Para pakar menyebutkan bahwa nutrisi yang baik merupakan aspek dasar untuk hal tersebut.

Memasak dapat membuat seseotang menjadi lebih peduli terhadap apa yang dikonsumsi. Maka dari itu, kegiatan tersebut sangat baik untuk mendukung kesehatan otak dan mental seseorang.

Wah, ternyata memasak punya banyak manfaat untuk kesehatan mental ya Sobat Qupas. Jadi jangan malas-malas ya!