Jarang Diketahui, Terlalu Banyak Mengonsumsi Gluten Ternyata Nggak Baik untuk Kesehatan

16 November 2019, at 17:00
0
0
Jarang Diketahui, Terlalu Banyak Mengonsumsi Gluten Ternyata Nggak Baik untuk Kesehatan

Dilansir dari Live Science, gluten merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung dalam biji-bijian seperti gandum. Meskipun sehat, namun komponen tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan terutama pada penderita celiac.

Pasalnya, gluten memiliki kandungan peptida yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi padamu apabila terlalu banyak mengonsumsi gluten.

1. Gangguan Pencernaan dan Lambung

bahaya gluten
risuusam.ru

Pada penderita celiac, sistem kekebalan tubuh akan salah mengenali gluten sebaga zat asing sehingga menyerangnya dan menyebabkan gangguan pada pencernaan serta lambung. Hal tersebut bahkan bisa membuatmu mengalami radang usus lho.

Kondisi tersebut nggak hanya terjadi pada penderita celiac dan intoransi gluten saja. Peradangan akibat gandum juga bisa menyerang siapa saja karena adanya amylase tripsin inhibitor yang dapat memicu inflamasi dengan merangsang sel-sel imun.

2. Kekurangan Gizi

gluten
ligastrohealth.com

Selain mengalami gangguan pencernaan dan lambung, terlalu banyak mengonsumsi gluten ternyata juga dapat menyebabkan kekurangan gizi.

Pasalnya, gluten membuat tubuhmu nggak mendapatkan nutrisi yang cukup dan menyebabkan beberapa fungsi organ menjadi nggak maksimal.

3. Infeksi Tenggorokan

bahaya mengonsumsi gluten
nearsay.com

Meskipun terkesan biasa saja, akan tetapi kandungan dalam gluten ternyata dapat menyebabkan infeksi tenggorokan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Kondisi ini akan membuatmu kesulitan dalam hal mengonsumsi atau menelan makanan akibat infeksi.

Baca Juga: Cara Mengobati Radang Tenggorokan yang Sering Datang Saat Musim Pancaroba

4. Alergi

konsumsi gluten berlebih
lybrate.com

Beberapa orang memang sebaiknya menghindari makanan yang memiliki kandungan gluten tinggi karena dapat menyebabkan alergi.

Hal tersebut terjadi karena senyawa peptida di dalamnya ternyata mampu membuat tubuh menyerap kandungan lain pada gluten.

5. Sesak Napas

dampak terlalu banyak gluten
hellosehat.com

Menurut beberapa pakar, mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten tinggi juga dapat menyebabkan sesak napas.

Maka dari itu, bagi kamu yang menderita penyakit asma sebaiknya mengurangi aku menghindarinya untuk terhindar dari risiko tersebut.

Sebenarnya bagi orang-orang yang nggak memiliki penyakit celiac dan intoleransi gluten, zat tersebut baik bagi tubuh apabila dikonsumsi secara tepat. Meskipun demikian, ada baiknya Sobat Qupas nggak mengonsumsinya secara berlebihan ya!

0 Comment