Qupas Beauty

Jarang Diketahui, Ternyata Ini 5 Penyebab Kulit Wajah Bermasalah Meski Cuma di Rumah Aja

01 July 2020, at 06:02
Jarang Diketahui, Ternyata Ini 5 Penyebab Kulit Wajah Bermasalah Meski Cuma di Rumah Aja

Ketika pandemi mulai menghebohkan dunia, berbagai aktivitas jadi serba terbatas. Bila beberapa negara menerapkan lockdown, Indonesia sendiri mempunyai kebijakan PSBB, menutup sekolah, dan banyak perusahaan yang memberlakukan work from home (WFH).

Kamu mungkin jadi salah satu orang yang berharap bisa mendapatkan kulit glowing karena bakal jarang keluar rumah dan nggak terlalu bersentuhan dengan polusi. Tapi nyatanya, jerawat dan masalah di wajah lainnya justru bermunculan. Ya nggak?

Bahkan dikutip dari vice.com, dari riset yang dilakukan di Inggris, sebanyak 29% responden yang terjebak lockdown justru mengaku mengalami peningkatan kemunculan jerawat dan komedo. Sedangkan 14% lainnya merasakan kulit yang lebih berminyak. Hmm, kira-kira kenapa bisa begini ya?

Daripada penasaran, yuk simak 5 penyebab kulit wajah bermasalah meski cuma di rumah aja berikut ini!

1. Level stres meningkat

Stres Jadi Penyebab Kulit Wajah Bermasalah (Foto: pexels.com/@daria)
pexels.com/@daria

Meski pandemi membuat orang-orang punya lebih banyak waktu di rumah dan menerapkan gaya hidup sehat seperti rajin berolahraga, tapi di saat yang sama, kondisi sekarang ini juga memicu level stres untuk meningkat.

Dilansir dari vice.com, sebanyak 81% penduduk Inggris mengalami peningkatan stres akibat lockdown. Kondisi ini kemudian akan mengacaukan sistem imun.

Nah, perubahan imun inilah jadi salah satu penyebab kulit wajah bermasalah.

2. Comfort food jadi pelarian

Makanan Jadi Penyebab Wajah Kusam dan Berminyak (Foto: pexels.com/@cottonbro)
pexels.com/@cottonbro

Kalau sudah stres, biasanya orang-orang akan lari ke comfort food. Ya nggak?

Asupan makanan yang kurang terkontrol tentu bisa memicu berbagai masalah di wajah. Nah, sebisa mungkin batasi konsumsi junk food, makanan manis, dan olahan susu ya supaya kulitmu tetap sehat.

Baca juga: 6 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari, Jangan Salahin Hormon Terus

3. Coba-coba skincare

Gonta-ganti Skincare Jadi Penyebab Kulit Wajah Bermasalah (Foto: instagram.com/sokoglam)
instagram.com/sokoglam

Pandemi telah membentuk tren kecantikan baru. Pasalnya, para beauty enthusiast yang jarang keluar rumah jadi lebih rajin merawat kulit daripada memoles wajah dengan makeup.

Sayangnya, tren ini nggak selamanya baik. Karena banyak yang suka coba-coba skincare baru. Hmm, kamu juga?

Kebiasaan coba-coba skincare inilah yang terkadang menjadi boomerang. Kalau kurang hati-hati, bahan aktif dalam produk perawatan justru bisa memicu iritasi ataupun jerawat.

4. IAP

IAP Jadi Penyebab Wajah Kusam dan Gelap (Foto: pexels.com/@daria)
pexels.com/@daria

Kamu mungkin berpikir, jarang keluar rumah sama dengan memiliki sedikit kontak dengan polusi udara di luar. Tapi yang sering dilupa, ada pula IAP (Indoor Air Pollution) lho.

Indoor Air Pollution adalah polusi udara dalam ruangan yang biasanya terbentuk setelah kamu memasak ataupun memanaskan sesuatu. Efeknya bagi kulit pun nggak kalah berbahaya dari polusi di luar rumah.

Salah satunya, IAP bisa bikin skin barrier melemah, kulit jadi kering, hingga mengalami iritasi.

5. Lupa pakai sunscreen

Penyebab Kulit Wajah Bermasalah (Foto: instagram.com/innisfreeofficial)
instagram.com/innisfreeofficial

Nggak bisa dipungkiri, masih banyak yang melupakan pemakaian sunscreen ketika cuma di rumah aja. Padahal, sinar UV tetap bisa masuk ke dalam ruangan dan merusak kulitmu lho.

Inilah salah satu penyebab kulit kusam dan gelap saat di rumah aja. Sederet skincare yang kamu pakai seperti serum, pelembap, hingga clay mask, jadi nggak ada gunanya kalau tetap melupakan penggunaan suncreen.

Nah, itulah beberapa penyebab kulit bermasalah meski kamu jarang keluar rumah. Nggak nyangka kan?