Jarang Disadari, 5 Hal yang Biasa Terjadi pada Tubuhmu Ini Termasuk Gejala Anemia Lho

01 September 2019, at 17:00
0
0
Jarang Disadari, 5 Hal yang Biasa Terjadi pada Tubuhmu Ini Termasuk Gejala Anemia Lho

Anemia merupakan masalah kesehatan yaitu kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh. Padahal, sel darah merah memiliki peranan penting yaitu mengedarkan oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh.

Kondisi tersebut membuat tubuh akan mengandung lebih banyak karbon dioksida yang menyebabkan berbagai masalah. Meskipun demikian, beberapa orang mungkin nggak sadar bahwa ia telah terserang anemia karena tandanya yang mirip dengan kelelahan biasa.

Berikut ini beberapa hal yang seringkali dianggap biasa, akan tetapi ternyata merupakan gejala anemia.

1. Selalu Lelah

selalu lelah
collegecandy.com

Salah satu gejala anemia yang paling umum adalah merasa selalu kelelahan. Meskipun sudah tidur dengan cukup, kamu akan tetap merasa ingin beristirahat.

Hal tersebut dipengaruhi oleh oksigen yang kurang atau nggak beredar secara maksimal ke seluruh organ sehingga tubuh bekerja lebih keran untuk menghasilkan energi yang cukup.

2. Kulit Pucat

kulit pucat
klikdokter.com

Menurut US Library of Medicine, apabila tubuh nggak memiliki sel darah merah sehat dalam jumlah yang cukup maka kulit akan terlihat lebih pucat.

Minimnya zat besi dan vitamin B12 membuat kulit nggak meneriman pasokan darah yang cukup.

3. Nggak Mudah Konsentrasi

nggak mudah konsentrasi
halloindo.com

Seluruh organ membutuhkan asupan oksigen yang cukup, termasuk otak. Itulah mengapa seseorang yang mengalami anemia biasanya sangat sulit untuk berkonsentrasi.

Pasalnya, kadar oksigen yang minim dalam tubuh dan otak membuat seseorang nggak bisa berpikir dengan baik.

Baca Juga: 6 Kegiatan Nggak Terduga Ini Ternyata Bisa Mencerdaskan Otakmu

4. Denyut Jantung Nggak Teratur

denyut jantung
doktersehat.com

Sama seperti alasan mengapa tubuh terasa selalu lelah saat terkena anemia, denyut jantung pun lebih nggak teratur karena hemoglobin yang rendah membuat organ tersebut bekerja lebih keras.

Jantung akan memompa darah lebih keras daripada biasanya dan membuat detaknya menjadi nggak teratur. Hal ini juga membuat penderita biasanya merasa pusing dan kehabisan napas,

5. Sering Ingin Mengunyah Es Batu

es batu
1health.id

Mungkin ini adalah gejala anemia yang cukup aneh, akan tetapi masalah kesehatan ini memang membuat penderitanya cenderung ingin mengonsumsi sesuatu yang nggak bergizi seperti es batu.

Uniknya, para peneliti belum mengatahui secara pasti mengapa hal tersebut bisa terjadi.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa gejala anemia yang perlu kamu ketahui. Jadi, kamu sudah merasakan yang mana saja nih? Segera pergi ke dokter untuk memeriksakan diri ya!

0 Comment