Jatuh Cinta dengan Sahabat Bikin Canggung? Begini Cara Mengatasinya

13 December 2018, pada 01:00
2
0
Jatuh Cinta dengan Sahabat Bikin Canggung? Begini Cara Mengatasinya

Jatuh cinta itu seperti hujan. Airnya jatuh tanpa memilih, di mana saja. Kamu tidak akan pernah tahu kapan kamu akan jatuh cinta, kepada siapa dan bagaimana.

Dari begitu banyak orang di dunia ini, kamu bisa saja jatuh cinta pada pandangan pertama dengan orang dari belahan bumi terjauh sekalipun. Atau kamu bisa saja tiba-tiba memiliki perasaan itu kepada orang yang sudah lama kamu kenal dan sangat dekat denganmu. Ajaib, ya?

Entah bagaimana cara cinta itu muncul, kamu tidak bisa memilih. Lalu bagaimana jika kamu jatuh cinta pada sahabat sendiri? Orang dekat yang kamu sayang dan sering kamu jadikan tempat curhat.

Wah, pasti akan canggung, ya? Kamu bisa menggunakan cara-cara ini untuk mengatasinya!

1. Jangan Langsung Mengungkapkan Perasaan

jangan lansung mengungkapkan perasaan
pexels.com

Kamu mulai merasakan sesuatu yang bergejolak dan berbeda padanya? Eits, jangan langsung mengungkapkan perasaan itu. Kamu harus menunggu sampai benar-benar yakin bahwa itu adalah cinta.

Banyak orang yang tidak bisa membedakan perasaan cinta, sayang sebagai sahabat atau rasa nyaman dan aman karena sudah terlalu lama bersama.

jangan buru-buru menyatakan
pexels.com

Perasaan ini harus benar-benar kamu telusuri. Kamu harus yakin jika ini benar-benar cinta sebelum mengungkapkannya, jangan sampai kamu salah, ya!

Nah, yang bisa mengetahui bagaimana perasaanmu sesungguhnya ini hanya hatimu sendiri, jadi jujur lah kepada hati, oke?

2. Jangan Biarkan Orang Lain Tahu

jangan biarkan orang lain tahu
pexels.com

Jatuh cinta memang sulit untuk disembunnyikan! Kamu akan diaduk-aduk oleh berbagai perasaan yang tercampur menjadi satu.

Sebagian dari kamu mungkin sulit untuk tidak menceritakan hal tersebut kepada orang lain. Tetapi kalau kamu jatuh cinta dengan sahabatmu, bagaimana dong?

menulis diary
pexels.com

Jangan pernah bercerita dengan orang lain, meskipun itu sahabat yang lain. Hal ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebocoran rahasia. Bisa gawat jika sahabatmu tahu kalau kamu mencintainya dari orang lain, kan?

Lebih baik kamu mencurahkannya kepada buku harianmu saja, ya!

3. Cobalah Beri Kode

cobalah beri kode
pexels.com

Sebelum jujur padanya, kamu harus mengira-ngira terlebih dahulu bagaimana perasaannya padamu. Kamu bisa memberikan kode-kode tersirat padanya.

Hmm, jangan berikan kode yang terlalu sulit, ya! Ada orang-orang yang memang sulit menerima itu atau bahkan tidak suka dengan hal-hal seperti itu.

kode sahabat
pexels.com

Lakukan lah dengan halus, misalnya ajak lah dia untuk menghayalkan masa depan dan masukkan dirimu di dalamnya. Lihat seperti apa reaksinya, dan perhatikan apa yang akan dia bayangkan tentang kalian di masa depan.

Baca Juga: 8 Tanda Ini Hanya Dimiliki Sahabat yang Tulus Menyayangimu, Yakin Sudah Menemukannya?

4. Jujurlah Dengan Perasaan

jujurlah dengan perasaan
pexels.com

Sahabat bisa marah jika kamu menyimpan rahasia darinya. Tetapi kalau hal itu menyangkut perasaanmu, bagaimana ya? Kamu bisa jujur kepadanya. Pilih lah kata-kata yang tepat sesuai dengan karakter sahabatmu.

Jika kalian bersahabat dekat, tentu kamu sudah tahu bagaimana watak dan sifatnya, kan? Sehingga paling tidak kamu bisa mengira-ngira apa yang akan dia katakan atau bagaimana responnya setelah pengakuanmu.

ungkapkan pada sahabat
pexels.com

Kata-kata seperti, “aku sangat mencintaimu” bisa jadi terkesan sangat gamblang dan mungkin saja membuat dia menjauh.

Kamu bisa meggunakan frasa-frasa yang lebih halus seperti mengungkapkan bahwa perasaanmu telah berubah dan menanyakan bagaimana perasaannya.

5. Bersikap Terbuka

bersikap terbuka
pexels.com

Bersikap terbuka dalam hal ini bersangkutan dengan aksi pengungkapan perasaanmu, ya. Sahabatmu pasti akan terkejut mendengar pengakuan yang tiba-tiba seperti itu. Jika dia bingung untuk menjawab, kamu harus bersikap terbuka dan memberinya ruang untuk berpikir.

Kamu juga tidak boleh memaksakan perasaanmu dan memintanya untuk mencintaimu juga karena hal itu justru akan menghancurkan persahabatanmu.

terbuka pada sahabat
pexels.com

Jika dia menolak, tabahkan lah hatimu dan pikirkan bagaimana nasib persahabatan kalian.

Bersikaplah terbuka dan jujur kepada sahabat apabila kamu memang butuh waktu untuk menerima itu. Kalian bisa saling mengungkapkan apa yang harus kalian ungkapkan untuk membuat persahabatan kalian nantinya berjalan normal seperti biasa tanpa ada yang tersakiti.

Kalau ternyata dia juga memiliki perasaan yang sama denganmu, selamat! kalian bisa ke tahap yang lebih lanjut!

persahabatan jadi cinta
pexels.com

Bagaimana? Kamu bisa melakukan 5 hal di atas untuk mengatasi rasa tidak nyamanmu akibat memendam rasa cinta pada sahabat sendiri. Selalu tanamkan pada dirimu, bahwa kamu berhak mencintai siapa pun. Tetapi kamu tidak bisa memaksa orang untuk membalasnya.

Tidak apa-apa jika cintamu tak terbalas, fokuslah pada persahabatan kalian. Kalau kamu memandangnya dari segi positif, kamu bisa tetap berdekatan dengannya meskipun tidak sebagai kekasih, kan?

Tetapi kalau kamu tidak kuat, ambil waktu untuk sendiri dulu sampai kamu bisa menetralisirkan semua perasaan itu. Lalu kembalilah pada sahabatmu karena dia mungkin sedang menunggu. Semangat!

0 Komentar