Qupas Travel

Jelajah 5 Ranu di Lumajang yang Keindahannya Bak Surga Tersembunyi

29 February 2020, at 08:00
 Jelajah 5 Ranu di Lumajang yang Keindahannya Bak Surga Tersembunyi

Ranu Kumbolo pasti sudah nggak asing lagi buat kamu. Terutama para pendaki yang akan muncak ke Gunung Semeru atau kamu yang pernah nonton film "5 cm".

Salah satu wisata di Lumajang yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memang memanjakan mata. Dengan hamparan danau yang sangat luas dan dikelilingi perbukitan, membuat Ranu Kumbolo seolah membawamu ke luar negeri.

Tapi tahu nggak sih, ternyata bukan cuma Ranu Kumbolo yang menarik di Kota Pisang. Sederet wisata ranu di Lumajang ini pun pantang untuk dilewatkan. Intip yuk ulasan di berikut!

1. Ranu Regulo

Ranu Regulo (Foto: instagram.com/bernardusandre)
instagram.com/bernardusandre

Danau seluas 0,75 hektar ini berada di ketinggian sekitar 2.100 mdpl. Nggak heran kalau suhunya bisa mencapai hingga minus 4 derajat celsius.

Ranu Regulo sendiri masih berada di dalam Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Akses untuk menuju danau yang tersembunyi di antara bukit-bukit hijau pun nggak terlalu sulit.

Untuk memasuki Ranu Regulo, kamu perlu menyediakan dana untuk tiket masuk sebesar Rp27.500 saat hari biasa dan Rp32.500 khusus akhir pekan. Tarif tersebut juga termasuk biaya kalau kamu ingin ke wisata Bromo, lho.

2. Ranu Klakah

Ranu Klakah (foto: instagram.com/ahmad_anjarwicaksono)
instagram.com/ahmad_anjarwicaksono

Seperti namanya, ranu di Lumajang ini terletak di Kecamatan Klakah. Terbentuk dari letusan Gunung Lemongan, danau ini membentuk segitiga emas bersama Ranu Pakis dan Ranu Bedali. Letak ketiganya pun berdekatan.

Di danau vulkanik ini, kamu bukan hanya bisa menikmati keindahan danaunya saja. Mencoba berbagai wahana seperti perahu motor hingga becak air juga bisa dilakukan di sini, lho. Untuk bisa masuk ke Ranu Klakah, kamu cuma perlu membayar tiket masuk sekitar Rp3 ribu.

3. Ranu Bedali

Ranu Bedali (Foto: instagram.com/adjeng18)
instagram.com/adjeng18

Wisata ranu di Lumajang ini terletak di Kecamatan Ranuyoso. Letaknya nggak jauh dari pusat Kota Pisang, mungkin sekitar 15 kilometer saja.

Berada di ketinggian sekitar 700 mdpl, Ranu Bedali cocok juga untuk kamu yang ingin camping maupun menikmati alam. Udaranya sejuk dan danau ini dikelilingi perbukitan hijau.

Menariknya, kamu bisa menjelajahi danau dengan tiket masuk senilai Rp5 ribu ini menggunakan sampan. Bahkan kamu juga bisa melihat keindahan Ranu Bedali Lumajang dari atas gardu pandang, lho.

Baca juga: 5 Wisata Pantai di Lumajang yang Pantang Kamu Lewatkan

4. Ranu Pani

Ranu Pani (Foto: instagram.com/sulis14wanto)
instagram.com/sulis14wanto

Bersama Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo, Ranu Pani atau kadang dikenal dengan nama Ranu Pane termasuk dalam segitiga danau dengan keindahan menawan. Letaknya hanya 2 kilometer saja dari Ranu Regulo. Atau kamu hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk menjangkau danau seluas 1 hektar ini.

Tempat wisata di Lumajang ini masih dekat dari pemukiman warga. Di sini juga ada pos pendaftaran pendaki yang ingin naik ke Gunung Semeru, tepatnya di Desa Ranupani.

Liburan ke sini, kamu bisa melihat danau sekaligus penduduk setempat yang sedang memancing maupun melempar jala untuk menangkap ikan. Di sini pun sudah tersedia tempat parkir serta toilet. Menariknya lagi, tiket masuk Ranu Pani gratis.

5. Ranu Pakis

Ranu Pakis (Foto: instagram.com/pinalpin014)
instagram.com/pinalpin014

Berada di Kecamatan Klakah, keindahan Ranu Pakis di Lumajang juga nggak kalah memesona. Danau seluas 112 hektar ini pun dikelilingi perbukitan.

Di sekitar wisata danau alami ini terdapat pemukiman warga dan fasilitas untuk memudahkan para pengunjung. Bahkan camping ground pun juga tersedia.

Nah, itu dia sederet wisata ranu di Lumajang yang nggak kalah eksotis dari Ranu Kumbolo. Sudah pernah mampir di salah satu danau di Jawa Timur di atas?