Jelajah Air Terjun Goa Giri Campuhan, Wisata Bali yang Tersembunyi di Balik Terowongan Kuno

26 August 2019, at 11:00
0
0
Jelajah Air Terjun Goa Giri Campuhan, Wisata Bali yang Tersembunyi di Balik Terowongan Kuno

Air Tejun Goa Giri Campuhan. Pernah dengar? Pasti masih asing buat sebagian besar traveler. Karena memang tempat wisata di Bali ini masih terbilang baru diresmikan sekitar Januari 2019 lalu.

Meski nggak sepopuler pantai-pantai di Bali, tapi nggak ada salahnya juga buat mampir ke air terjun di Bangli ini. Apalagi selain keindahannya, ada 'rahasia' unik dari destinasi ini. Penasaran kan? Langsung aja yuk, scroll ke bawah!

1. Air terjun di Bali yang instagenik

goa giri campuhan
instagram.com/yanwira_

Air terjun ini tingginya memang cuma sekitar 25 meter aja. Aliran airnya mengalir di bebatuan berundak. Nggak heran kalau dari jauh terlihat seperti air terjun bertingkat.

Tempat wisata di Bali ini cocok buat yang hobi foto-foto. Meski alirannya nggak deras, tapi Air Terjun Goa Giri Campuhan tampak eksotis saat difoto.

Ditambah lagi dengan alam sekitar yang masih asri, membuat suasana makin asyik dan bikin betah lama-lama di sana.

2. Tersembunyi di balik peninggalan kolonial Belanda

goa campuhan
instagram.com/doplang_jaya

Air Terjun Goa Giri Campuhan juga memiliki keunikan lain. Kalau biasanya untuk mencapai air terjun kamu harus melewati hutan belantara atau persawahan, kali ini beda. Soalnya kamu perlu melalaui goa.

Uniknya, goa atau terowongan kuno tersebut adalah salah satu peninggalan kolonial Belanda. Panjangnya sekitar 50 meter.

ggc waterfall
instagram.com/agung_yudha__

Sambil menelusuri peninggalan sang penjajah, kamu juga bisa berpose sebentar di sekitarnya. Dijamin fotonya nggak kalah kece.

Setelah melewati terowongan tersebut, keindahan air terjun pun terpampang nyata di hadapanmu. Rasanya seperti baru saja menemukan harta karun.

Baca juga: 8 Wisata di Denpasar Ini Bangkitkan Kecintaanmu pada 'Sejarah'

3. Wisata religi di Bali

air terjun goa giri campuhan
instagram.com/cacaputrisantika

Destinasi di Bali ini pun punya juga digunakan sebagai wisata religi, lho. Soalnya di sini ada Pancaka Tirta.

Menurut info, area tersebut disebut 'Campuhan', yaitu pertemuan dua sungai. Kemudian area ini dipercaya sebagai tempat melukat atau membersihkan diri. Nah, tepat di atas Campuhan ada 5 buah pancoran yang namanya Pancaka Tirta. Itu kenapa destinasi ini sering dijadikan sebagai wisata rohani buat umat Hindu.

4. Cara ke Goa Giri Campuhan

air terjun ggc bali
instagram.com/_ngrmodix

Lokasi Goa Giri Campuhan ini ada di Desa Pekraman Tembuku Kelod, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli. Untuk menuju ke lokasi air terjun, pertama parkirkan kendaraanmu di Pura Masceti Subak Tembuku Kelod atau sebelah timur Lapangan Tembuku.

Dari sini, petualanganmu pun akan dimulai. Kamu bakal menyusuri jalan setapak sejauh 500 meter sebelum menemukan 'warisan' Belanda.

Begitulah gambaran Air Terjun Goa Giri Campuhan yang belakangan ini lagi hype. Bukan cuma cantik, air terjun di Bali ini juga termasuk destinasi yang murah meriah. Soalnya untuk sementara ini kamu cuma perlu menyediakan budget seikhlasnya aja.

0 Comment