Jelajah Curug Ibun Pelangi, Wisata Majalengka Andalan Traveler Zaman Now

31 August 2019, at 15:00
0
0
Jelajah Curug Ibun Pelangi, Wisata Majalengka Andalan Traveler Zaman Now

Curug Ibun Pelangi. Pernah dengar nama objek wisata ini? Mungkin sebagian masih asing, atau sudah lama mengenalnya.

Tempat wisata di Majalengka ini seolah jadi pesaing Cukang Taneuh di Pangandaran. Julukan keduanya pun sama, yaitu Green Canyon atau kadang disebut Grand Canyon.

Nah, buat kamu yang punya rencana liburan ke Majalengka, coba deh mampir ke wisata curug ini. Siapa tahu bakal ketemu hal-hal menarik seperti berikut.

1. Kalau beruntung bakal melihat 'pelangi'

curug embun pelangi majalengka
instagram.com/oktavianur33

Green Canyon ala Majalengka ini sebenarnya adalah suatu kawasan yang terdiri dari gua, sungai, dan air terjun. Namanya Ibun (atau embun) Pelangi karena embun air sungai yang jatuh akan terkena cahaya matahari sehingga muncul fenomena pelangi di sekitar curug.

Konon kehadiran pelangi di sini bisa dilihat dari dua waktu. Pertama pada jam 08.00 sampai 10.00 WIB, sementara yang kedua dari pukul 12.00 sampai 17.00 WIB. Kemunculannya pun bisa dilihat secara kasat mata, lho.

2. Menikmati tebing ala Grand Canyon

curug ibun pelangi
instagram.com/waragan_rahman

Selain bisa menyaksikan fenomena pelangi, kamu juga bakal dimanjakan dengan suguhan goa serta tebing menyerupai Green Canyon atau Cukang Taneuh di Pangandaran, Jawa Barat.

Perlu kamu tahu, air yang mengalir menuju Curug Ibun Pelangi ini berasal dari Sungai Cilogkrang. Sepanjang arus inilah kamu bakal melihat dinding tebing. Katanya area ini terbentuk dari aliran lava yang sudah membeku selama jutaan tahun. Keren ya?

3. Wisata yang cocok buat para petualang

curug ibun pelangi majalengka
instagram.com/ari.budiyanto

Curug Ibun Pelangi cocok buat kamu yang punya jiwa petualang. Apalagi untuk bisa melihat goa serta tebing, kamu harus melalui jalur penurunan yang cukup curam dengan kemiringan sekira 85 derajat.

Belum lagi jalur yang wajib kamu lalui belum terlalu sempurna. Kondisi jalan tanah liat mengharuskan kamu buat selalu hati-hati dalam melangkah. Kamu bisa memanfaatkan batang pohon yang ada di sekeliling. 

Baca juga: Dulu Terkesan Angker, Sekarang Wisata Majalengka Ini Jadi Primadona

4. Cara ke Curug Ibun Pelangi

ibun pelangi
instagram.com/nokas_item

Secara administratif, lokasi Curug Ibun Pelangi ini ada di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura. Dari pusat Kabupaten Majalengka, jaraknya sekitar 19,4 kilometer dengan estimasi waktu tempuh sekira 38 menitan.

Lokasinya berada sebelum Puncak Panyawean. Aksesnya agak sulit diakses oleh kendaraan Roda 4. Apalagi area parkir khusus belum tersedia.

Sementara ini, cuma motor saja yang bisa masuk. Soal parkirnya, ada kebun warga yang disulap jadi tempat menitipkan kendaraan roda 2.

5. Waktu yang tepat liburan ke Ibun Pelangi

curug embun pelangi
instagram.com/novian_altelucav

Waktu tepat liburan ke wisata ini sebaiknya saat musim kemarau atau kondisi cerah. Soalnya saat musim hujan, dikhawatirkan bakal ada air bah.

Diketahui, dulu sekitar Januari 2015, pernah ada musibah air bah di Goa Lalay sampai menimbulkan korban jiwa. Untuk itu, tetap waspada saja saat liburan ke Air Terjun Curug Ibun Pelangi ini.

Giamana, tertarik mampir ke Curug Ibun Pelangi? Mumpung masih musim kemarau nih. Siapa tahu bisa melihat fenomena pelangi di wisata air terjun Majalengka ini.

0 Comment