Jelajah Gamplong Studio Alam, Wisata Edukasi dan Barometer Perfilman Indonesia di Sleman

16 June 2019, at 15:00
0
0
Jelajah Gamplong Studio Alam, Wisata Edukasi dan Barometer Perfilman Indonesia di Sleman

Gamplong Studio Alam mungkin nggak asing lagi di kalangan wisatawan. Tapi pasti ada juga traveler yang masih asing dengan tempat wisata baru di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Bukan destinasi biasa, Gamplong Studio termasuk salah satu wisata edukasi di Jogja. Bahkan tempat ini juga jadi tempat syuting film Indonesia bertajuk "Sultan Agung: The Untold Love Story", lho.

Baca juga: Stonehenge Cangkringan, Wisata Jogja yang Bikin Kamu Serasa di Inggris

Mau tahu seperti apa keseruan saat jelajah studio alam yang keren ini? Scroll artikel ini sampai di bagian akhir, yuk!

1. Mini Hollywood ala Indonesia

studio alam gamplong sleman
instagram.com/tiara_bel

Kenapa disebut sebagai Mini Hollywood-nya Indonesia? Alasan utamanya karena area ini dijadikan tempat syuting film besutan Hanung Bramantyo, "Sultan Agung The Untold Love Story".

Mengambil setting abad ke-16 dan 17, lahan desa yang dulunya biasa-biasa saja kini disulap jadi kawasan Indonesia dengan nuansa jadul.

wisata sleman studio alam gamplong
instagram.com/afnieku

Setting tempat dan properti Gamplong Studio Alam ini pun bisa bertambah ataupun berkurang. Semuanya tergantung dari keperluan syuting film.

Seperti saat pembuatan film Sultan Agung, setting tempat banyak dibangun rumah-rumah penduduk ala Kampung Mataram. Tapi saat di "Bumi Manusia", area ini disulap jadi nuansa Belanda.

2. Wisata edukasi yang keren di Jogja

gamplong studio alam jogja
instagram.com/alexxermando

Destinasi di Jogja ini menawarkan set-set tempat yang unik. Buat pengunjung yang punya ketertarikan pada dunia perfilman, bisa banyak belajar dari area ini. Soalnya di sini kamu sebagai pengunjung bisa belajar banyak tentang setting, properti, dan semua hal tentang perfilman.

gamplong studio alam sleman
instagram.com/aisatulchasanah

Bukan soal film saja. Kamu juga bisa belajar sejarah dan budaya lewat tempat wisata di Jogja ini. Apalagi dengan kehadiran Kampung Belanda, Kampung Mataram, sampai Pecinan yang tentu akan membuatmu bisa mendapat informasi, misalnya dengan tanya-tanya pada petugas atau penjaga studio.

Baca juga: Dikira Shanghai, Kampung Wisata yang Lagi Viral Ini Ternyata Ada di Jogja Lho

3. Sudah terbuka untuk umum

gamplong studio alam
instagram.com/nia7o

Gamplong Studio Alam memang cocok untuk para pengunjung yang antusias terhadap dunia perfilman. Bahkan tempat milik Hanung Bramantyo ini terbuka untuk umum, lho. Tapi mungkin saat ada proses syuting, kawasan ini bakal ditutup untuk umum.

studio alam gamplong jogja
instagram.com/yezimerina14

Nah, saat syuting nggak dilakukan inilah kamu bisa berkunjung dari jam 08.00 sampai 19.00 WIB. Menariknya lagi, kamu cuma perlu menyediakan dana sukarela untuk biaya kebersihan. Tapi ingat, meski tiket masuknya terbilang gratis, tetap jaga kebersihan dan merusak properti yang ada ya!

4. Cara ke Gamplong Studio Alam

studio alam gamplong
instagram.com/vitarss_

Lokasi Gamplong Studio Alam ada di Desa Gamplong No.1, Sumberrahayu, Moyudan. Kamu cuma membutuhkan waktu kurang lebih selama 20 menit saja kok dari pusat kota.

Dari Titik Nol Kilometer Jogja, kamu bisa mengambil rute Jalan KH Ahmad Dahlan - Jalan Raya Jogja - Jalan Yogyakarta-Wates - Jalan Wates - Jalan Gedongan - setelah jembatan belok kiri - pertigaan ke kanan - pertigaan ke kiri - perempatan ke kanan - pertigaan ke kiri - Gamplong Studio Alam.

Gamplong Studio Alam memang menarik untuk dikunjungi. Bahkan nggak cukup sekali untuk mampir ke sini, mengingat setting tempat bakal berubah saat film baru juga dibuat di di wisata Jogja ini. Jadi, kapan kamu mampir ke Gamplong Studio?

0 Comment