Jelajah Gili Iyang, Pulau di Sumenep dengan Kadar Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia

07 August 2019, at 20:00
0
0
Jelajah Gili Iyang, Pulau di Sumenep dengan Kadar Oksigen Tertinggi Kedua di Dunia

Pasca listrik pulih, Jakarta kembali menduduki kota dengan kadar polusi tertinggi kedua di dunia setelah Hanoi, Vietnam. Tentu hal ini sangat memprihatinkan karena ruang untuk menghirup udara di ibu kota seolah sudah nggak ada lagi.

Kebalikan dari Jakarta, ada salah satu wilayah di Indonesia yang justru super minim polusi. Bahkan tempat ini diklaim punya oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania.

Gili Iyang namanya. Letaknya di Sumenep, tepatnya di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek. Mau tahu lebih banyak tentang Gili Iyang? Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Pulau Kangean, Surga Baharinya Pulau Madura

1. Dijuluki Pulau Awet Muda

gili iyang pulau oksigen
instagram.com/bobbytendean

Bukan sekadar mengandung oksigen yang tinggi, Gili Iyang juga disebut-sebut jauh dari polusi karena memang jarang kendaraan bermotor di sini.

Kandungan karbondioksida saja cuma sekitar 26,5 persen. Sementara tingkat kebisingannya sekitar 36,5 db seperti yang dilansir dari sumenepkab.go.id. Jadi bisa bayangin kan, betapa segarnya udara di Gili Iyang?

masyarakat gili iyang
instagram.com/masdito_

Menariknya lagi, tingkat harapan hidup di destinasi Madura ini cukup tinggi. Bayangin saja, di sini kamu masih bisa menemukan kakek nenek yang umurnya 80 tahun, tapi masih terlihat sehat dan bugar.

Bahkan ada juga yang usianya sampai 175 tahun, lho. Hal inilah yang bikin Gili Iyang disebut sebagai Pulau Awet Muda.

2. Apa yang menarik dari Gili Iyang?

gili iyang
instagram.com/gigih1986

Bukan cuma minim polusi, Gili Iyang juga menyajikan pemandangan alam yang bakal bikin kamu serasa di 'surga'. Saat berkunjung ke sini, kamu bisa menyaksikan hamparan pantai yang juga dipenuhi batu karang. Selain itu, ada sekitar 17 gua menambah daya tarik wisata pulau ini.

Deretan gua yang ada pun punya keunikan tersendiri. Seperti ada salah satu gua yang luasnya sampai 800 meter persegi. Gua dengan kedalaman mencapai 150 meter juga ada. Bahkan ada pula yang punya sumber mata air tawar meski letaknya di dekat pantai, lho.

Selain di daratan, kamu pun bisa menikmati keindahan Gili Iyang di area bawah lautnya. Di sana, ada beragam ikan dan biota laut yang nggak kalah cakep dari Bunaken.

3. Cara ke Gili Iyang

gili iyang madura
instagram.com/bintankkuleo

Supaya bisa Pulau Gili Iyang ini, kamu bisa pakai ojek lebih dulu untuk menuju ke Pelabuhan Dungkek yang jaraknya sekitar 28 kilometer dari pusat Kota Sumenep.

Sampai di Pelabuhan Dungkek, kamu bisa pakai perahu untuk bisa menyeberang ke Gili Iyang. Tarifnya sih sekitar Rp10 ribu sampai Rp20 ribu. Jam operasionalnya mulai dari 10.00 sampai 14.00 WIB saja.

Sampai di Gili Iyang, nggak perlu khawatir soal transportasi. Soalnya di sini kamu bisa pakai jasa motor roda 3 untuk berkeliling dan menikmati keindahan pulau.

Baca juga: Pulau di Ujung Kulon Ini Bakal Bikin Kamu Sadar Kalau Indonesia Sangat Cantik

4. Tips liburan ke Gili Iyang

gili iyang sumenep
instagram.com/ayenandrian

Nggak afdol rasanya kalau liburan ke Gili Iyang cuma sebentar. Jadi kamu bisa menginap di rumah warga yang sengaja disewakan untuk homestay. Meski sederhana, tapi cukup bersih dan nyaman buat ditinggali kok.

Pengen nggak terlalu tergantung waktu saat mengunjungi Gili Iyang? Kamu bisa sewa perahu dengan tarif rata-rata Rp300 ribu sampai Rp500 ribu dengan kapasitas penumpang 10 sampai 15 orang.

Gimana, makin penasaran sama Gili Iyang yang katanya punya oksigen terbaik kedua di dunia? Pas liburan nanti, coba deh rencanakan perjalananmu ke sini. Kalau belum puas, bisa mampir ke wisata di Madura yang lainnya.

0 Comment