Qupas Travel

Jelajah Kota Pahlawan di 5 Wisata Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi, Pasti Seru!

25 February 2020, at 08:00
Jelajah Kota Pahlawan di 5 Wisata Surabaya Dekat Stasiun Pasar Turi, Pasti Seru!

Stasiun Pasar Turi adalah salah satu tempat pemberhentian kereta api yang populer di Surabaya. Bangunan yang ditetapkan sebagai cagar budaya pada Maret 2007 lalu ini pun bisa dibilang selalu ramai oleh penumpang dari dalam maupun luar kota.

Nah, buat kalian yang kebetulan akan melakukan perjalanan dari Pasar Turi atau bahkan baru sampai di stasiun KAI ini, nggak ada salahnya untuk mampir ke beberapa tempat wisata Surabaya berikut ini.

Mulai dari wisata kuliner Surabaya hingga beberapa tempat bersejarah Kota Pahlawan ada di dekat Stasiun Pasar Turi. Intip yuk, dimana saja lokasinya!

1. Pasar Turi

Pasar Turi Surabaya (Foto: instagram.com/mhmmad.faisalll)
instagram.com/mhmmad.faisalll

Ingin belanja murah di Surabaya? Di dekat stasiun, tepatnya sekitar 200 meter ada yang cocok untuk hobi tersebut.

Tepatnya di Pasar Turi, salah satu pusat perbelanjaan legendaris di Jawa Timur, kamu bisa membeli segala keperluan. Misalnya seperti makanan, bahan pokok, alat-alat rumah tangga, hingga pakaian, semua ada di sini.

Berdiri sejak tahun 1292, pasar legendaris di Surabaya ini beberapa kali perubahan dan perkembangkan. Bahkan meskipun beberapa kali pernah kebakaran, tapi pusat perbelanjaan ini tetap bangkit.

Lokasi Pasar Turi : Jl. Pasar Turi, Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya

Jam buka : Setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket masuk : Gratis

2. Kampung Ilmu Jalan Semarang

Kampung Ilmu Jalan Semarang (Foto: instagram.com/risnandaerizkypra)
instagram.com/risnandaerizkypra

Nggak jauh dari stasiun, ada Kampung Ilmu yang jadi surganya para pemburu buka murah di Surabaya. Mau yang kondisinya bekas maupun baru ada semua di sini.

Sudah dibuka sejak tahun 2009, Kampung Ilmu berada di tepi Jalan Semarang sehingga mudah dijangkau. Di sini, ada sekitar 70 pelapak yang menyediakan berbagai jenis buku, mulai dari buku pelajaran, novel, hingga majalah.

Bahkan, buat kamu yang ingin menjual berbagai jenis buku, bisa ke sini juga. Nantinya para pedagang akan menawarkan harga sesuai dengan kondisi buku. Menarik, kan?

Lokasi Kampung Ilmu : Jl. Semarang No.55, Tembok Dukuh, Bubutan, Kota Surabaya

Jam buka : Setiap hari pukul 08.00-00.00 WIB

Tiket masuk : Gratis (harga buku rata-rata di bawah Rp100 ribu)

3. Museum 10 Nopember

Museum 10 Nopember (Foto: instagram.com/findalexandra)
instagram.com/findalexandra

Wisata Surabaya dekat Stasiun Pasar Turi selanjutnya adalah Museum 10 Nopember. Kalau jalan kaki, kamu cuma perlu waktu sekitar 15 menit ke destinasi tersebut.

Berada di kompleks Tugu Pahlawan, arsitektur museum ini cukup unik karena dari luar bentuk bangunannya seperti piramida. Bahkan gedung ini dibenamkan di dalam tanah supaya pemandangan Tugu Pahlawan nggak terhalang. Keren, ya?

Berada di museum Surabaya yang dibangun untuk mengenang aksi heroik arek-arek Suroboyo pada 10 November, kamu bisa melihat berbagai koleksi. Mulai dari foto pahlawan, senjata, perpustakaan, ruang auditorium, hingga diorama audio visual ada di sini.

Lokasi Museum 10 Nopember : Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya

Jam buka : 08.00-16.00 WIB (Selasa-Jumat); 07.00-15.00 (Sabtu-Minggu)

Tiket masuk : Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: 7 Museum di Surabaya yang Bikin Kamu Tambah Pintar

4. Tugu Pahlawan

Tugu Pahlawan (Foto: instagram.com/museumtupal)
instagram.com/museumtupal

Berkunjung ke Tugu Pahlawan, artinya kamu juga bisa sekaligus mampir ke Museum 10 Nopember. Destinasi ini sejatinya merupakan monumen yang menjadi markah tanah Kota Surabaya.

Tinggi monumen adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Wisata Surabaya dengan bangunan ikonik berwarna putih ini pun erat kaitannya dengan perjuangan arek-arek Suroboyo pada 10 November 1945 yang lalu.

Lokasi Tugu Pahlawan : Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya

Jam buka : 08.00-16.00 WIB (Senin-Jumat); 07.00-15.00 WIB (Sabtu); 08.00-15.00 WIB (Minggu)

Tiket masuk : Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Museum Surabaya

Museum Surabaya Gedung Siola (Foto: instagram.com/nilass18)
instagram.com/nilass18

Berada di Gedung Siola, wisata sejarah di Surabaya yang bisa ditempuh selama kurang lebih 18 menit jalan kaki dari Stasiun Pasar Turi ini menyimpan kisah masa lampau Kota Pahlawan. Koleksi di museum ini pun beragam.

Seperti replika biola W.R Soepratman, becak antik, mobil antik zaman kemerdekaan, wayang kulit kuno, hingga sejumlah dokumen tua bersejarah ada di Museum Surabaya.

Lokasi Museum Surabaya : Jl. Tunjungan No.1, Genteng, Kota Surabaya

Jam buka : 09.00-21.00 WIB (Selasa-Minggu)

Tiket masuk : Gratis

Wah, ternyata nggak sedikit wisata Surabaya dekat Stasiun Pasar Turi yang menarik untuk dikunjungi ya? Mulai dari destinasi belanja hingga sejarah ada semua. Jadi, sudah siap jelajah Kota Pahlawan?