Jelajah Mercusuar Cikoneng, Wisata Sekitar Tol Merak Banten yang Usianya Sudah Dua Abad

28 May 2019, at 04:00
1
0
Jelajah Mercusuar Cikoneng, Wisata Sekitar Tol Merak Banten yang Usianya Sudah Dua Abad

Nggak kerasa, musim mudik sudah ada di depan mata. Buat kamu yang punya rencana menggunakan jalur darat, sekarang ada Tol Trans Jawa yang melintasi Merak, Banten sampai Probolinggo dengan panjang kurang lebih 962 kilometer.

Sambil melepas penat dan lelah setelah melewati perjalanan mudik yang panjang, nggak ada salahnya untuk mampir ke beberapa tempat wisata di sekitar tol. Salah satunya yang ada di kawasan Merak. Sebut saja Mercusuar Cikoneng. Pernah dengar?

Bukan cuma menampilkan bangunan yang unik, kamu juga bisa belajar tentang sejarah Anyer Panarukan di mencusuar ini. Bahkan beberapa keistimewaan juga bakal kamu dapatkan. Mau tahu apa saja? Hayuk, simak ulasan Qupas berikut!

Baca juga: Wisata di Banten Ini Bak Negeri Dongeng, Cantik Abis!

1. Sudah berdiri lebih dari 2 Abad

mercusuar cikoneng banten
instagram.com/huda_nur77

Menurut informasi, mercusuar ini dibangun pada tahun 1806. Ini artinya sudah lebih dari 2 abad bangunan bersejarah di Indonesia tersebut berdiri.

2. Saksi bisu sejarah Anyer-Panarukan

spot foto mercusuar cikoneng
instagram.com/anittanit

Kemudian sekitar tahun 1825, Jalan Anyer-Panarukan dibangun. Jadi bisa dibilang kalau bangunan setinggi 75,5 meter ini adalah saksi bisu sejarah Anyer-Panarukan. Inilah yang membuat Mercusuar Cikoneng semakin menarik untuk dikunjungi.

3. Saksi bisu ganasnya letusan Gunung Krakatau

wisata sejarah mercusuar cikoneng
instagram.com/pranadi_osc

Sayangnya, pada tahun 1883, bangunan yang dulunya dibangun menggunakan bata ini sempat hancur akibat peristiwa meletusnya Gunung Krakatau. Mirisnya lagi, saat itu cuma tersisa fondasinya saja.

Selanjutnya pada tahun 1885, tepatnya pada masa pemerintahan ZM Willem III, Mercusuar Cikoneng kembali dibangun. Sampai sekarang, bangunannya tetap kokoh.

4. Kawasan favorit pemancing

dermaga mercusuar cikoneng
instagram.com/desymelisah

Mercusuar Cikoneng bukan cuma punya sejarah yang menarik. Ternyata kawasan wisata di Banten ini juga jadi favoritnya pemancing, lho. Tepatnya di area dermaga yang baru dibangun tahun 2011 lalu.

Di kawasan dermaga ini, banyak pemancing lokal yang menyalurkan hobi mereka. Apalagi katanya ikan-ikan di sekitar mercusuar ini sangat beragam.

Baca juga: Pulau Keren di Ujung Kulon Ini Siap Bikin Kamu Malas Pulang!

5. Tempat asyik untuk saksikan sunset



pemandangan mercusuar cikoneng
instagram.com/aditcihuy

Menara yang terdiri dari 18 tingkat dan dihubungkan dengan 286 anak tangga ini juga jadi tempat asyik untuk saksikan sunset, pamandangan gunung, sampai hamparan laut Banten.

Kamu pun bissa naik sampai ke lantai 3. Tapi saat masuk ke dalam mercusuar ini, kamu harus melepas alas kaki untuk menjaga kebersihan bangunan ikonik di Banten ini.

6. Wisata murah di Banten

mercusuar cikoneng merak
instagram.com/nantocogan

Nggak perlu merogoh kocek terlalu dalam saat liburan ke tempat wisata di Banten ini. Soalnya kamu cuma perlu membayar parkir kendaraan, yaitu Rp30.000,00 untuk mobil. Sedangkan untuk kamu yang bawa motor, sediakan saja retribusi sekitar Rp10.000,00.

7. Cara ke Mercusuar Cikoneng

mercusuar cikoneng
instagram.com/januarkupret

Lokasi Mercusuar Cikoneng ada di sekitar Tol Merak. Bangunan yang juga jadi titik nol Anyer-Panarukan ini jaraknya sekitar 40 kilometer dari Gerbang Tol Merak dengan estimasi waktu sekira 45 menit. Tapi waktu perjalanan ini tergantung kondisi lalu lintas area tersebut, ya!

Dari jauh, mercusuar yang dominan warna putih mudah terlihat. Karena letaknya terletak di seberang jalan utama, jadi aksesnya cukup mudah buat kamu yang bawa kendaraan pribadi.

Gimana, tertarik untuk mampir ke Mercusuar Cikoneng? Selagi mudik ke Banten atau kebetulan lewat area Tol Merak, nggak ada salahnya buat mampir ke wisata sejarah ini.

0 Comment