Jelajah Pantai di Geopark Ciletuh, Wisata Asyik untuk Para Petualang Sejati

30 March 2019, at 11:00
0
0
Jelajah Pantai di Geopark Ciletuh, Wisata Asyik untuk Para Petualang Sejati

Ngaku petualang? Belum lengkap rasanya kalau kamu belum pernah ke Geopark Ciletuh yang terletak di delapan kecamatan di wilayah Sukabumi.

Geopark Ciletuh sendiri adalah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati dan budaya melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan berkelanjutan.

Di kawasan konservasi dengan luas sekitar 128.000 hektar ini kamu bisa menemukan pantai yang cantiknya luar biasa. Kebanyakan sih cukup sepi. Penasaran, kan? Langsung saja deh cek infonya di bawah ini!

Baca juga: Ada Jembatan Terpanjang se-Asia Tenggara di Indonesia! Sudah Tahu?

1. Muara Cipanarikan

muara cipanarikan
instagram.com/chanderaaa

Bisa dibilang Pantai Cipanarikan ini adalah surga tersembunyi di Geopark Ciletuh. Perlu usaha keras untuk mencapainya. Tapi semuanya nggak akan sia-sia, karena keindahan akan terpampang nyata di hadapanmu.

Ada pasir putih yang halus dan bersih, muara cantik dengan air berwarna hijau, dan bibir pantai yang lebar akan kamu temukan.

Letaknya berada di sekitar barat daya Pulau Jawa. Atau lebih tepatnya sekitar 4 kilometer dari Ujung Genteng.

muara cipanarikan geopark ciletuh
instagram.com/rizkiifebriann

Jalan panjang dan medan yang kurang rata dan licin pun akan kamu lewati supaya bisa sampai ke pantai atau Muara Cipanarikan.

Kamu juga perlu menyusuri hutan dengan jalan kaki kalau ingin sampai ke wisata Sukabumi tersebut. Tapi semuanya akan terbayar tuntas saat kamu sudah menghirup udara segar khas pantai di Muara Cipanarikan.

Lokasi Muara Cipanarikan : Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

Tiket masuk Muara Cipanarikan : -

2. Pantai Ujung Genteng

pantai ujung genteng
instagram.com/ivanciuss

Pantai Ujung Genteng bisa dikatakan juga jadi salah satu wisata di Geopark Ciletuh yang wajib kamu kunjungi. Jangankan hamparan pasir putih. Garis pantai yang panjang dan ombaknya memang punya daya tarik tersendiri.

Nggak cuma bisa santai atau keliling pantai. Ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di sini, seperti foto prewedding bahkan menyaksikan sunset di Sukabumi yang eksotis.

Untuk bisa sampai ke sini, jalanan berkelok, menanjak, dan terjal akan kamu lalui. Kamu pun perlu menuju ke arah Pelabuhan Ratu terlebih dahulu.

pantai ujung genteng geopark ciletuh
instagram.com/salim_ibram

Lalu perjalanan bisa dilanjutkan ke Surade dengan melewati Cikembar dan Jampang. Dan akhirnya sampailah ke Pantai Ujung Genteng meski medan nggak semudah yang dibayangkan.

Lokasi Pantai Ujung Genteng : Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

Tiket masuk Pantai Ujung Genteng : Rp10.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Pantai Pangumbahan

pantai pangumbahan
instagram.com/rizalfach

Pantai di Geopark Ciletuh ini juga sayang untuk kamu lewatkan. Meski lokasinya tersembunyi, tapi bukan berarti pesonanya bakal kalah dari wisata di Sukabumi yang lainnya.

Apalagi di sini juga ada penyu hijau. Mereka menjadikan Pantai Pangumbahan sebagai sarang dan bertelur.

Satu lagi nih, Pantai Pangumbahan juga jadi tempat asyik untuk surfing alias berselancar. Kalau kamu suka olahraga air yang menantang tersebut, coba deh lakukan di sini.

pantai pangumbahan geopark ciletuh
instagram.com/priaramadhani

Untuk bisa sampai di wisata pantai ini, arahkan kendaraanmu ke Ujung Genteng. Sebaiknya pakai kendaraan pribadi saja karena transportasi umum belum memadai.

Lokasi Pantai Pangumbahan : Desa Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat

Tiket masuk Pantai Pangumbahan : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Sederet Wisata di Sukabumi yang Kekinian, Biar Nggak ke Pelabuhan Ratu Melulu!

4. Pantai Cimaja

pantai cimaja geopark ciletuh
instagram.com/galeriadi

Nggak seperti pantai pada umumnya yang punya hamparan pasir putih, Pantai Cimaja justru memiliki jejeran batuan alami. Tentu saja hal ini adalah salah satu daya tariknya.

Selain itu, ombaknya yang bisa mencapai 4 meter pun membuat Pantai Cimaja menjadi salah satu destinasi favorit bagi para peselancar dunia.

Bahkan di sini kamu juga akan menemukan resort dan beach club keren yang nggak kalah dengan Bali, lho.

pantai cimaja
instagram.com/mankdede

Menariknya lagi, kalau kamu ingin belajar surfing, ada sekolah khusus di wisata Sukabumi dan termasuk dalam Geopark Ciletuh ini. Seru, kan?

Lokasi Pantai Cimaja : Desa Cimaja, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Tiket masuk Pantai Cimaja : Rp5.000,00 (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Pantai Palangpang

pantai palangpang
instagram.com/eni_jenikawati

Pantai Palangpang bisa dibilang merupakan pintu masuk ke Geopark Ciletuh dari arah laut. Meski begitu, nggak perlu ragu lagi soal pemandangan yang ditawarkan.

Selain jadi objek wisata, pantai yang cukup luas dan panjang ini juga dijadikan tempat pendaratan kegiatan paralayang.

Menariknya lagi, kamu juga bisa melihat air terjun di dekat pantai. Namanya Curug Cimarinjung. Debit airnya cukup deras dan eksotis saat dilihat dari arah pantai.

pantai palangpang geopark ciletuh
instagram.com/ridwan_taufik

Perlu kamu ketahui, transportasi umum masih jarang ditemukan. Jadi pakai kendaraan pribadi saja untuk bisa sampai di Pantai Palangpang.

Lokasi Pantai Palangpang : Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Tiket masuk Pantai Palangpang : -

Nah, itulah sederet pantai di Geopark Ciletuh yang pas banget jadi destinasi liburan para petualang sejati. Tapi ingat, tetap jaga lingkungan ya! Karena sang petualang sejati nggak bakal merusak lingkungan.

0 Comment