Jelajah Puncak Asmoro, Wisata Banyuwangi yang Simpan Masa Lalu Kelam

08 November 2019, at 15:00
0
0
Jelajah Puncak Asmoro, Wisata Banyuwangi yang Simpan Masa Lalu Kelam

Puncak Asmoro, meski namanya belum sepopuler Pantai Pulau Merah, Alas Purwo, atau bahkan Teluk Hijau, tapi wisata di Banyuwangi ini menawarkan pemandangan yang nggak kalah epik.

Meski pada kenyataannya ada kisah kelam yang turut menyelimuti objek wisata ini, tapi semua itu nggak mengikis keindahan alam di sekitarnya. Kamu penasaran seperti apa keeksotisan Puncak Asmoro? Yuk intip ulasan Qupas berikut!

1. Spot asyik untuk lihat gunung dan laut

wisata puncak asmoro banyuwangi
instagram.com/ian.mafiah__

Berada di ketinggian 640 mdpl, membuat Puncak Asmoro memiliki hawa sejuk. Dari puncaknya, kamu pun bisa menyaksikan pemandangan cantik. Baik area hutan, rumah warga, gunung, maupun samudera.

Di sini, pepohonan mahoni dan pinus terlihat berjajar di bawah. Begitu pula dengan rumah warga yang sederhana di Lingkungan Sumber Pakem.

Saat pagi menjelang dan cuaca sedang cerah, gagahnya Gunung Raung dan Meranti bisa kamu lihat. Di samping itu, pemandangan Selat Bali di arah timur juga bakal memanjakan matamu.

2. Banyak spot instageniknya

puncak asmoro
instagram.com/dininurhidayati06

Selain bisa hunting foto dengan latar pemandangan gunung maupun lautan, di sini juga ada spot instagenik lain.

Contohnya seperti hamparan bunga matahari yang belakangan ini jadi spot kekinian bagi traveler milenial. Selain itu, gardu pandang hingga spot berbentuk bintang pun tersedia di sini. Dijamin betah deh, terutama buat para pemburu foto.

3. Kisah menyayat hati di Puncak Asmoro

puncak asmoro banyuwangi
instagram.com/ogie_ys

Puncak Asmoro memang indah. Bahkan belakangan ini mulai digandrungi para traveler milenial.

Tapi di balik keindahannya, ada kisah miris yang menyelimuti tempat wisata di Banyuwangi ini. Sekitar tahun 1950, ada sepasang kekasih yang sedang menjalin kasih di bukit tersebut. Tapi hubungannya harus kandas karena terhalang restu orang tua.

Bahkan sempat terjadi keributan dan jadi pembicaraan orang satu kelurahan. Oleh karena itu, masyarakat kemudian kompak menyebut tempat sepasang kekasih mengukir kenangan indah sekaligus miris tersebut dengan nama Puncak Asmoro.

Baca juga: Bukan Cuma Pantai, Ini Lho Sederet Wisata Banyuwangi yang Intagenik Banget

4. Wisata murah di Banyuwangi

wisata puncak asmoro
instagram.com/hellofirsta

Puncak Asmoro ini bisa dibilang menjadi salah satu wisata murah di Banyuwangi. Untuk mengunjunginya, kamu cuma perlu mambayar tiket masuk senilai Rp2 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu).

Selama menikmati panorama alam di atas bukit, kamu juga bia menikmati kopi, gorengan, maupun camilan lain di warung-warung sekitar. Harganya juga murah-murah kok.

5. Cara ke Puncak Asmoro

puncak asmoro kalipuro
instagram.com/afifa_imani

Secara administratif, lokasi Puncak Asmoro berada di Sumber Pakem, Desa Gombengsari, Kecamatan Kalipuro. Dari pusat Kota Banyuwangi, jaraknya sekitar 13 kilometer saja.

Untuk menuju puncaknya, ada dua jalur yang bisa kamu pilih. Lewat Lingkungan Lerek yang punya medan landai atau Lingkungan Kacangan yang jalurnya lebih pendek, tapi harus lewat tanjakan lumayan ekstrem.

Itu dia Sobat Qupas, info singkat tentang Puncak Asmoro, salah satu wisata di Banyuwangi yang jadi primadona kawula muda. Gimana, kamu juga tertarik untuk mengunjunginya?

0 Comment