Jelajah Situ Biru Cilembang, Wisata Alam Sumedang yang Konon Punya Air Sakti

08 September 2019, at 11:00
0
0
Jelajah Situ Biru Cilembang, Wisata Alam Sumedang yang Konon Punya Air Sakti

Situ Biru Cilembang. Namanya memang masih cukup asing buat sebagian orang. Bukan karena masih baru, tapi letaknya yang lumayan terpencil.

Kendati demikian, wisata di Sumedang ini cukup sukses menjadi sorotan para traveler. Selain karena menyajikan pemandangan alam yang asri, tempat ini punya kolam alami dengan air sebening kristal.

Selain cantik, ternyata Situ Biru pun diliputi cerita mitos yang dipercaya masyarakat setempat. Mau tahu? Scroll down ya!

1. Kembarannya Labuan Cermin di Kaltim

situ biru cilembang sumedang
instagram.com/apitooo

Sekilas kalau dilihat, sumber mata air di Sumedang ini mirip dengan Labuan Cermin. Tahu kan? Ya, ini salah satu tempat wisata hits di Kalimantan Timur.

Meski nggak seluas Labuan Cermin, tapi air di Situ Biru ini super jernih. Kita pun bisa melihat dasar dari destinasi yang juga dikenal dengan nama Sirah Cilembang, Situ Cilembang, Danau Biru Hariang Cilembang sampai Labuan Cermin Cilembang Sumedang.

2. Larangan untuk Berenang

situ biru cilembang
instagram.com/nizaramrullah

Begitu lihat air jernih di Situ Biru, rasanya bikin geregetan buat nyebur. Tapi sayang, kamu nggak diperbolehkan untuk renang di sini.

Bukan karena ada cerita mistis. Alasan kenapa ada larangan pengunjung berenang karena air Situ Biru Cilembang ini dijadikan sumber air minum maupun kebutuhan sehari-hari masyarakat sekitar. Jadi jangan abaikan peraturan ini, ya!

Meski nggak boleh renang, kamu masih tetap bisa nyebur di area yang sudah disediakan kok. Bahkan ada pula spot terapi ikan di kawasan wisata Situ Biru Sumedang.

Baca juga: 5 Wisata Indonesia Ini Punya Kolam Ikan Hias Peninggalan Zaman Kerajaan

3. Jangan Datang di Dua Hari Ini!

situ biru
instagram.com/mak_ubed

Situ Biru Cilembang Sumedang juga punya pantangan yang harus kamu taati. Yaitu larangan untuk nggak datang di dua hari khusus.

Tepatnya di hari Selasa dan jumat, pengunjung dilarang untuk datang di Danau Biru. Entah apa alasan jelasnya, tapi ada yang menyebut kalau di waktu-waktu tersebut airnya bakal berubah warna.

4. Dipercaya Punya Air Sakti

danau biru cilembang
instagram.com/meilamariyah

Di balik keindahan Situ Biru Cilembang, ada mitos menarik yang dipercaya beberapa warga maupun pengunjung. Konon, air dari tempat wisata di Sumedang ini punya kesaktian tertentu.

Karena air dari danau ini, katanya ada seseorang yang kakinya sembuh pasca datang beberapa kali di Situ Biru. Selain itu, cerita juga muncul dari pasangan suami istri yang belum dikaruniai anak setelah lama menikah. Pasca sang istri minum air dari danau ini, seminggu kemudian ia dinyatakan hamil.

Di samping kedua kasus tersebut, air dari wisata Situ Biru juga dipercaya bikin awet muda saat digunakan untuk membasuh wajah. Hmm, kalau kamu percaya nggak sama cerita-cerita ini?

5. Wisata untuk Si Petualang

situ biru sumedang
instagram.com/ongkidp

Butuh perjuangan untuk bisa sampai di lokasi wisata. Karena tempatnya cukup terpencil, akses jalan pun cukup sulit. Kamu juga harus jalan kaki setelah memarkirkan kendaraan. Kira-kira sekitar 200 meter dari tempat parkir.

Kamu juga perlu hati-hati untuk menuju Situ Biru Cilembang. Ini karena jalan menuju wisata danau di Jawa Barat ini berbatu dan terjal.

Baca juga: Cantiknya Situ Lembang, Wisata di Bandung Barat yang Nggak Bisa Dikunjungi Sembarang Orang

6. Lokasi dan Harga Tiket Situ Biru Cilembang

pemandian situ biru
instagram.com/armanfauzigultom

Lokasi Situ Biru Cilembang ada di Desa Hariang, Kecamatan Buahdua. Setelah sampai di Sumedang, kamu perlu menuju Perempatan Cimalaka. Dari sini, arahkan kendaraan menuju Pertigaan Legok. Lalu perjalanan bisa dilanjutkan ke Kecamatan Buahdua, tepatnya Desa Hariang.

Untuk bisa liburan ke Situ Biru, kamu cuma perlu bayar Rp15 ribu saja lho. Meski nggak bisa nyebur, sebagai gantinya kamu bisa berenang di kolam dewasa dan anak-anak yang sudah disediakan. Kalau nggak pengen nyebur, ada juga terapi ikan di kawasan wisata Sumedang ini.

Well, Situ Biru Cilembang Sumedang bisa nih masuk ke daftar kunjungan wisatawamu selanjutnya. Terlepas dari mitos soal air sakti, pemandangan tempat wisata danau ini sangat memanjakan mata.

0 Comment