Jenis Bantal dan Pengaruhnya pada Kesehatanmu

26 December 2018, at 06:30
2
0
Jenis Bantal dan Pengaruhnya pada Kesehatanmu

Kamu pasti sering mendengar istilah salah bantal, kondisi dimana kamu akan merasa kaku di leher dan menyebabkan sakit apabila kamu menggerakkannya.

Memang belum ada penelitian khusus yang menybutkan bahwa gejala tersebut disebabkan oleh bantal. Akan tetapi penggunaan bantal yang tidak nyaman dan pas memang dapat berpengaruh pada kesehatan pernapasan hingga tulangmu.

Kamu harus mengenali jenis bantal sehingga bisa memilih bantal yang tepat dan membuat tidurmu nyaman tanpa gangguan kesehatan.

1. Kapuk

kapuk
panjanai.com

Kapuk merupakan bahan pengisi bantal dan guling yang sudah terkenal sejak zaman dahulu. Penggunaan kapuk ini dipengaruhi oleh banyaknya pohon kapuk di Indonesia dan nyamannya saat digunakan. Akan tetapi, saat ini kapuk sudah jarang digunakan karena memiliki beberapa kelemahan.

bantal kapuk
bacaterus.com

Bantal dan guling yang diisi kapuk akan mudah kempes. Selain itu, kapuk akan mudah dihinggapi kutu kasur dan debu yang tidak baik untuk pernapasan.

Orang dengan penyakit asma sebaiknya jangan menggunakan bantal dan guling jenis kapuk karena bisa memicu asma.

2. Busa

busa
are.na

Busa sebagai pengisi bantal dan guling mulai dikenal untuk menggantikan kapuk. Bahan ini seperti spons dan merupakan bahan sintetis.

Bantal jenis ini tidak terlalu direkomendasikan bagi kamu yang sering sakit leher karena agak keras dan panas.

bantal busa
aller-ease.com

Meskipun demikian, harga bantal atau guling busa relatif lebih murah daripada bahan lainnya. Bantal atau guling busa memang tidak terlalu halus.

Tetapi jenis isian ini tidak mudah dihinggapi debu seperti bantal atau guling yang diisi dengan kapuk.

3. Memory Foam

memory foam
beliani.pl

Memory foam dibuat dari bahan sejenis busa yang bernama polyurethane. Isian bantal jenis ini lebih terasa nyaman daripada isian busa.

Hal ini karena bahan memory foam lebih empuk dan halus sebagai bahan isi bantal atau guling.

bantal memory foam
pexels.com

Bantal dengan bahan pengisi memory foam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kembali ke bentuk semula, karena menyesuaikan bentuk kapalamu saat digunakan. Material ini juga mudah menyerap keringat sehingga nyaman untuk digunakan.

Baca Juga: Bahaya yang Mengintai di Balik Sprei dan Sarung Bantal yang Jarang Diganti

4. Dakron

dakron
youtube.com

Bantal dan guling dengan bahan dakron sangat populer akhir-akhir ini. Hal ini karena bahan dakron memiliki banyak kelebihan.

Selain lebih higienis dari pada yang lainnya, bahan ini juga sangat halus, nyaman, mudah dicuci dan tahan lama.

bantal dakron
pexels.com

Ada dua cara untuk menjadikan dakron sebagai bantal, yaitu dengan melipatnya sehingga permukaan bantal akan menjadi halus dan memiliki kualitas yang baik, atau menggumpalkannya dan membuat permukaannya tidak terlalu rata.

5. Bulu Angsa

bulu angsa
pixabay.com

Bantal dengan isi bulu angsa mungkin identik dengan bantal-bantal yang mahal dengan kualitas yang baik dan sering digunakan di kerajaan Eropa. Hal tersebut memang benar, bantal yang diisi dengan komposisi bulu halus angsa yang dominana merupakan bantal kualitas tinggi.

bantal bulu angsa
bantal.co.id

Meskipun sangat halus, akan tetapi bantal dengan isi bulu angsa ternyata bisa membawa masalah kesehatan, lho.

Bulu angsa tidak terlalu higienis sehingga mudah dihinggapi kutu kasur dan debu. Hal ini tidak akan baik untuk kamu yang menderita asma dan alergi.

6. Lateks

lateks
videoblocks.com

Bantal yang terbuat dari bahan lateks lebih keras dan rata daripada bantal yang terbuat dari bahan dakron. Akan tetapi, hal ini justru merupakan hal baik karena cocok bagi kamu yang menderita sakit leher atau tulang punggung.

bantal lateks
pexels.com

Disisi lain, lateks juga merupakan bahan yang bersih dan bebas dari kutu kasur sehingga dapat digunakan oleh semua orang.

Nah, itu dia beberapa jenis bantal yang bisa kamu pilih dan kamu sesuaikan dengan dirimu. Salah pilih jenis bantal bisa berbahaya bagi kesehatanmu, lho. Jadi lebih baik kamu mempertimbangkan hal-hal di atas sebelum menggunakannya.

Setiap jenis bantal memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, kamu bisa memilih yang nyaman dan cocok untukmu.

0 Comment