Qupas Family

Jenis-jenis Tanda Lahir Bayi yang Perlu Orang Tua Kenali, Si Kecil Punya?

13 January 2020, at 10:00
2
Jenis-jenis Tanda Lahir Bayi yang Perlu Orang Tua Kenali, Si Kecil Punya?

Setiap orang memiliki tanda lahir alami yang bisa muncul di mana saja, baik di tangan, tubuh, kaki, maupun wajah. Bentuknya pun bisa bermacam-macam.

Pada umumnya, tanda lahir dikelompokkan menjadi dua yaitu tanda lahir jenis vaskular yang disebabkan oleh kelainan pembuluh darah dan tanda lahir jenis pigmen yang disebabkan oleh penumpukan zat pewarna alami kulit.

Ada dua tanda lahir jenis vaskular dan tiga jenis pigmen. Kalau punya si kecil kira-kira yang mana ya Bunda? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Tahi Lalat

jenis tanda lahir
gettyimages.com

Nggak banyak orang yang tahu kalau tahi lalat merupakan salah satu jenis tanda lahir. Paling banyak ditemui, tanda lahir yang punya nama lain nevus pigmentosus ini bisa muncul di mana saja dengan warna dan ukuran yang beragam.

Apabila tahi lalat si kecil bisa berubah bentuk, warna, dan ukuran, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya Bunda. Bisa jadi hal tersebut merupakan gejala masalah kesehatan kulit.

2. Noda Kopi Susu

noda kopi susu
depositphotos.com

Selain tahi lalat, noda kopi susu atau cafe au lait spot juga merupakan salah satu jenis tanda lahir yang paling sering ditemui. Dinamakan demikian, karena tanda lahir jenis ini biasanya memiliki waran seperti kopi susu dengan tekstur yang nggak timbul.

Biasanya, tanda lahir ini muncul di pinggang, perut, tangan, dan kaki dengan berbagai ukuran.

3. Hemangioma

hemangioma
msn.com

Tanda lahir lainnya adalah hemangioma. Termasuk jenis vaskular, tanda lahir ini awalnya hanya berupa bintik-bintik di bawah kulit. Setelah itu, bercak akan berkembang menjadi benjolan berwarna merah atau biru keunguan.

Hemangioma disebabkan oleh pembuluh darah yang nggak normal dan nggak bisa hilang dengan sendirinya.

Baca juga: Bayi Suka Main Ludah? Ternyata Ada Manfaatnya Lho

4. Nevus Flammeus

nevus flammeus
birthmark.org

Nevus flammeus atau bisa juga disebut port wine stain merupakan tanda lahir yang berupa bercak merah di kulit dengan tekstur yang nggak menonjol.

Disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah, tanda lahir ini bisa berubah warna menjadi lebih tua seiring dengan berjalannya waktu.

5. Mongolian Spot

mongolian spot
tatlibirtelas.com

Tanda lahir jenis mongolian spot biasanya berwarna hitam keabuan. Sebenarnya hampir mirip dengan noda kopi susu, hanya warnanya saja yang membedakan.

Mongolian spot bisa muncul dengan berbagai ukuran di mana saja. Tanda lahir ini bisa hilang dengan sendirinya saat dewasa, namun juga tetap bisa ada sampai tua.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa jenis tanda lahir yang perlu kamu ketahui. Si kecil punya yang mana nih Bunda?