Jenis Kelamin Anak Nggak Sesuai Keinginan, Lakukan Ini untuk Obati Kekecewaan

23 July 2019, at 12:00
0
0
Jenis Kelamin Anak Nggak Sesuai Keinginan, Lakukan Ini untuk Obati Kekecewaan

Pertanyaan tentang jenis kelamin anak seringkali menjadi topik utama ketika seseorang sedang hamil tua. Nggak hanya hasil prediksi dari dokter, namun juga apa yang sebenernya diinginkan oleh calon orang tua tersebut.

Kebanyakan orang akan menjawab secara diplomatis dengan mengatakan bahwa perempuan atau laki-laki bukanlah masalah karena yang terpenting adalah kesehatan bayinya.

Meskipun demikian, di dalam lubuk hati calon orang tua pasti terdapat keinginan perihal jenis kelamin anak mereka.

Baca Juga: 4 Cara Menghindari Baby Blues Syndrome, Agar Ibu Nggak Depresi

Kekecewaan biasanya akan hadir apabila mengetahui bahwa jenis kelamin anak nggak sesuai dengan keinginan. Untuk mengatasi hal tersebut, hal-hal berikut ini yang harus dipahami dan dilakukan.

1. Penyebab Kekecewaan

penyebab kekecewaan
topdoctors.mx

Sebagai calon orang tua, wajar memiliki keinginan tersendiri untuk jenis kelamin anak. Meskipun demikian, nggak semua hal bisa diprediksi, kan?

Penyebab keinginan tersebut pun bermacam-macam, misalnya seorang ibu hamil menginginkan anak laki-laki karena merasa tumbuh kembangnya akan lebih mudah dan menyenangkan. Hal tersebut didasari oleh pengalamannya sebagai perempuan dan apa yang ia rasakan.

Apabila kenyataan nggak sesuai dengan keinginan, maka akan muncul kekecewaan. Hal ini biasanya didasari oleh ekspektasi yang tinggi, meskipun demikian kamu nggak seharusnya melampiaskan hal tersebut pada buah hati.

2. Akui Kekecewaan

aku kekecewaan
mccrindle.com.au

Salah satu hal yang harus kamu lakukan untuk mengatasi kekecewaan adalah dengan mengakuinya. Kebanyakan orang berusaha untuk menutupi hal tersebut dan pada akhirnya merasa bersalah.

Hal ini bisa jadi karena munculnya kekhawatiran tentang asumsi orang lain terhadap kamu yang menginginkan bayi dengan jenis kelamin berbeda. Kamu takut orang-orang akan berpikir bahwa sebagai orang tua kamu nggak mencintai si kecil.

Cobalah untuk menyingkirkan perasaan takut tersebut dan mulailah mengakui kekecewaanmu agar nggak semakin membesar di kemudian hari.

Baca Juga: Ingin Bayi Perempuan? Tingkatkan Peluang dengan Konsumsi Makanan Ini!

3. Perbaiki Sudut Pandang

perbaiki sudut pandang
istockphoto.com

Setelah berdamai dengan diri sendiri dan mengakui kekecewaan, hal lain yang perlu kamu perbaiki adalah sudut pandang terhadap jenis kelamin anak.

Daripada sibuk memikirkan sisi negatif tentang keinginanmu yang nggak terwujud, lebih baik kamu memfokuskan diri pada hal-hal yang lebih positif.

menerima anak
gettyimages.com

Membayangkan situasi yang menguntungkan tentang jenis kelamin buah hati dan menikmati momen dengannya akan membuat lebih mudah menerima dan mengubah rasa kecewamu.

Nah, itu dia Sobat Qupas yang perlu kamu lakukan saat mengalami kekecewaan terhadap jenis kelamin buah hati yang nggak sesuai keinginan. Meskipun demikian, kamu tahu bahwa kecewa adalah hal yang wajar.

0 Comment