Jerawat Pasir Sering Muncul? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Tepat untuk Menghilangkannya

13 January 2019, at 02:00
0
0
Jerawat Pasir Sering Muncul? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Tepat untuk Menghilangkannya

Pada dasarnya, jerawat bisa dibagi dalam beberapa tipe. Dan salah satunya adalah jerawat pasir.

Sebutan ini diberikan pada jerawat yang umumnya muncul secara bersamaan dalam jumlah banyak dengan ukuran kecil seperti pasir. Bentuknya hampir sama seperti beruntusan, namun berisi nanah atau lemak.

Bila sedang meradang, jerawat pasir akan terasa sakit dan sangat mengganggu. Apakah kamu pernah menjumpainya?

Nah, kalau kamu pernah diserbu jerawat pasir, Qupas akan beberkan penyebab dan tips untuk menghilangkannya. Yuk simak berikut ini!

A. Penyebab Jerawat Pasir

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan jerawat pasir, ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Faktornya bisa berasal dari dalam maupun luar tubuh.

Tapi umunya jerawat pasir disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Kurang Memperhatikan Kebersihan Wajah

tidur dengan makeup
glamtainment.com

Melewatkan mencuci muka atau menghapus makeup sebelum tidur bisa membuat jerawat pasir datang menyerbu. Sebab, hal ini akan menimbulkan penumpukan kotoran di pori-pori yang kemudian meradang membentuk jerawat.

Selain itu, kebiasaan sepele seperti membiarkan poni dalam keadaan kotor dan penggunaan helm yang jarang dibersihkan juga bisa mengundang kedatangan jerawat pasir.

2. Kesalahan pada Skincare dan Makeup

memakai makeup
stylecraze.com

Skincare dan makeup memang diciptakan untuk mempercantik penampilan. Namun sayang, tak semua kandungannya cocok untuk kulit kita.

Nah itulah mengapa, salah memilih produk kosmetik bisa berpotensi menimbulkan jerawat pasir.

3. Hormon

jerawat pasir karena hormon
windsordermatology.com

Tak hanya faktor dari luar, jerawat pasir bisa muncul akibat aktivitas hormon. Salah satunya adalah hormon testosteron yang biasanya meningkat saat menstruasi atau hamil.

Meningkatnya hormon testosteron umumnya akan memicu kelenjar minyak untuk lebih aktif dalam memproduksi sebum. Dan banyaknya minyak di wajah juga jadi pemicu munculnya jerawat.

4. Makanan

makan makanan berminyak
zliving.com

Datangnya jerawat pasir akibat pengaruh makanan memang tak selalu dialami semua orang. Jadi jangan bingung kalau makanan tertentu bisa membuatmu jerawatan sedangkan tidak untuk orang lain.

Makanan yang bisa meningkatkan gula darah biasanya jadi penyebab munculnya jerawat. Begitu pula dengan makanan berminyak, olahan susu, dan kacang-kacangan.

Baca juga: Gadget dan Tujuh Kebiasaan Lainnya yang Bikin Jerawatmu Makin Parah, Kok Bisa?

B. Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

Jerawat pasir bisa muncul di seluruh bagian wajah. Namun area dahi, pipi, dan dagu biasanya jadi tempat favoritnya.

Selain mengganggu kenyamanan karena terasa sakit, jerawat pasir pastinya juga mengganggu penampilan. Untuk itu, yuk cari tahu bagaimana cara menghilangkannya berikut ini.

1. Masker Alami

masker alami wajah
201wellness.com

Cara menghilangkan jerawat pasir yang pertama bisa dengan menggunakan masker wajah alami. Tomat, pepaya, lemon, dan lidah buaya adalah beberapa bahan yang dipercaya ampuh untuk mengusir jerawat.

Meski bahan-bahan tersebut tergolong alami dan tak tersentuh bahan kimia, tapi kamu tetap harus hati-hati ketika menggunakannya. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan tipe kulitmu.

2. Obat Jerawat

mengobati jerawat
foreignpolicyi.org

Jerawat pasir bisa diatasi dengan obat yang diminum dengan kandungan doxycycline, minocycline, tetracycline. Ataupun dalam bentuk salep yang di dalamnya terdapat asam salisilat, benzoil peroksida, dan retinoid.

Nah, sebelum memutuskan untuk mengobati jerawat, sebaiknya konsultasi dulu ke dokter kulit supaya lebih aman.

3. Menjaga Kebersihan

membersihkan muka
beautyhealthtips.in

Seperti yang dibahas sebelumnya, kebersihan wajah sangat mempengaruhi keberadaan jerawat. Untuk itu, jangan pernah melewatkan untuk melakukan ritual mencuci muka secara rutin.

Gunakan pembersih wajah dengan kandungan yang ringan dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Bila jerawat pasir dalam keadaan cukup parah, baiknya juga hindari penggunaan makeup agar proses penyembuhan bisa berjalan dengan maksimal.

4. Menghindari Makanan Tertentu

menghindari makanan manis
liveuttarpradesh.com

Bila jerawat pasir yang menyerang disebabkan oleh makanan, maka kamu harus sebisa mungkin menghindarinya. Karena berbagai perawatan akan terbuang percuma kalau makanan pemicunya tetap dikonsumsi.

Itulah rangkuman singkat tentang serba-serbi jerawat pasir beserta penyebab dan cara mengilangkannya. Bila upaya penyembuhan sudah kamu lakukan namun masalah ini tak kunjung selesai, segera konsultasikan ke dokter kulit untuk mendapat penganan yang lebih tepat.

0 Comment